Daftar Lomba Blog Juni 2020

Daftar Lomba Blog Juni 2020

Daftar lomba blog hadir lagi di bulan Juni 2020. Temans bisa menemukan berbagai info, siapa tahu terinspirasi untuk ikut salah satu lomba blog.

***

Halo temans apa kabarnya, lama tak berbagi kabar tentang info lomba blog benar-benar membuat saya merasa ada yang kurang. Apalagi kalau mendapat DM dari beberapa teman yang nanya  kabar  dan kapan ada info lomba blog lagi…

Oke… Mari kita kembali ngelomba (semoga…hiihiii..) Mumpung sekarang lebih banyak waktu di rumah siapa tahu kesempatan untuk membuat postingan lomba menjadi lebih besar…. Syukur syukur bisa kebagian hadiahnya. Ya kalau ga menang semua, menang satu udah mayan banget…. Saya harap dengan postingan ini teman-temanjuga jadi semangat ngelomba lagi..

Jadi ada lomba apa aja ya Juni ini? Kalau dilihat-lihat, Juni ini materi lombanya lumayan variatif. Ada yang tentang lingkungan, kesehatan, keuangan, otomotif, dan gaya  hidup. Jadi temans bisa memilih lomba apa aja yang sesuai dengan minat dan hobi masing-masing.

Oiya sedikit tips dari saya, bila teman ingin memenangkan sebuah lomba blog bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

Tips Menang Lomba Blog ala DuniaBiza

  1. Pilih tema yang dikuasai dan disuka

Ini penting banget karena biasanya bila menulis mengenai suatu hal yang kita mengerti dan kuasai, maka feelnya akan lebih ngena. Selain itu, menulis sesuai passion akan membuat kita menjadi lebih lega. Menang ga menang itu urusan lain, setidaknya sudah bisa update blog sesuai hati dan niche.

Baca juga :

 Tips “Mencuri Hati’ Lomba Blog ala DuniaBiza

 

  1. Pahami goals yang ingin dicapai penyelenggara.

Nah, soal goals ini lebih merujuk pada mencoba menggali apa sih sebenarnya yang dimau oleh penyelenggara di balik pelaksanaan lomba itu. Misalnya nih,  brand e-commerce mengadakan lomba untuk meningkatkan engagement situs mereka, maka tulisan yang diharapkan mereka tentu saja yang banyak mengulas sisi positif dan kemudahan berbelanja di e-commerce tersebut.

Contoh lain, lomba tentang lembaga keuangan dengan tema cerdas mengelola keuangan, maka penyelenggara menginginkan tulisan yang bisa mencerahkan, memberi pemahaman kepada publik pentingnya untuk melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Nah kalau brand lembaga keuangan itu punya produk yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan, tentulah penyelenggara ingin tulisan yang sedikit memberi informasi mengenai produknya.

  1. Pahami syarat dan ketentuan

Nah, beberapa lomba biasanya memberi notifikasi tambahan terkait pemilihan pemenang. Misalnya, ada lomba yang menyatakan bahwa akan ada nilai plus untuk tulisan dengan infografis atau tampilan bagus, atau untuk tulisan dengan komentar dan view terbanyak.

Selain itu jangan lupa juga untuk memperhatikan syarat dan ketentuan untuk mengikuti lomba tertentu. Jangan sampai ada syarat yang tertinggal ya temans. Sebab kalau ada syarat yang tertinggal alamat nanti pada saat penilaian akan ada pengurangan nilai.

4. Biarkan tulisan temans menemukan takdirnya

Hihi… Yup. Bila kita sudah menulis sebuah artikel untuk lomba, selanjutnya biarkan artikel tersebut menemukan takdirnya. Bila menang alhamdulillah, bila tidak ya sudah. Semangat ini penting banget temans jaga supaya tidak mudah down dan ogah ikut lomba selanjutnya. 

Setidaknya, inilah prinsip yang dulu biasa saya pakai waktu masih rajin ikut lomba. Jadi kalau kalah ya terima saja dan hindari misuh-misuh soal pemenang lomba. ibarat kata orang, ini untuk menjaga positif vibes agar tetap nyala.. 🙂

Daftar Lomba Blog

 

Oke, itu dia  ya temans beberapa tips dari saya semoga bisa menjadi panduan buat teman-teman. Nah, sekarang mari kita lihat yuks teman ada lomba blog apa aja bulan Juni ini?

 

Daftar Lomba Blog Juni 2020

  1. Lomba Blog Juni 2020 MasterwebDeadline: 5 Juni 2020

Lomba blog ini diselenggarakan oleh Masterweb Indonesia. Tema yang diangkat adalah tentang sukses berbisnis Indonesia. Nah tema ini sesuai banget dengan keadaan sekarang ya saat banyak orang mulai memikirkan usaha yang bisa dijalankan dari rumah saja.

Apa sih hadiah untuk lomba blog ini? Hmm, mayan banget menurut saya hadiahnya buat teman yang lagi mengincar gadget baru. Ada Samsung Galaxy A30S dan Paket WordPress Hosting One termasuk domain.com untuk pemenang pertama.

Buat yang juara dua masih bisa dapat gadget Realme C2 + Paket WordPress Hosting One termasuk domain.com. Sedangkan juara ketiga akan mendapat SmartWatch Samsung Galaxy Fit E + Paket WordPress Hosting One termasuk domain .com dan merchandise.

Untuk info lebih lanjut mengenai lomba blog ini manteman silakan lihat di sini ya.

 

  1. Lomba Blog Juni 2020 Qwords

Deadline: 15 Juni 2020

Selama masa  pandemi ini apakah temans menjadi lebih sering browsing dan akses internet? Bila ya, maka  mungkin lomba blog satu ini cocok untuk temans ikuti. Temanya memaksimalkan Teknologi Informasi Di Tengah Pandemi yang diselenggarakan oleh Qwords. Qwords merupakan layanan penyedia jasa domain dan hosting yang cukup reputable di Indonesia.

Lomba ini menjadi semakin menarik karena hadiah yang ditawarkan cukup menjanjikan, terutama buat temans yang sedang berencana mau serius ngeblog dan migrasi dari free hosting menjadi blog dengan hosting profesional. Kenapa begitu? Karena selain menyediakan hadiah uang tunai, pemenang 1,2, 3 dan favorit akan mendapat paket hosting selama 1 tahun.

Bagaimana dengan hadiah uang tunai? Tenang, ada Rp 3 juta untuk juara pertama, Rp 2 juta juara kedua, Rp 1 juta juara ketiga dan uang tunai Rp 500 ribu untuk juara favorit.

Buat temans yang tertarik untuk ikutan lomba blog dari Qwords ini bisa melihat informasi lebih lengkap di link ini 

 

  1. Lomba Blog Juni 2020 Allianz

Deadline: 16 Juni 2020

Lomba blog yang satu ini menurut saya menarik. Tidak hanya menjanjikan hadiah untuk penulis/blogger, penyelenggara juga menyediakan hadiah untuk tokoh yang kita tulis dalam tulisan. Tidak tanggung-tanggung hadiah untuk tokoh yang ditulis adalah paket umrah.

Nah, karena tema lomba blog ini adalah Tokoh Inspiratif, maka kepiawaian temans dalam menulis profil akan diuji di sini. Allianz sebagai penyelenggara meminta temans berbagi kisah mengenai seorang tokoh yang ada di lingkungan sekitar yang bisa mewakili kisah #AwalidenganKebaikan yang menjadi program Allianz.

Oiya, satu hal yang perlu menjadi catatan berdasarkan penjelasan penyelenggara bahwa sosok insipiratif yang berhak mendapatkan hadiah umrah adalah mereka yang bisa menunjukkan surat keterangan tidak mampu. Nah menurut saya, itu artinya tulisan yang temans tulis harus mengangkat tokoh yang berasal dari kelompok tidak mampu ini.

Hadiah yang disediakan cukup banyak lho. Ada Rp 6 juta untuk juara pertama, Rp4,5 juta untuk juara kedua, Rp 3 juta untuk juara ketiga dan 4 pemenang favorit mendapat Rp500 ribu. Selain itu juga ada hadiah mingguan untuk 5 blogger dengan tulisan terbaik setiap minggunya. Lalu, buat juara 1 akan massuk daftar 50 pencerita terbaik yang akan berkesempatan untuk mengikuti voting penentuan hadiah umrah bagi sosok inspiratif yang diceritakan.

Untuk informasi lebih lanjut temans bisa lihat di sini ya.

 

  1. Lomba Blog Juni 2020 Lets Read

Deadline: 17 Juni 2020

Buat temans yang punya pengalaman dalam menanamkan minat baca pada anak bisa banget untuk ikut lomba blog yang satu ini. Temanya adalah tentang bagaimana menumbuhkan minat baca pada anak.

Panjang artikel minimal 500 kata disertai dengan media pendukung (foto, video, grafis, dan lainnya). Bila media pendukung bukan milik pribadi, pastikan tidak melanggar copyright. Nah yang perlu diperhatikan bahwa judul artikel wajib menggunakan kata Let’s Read dan tulisan wajib menjelaskan tentang: cara kamu menumbuhkan minat baca pada anak.

Oiya karena lomba blog ini diselenggarakan atas kolaborasi Blogger Perempuan Network dan lets read manteman jangan lupa registrasi dulu ya. Ada hadiah Rp 3 juta untuk juara pertam, Rp 2 juta untuk juara 2, dan Rp 1 juta untuk juara ketiga. Juga ada 5 hadiah voucher untuk 5 pemenang.

Buat temans yang penasaran mau  ikutan atau kebetulan punya banyak pengalaman dan cerita mengenai cara menumbuhkan minat baca pada anak ini bisa ikut lomba yang satu ini. 🙂 Info lengkap silakan klik di sini ya.

 

  1. Lomba Blog SEO Juni 2020 UNTAN

Deadline: 20 Juni 2020

Yup, lomba ini lebih menitikberatkan pada kemampuan temans blogger dalam melakukan optimasi mesin pencari (SEO). Lomba diselenggarakan oleh Universitas Tanjungpura dengan tema UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University. Kalau dilihat riwayatnya nih, boleh dibilang UNTAN ini dalam beberapa tahun terakhir rutin mengadakan lomba blog serupa.

Berhubung penentuan pemenang didasarkan pada mesin pencari maka  teknik dalam mengelola konten sangat dibutuhkan di sini. Menurut saya, lomba blog sejenis ini bisa menantang temans untuk bisa meningkatkan performa blog di mesin pencari.

Hadiah yang disediakan penyelenggara cukup besar lho. Ada Rp 3,5 juta untuk juara pertama, Rp 2.5 juta untuk juara kedua, Rp 1 juta untuk juara ketiga dan Rp500 ribu untuk 6 pemenang favorit. Untuk mendapatkan hadiah ini temans harus memenangkan hati mesin pencari untuk keyword UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Buat temans yang mau ikutan dan mau menjajal kemampuan SEO bisa lihat info lengkap di link berikut ya

 

  1. Lomba Blog Juni 2020 Rumahweb

Deadline: 20 Juni 2020

Masih penasaran untuk ikut lomba dengan tema seputar isu keseharian dan hal yang udah biasa dijalani di dunia digital? Temans bisa mengikuti lomba blog yang satu ini.

Diselenggarakan oleh perusahaan penyedia  jasa domain dan hosting populer di Indonesia, Rumah Web, temans bisa ikut menulis dengan tema Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? Nah sesuai tema ini, temans bisa eksplore dan bercerita banyak hal mengenai peluang dan tantangan mengelola website dan marketplace di tengah pandemi ini.

Bila temans berkesempatan menanng untuk lomba blog ini maka temans bisa membawa hadiah Rp 3 juta untuk juara pertama, Rp 2 juta juara kedua, dan Rp 1 juta juara ketiga. Selain itu juga ada Rp500 ribu untuk 3 pemenang favorit. 🙂 

Bagaimana bila tidak berhasil jadi juara? Nah inilah yang menarik dari lomba blog ini. Setiap peserta yang berpartisipasi akan mendapat reward dari rumah web. Setiap peserta bisa memesan domain secara Cuma-Cuma di rumahweb untuk gratis 1 tahun pertama.

Ketentuannya? Bila Artikel yang didaftarkan memiliki DA/PA di atas 15, peserta boleh memilih domain .COM atau .MY.ID Gratis selama 1 tahun. Sedangkan bila artikel yang didaftarkan memiliki DA/PA di atas 5, peserta bisa mendapatkan domain .MY.ID Gratis selama 1 tahun.

Untuk info lebih lanjut temans bisa lihat infonya di sini 

 

  1. Lomba Blog Juni 2020 Perubahan Iklim KBR

Deadline : 28 Juni 2020

Buat temans yang tertarik dengan isu lingkungan, dan suka mengemukakan gagasan mengei pola hidup yang baik dan ramah lingkungan maka lomba blog yang diselenggarakan kantor berita radia KBR Indonesia patut dijajal. Selain temanya yang menarik hadiahnya juga meggiurkan karena diberikan untuk setiap minggu selama periode lomba.

Untuk bisa mengikuti lomba ini temans bisa berbagi informasi seputar apa makna perubahan iklim bagi kita dan apa dampaknya. Misalnya cerita mengenai bagaimana musim kemarau menjadi kian panjang, angin puting beliung berpotensi makin kuat dan makin sering muncul, es kutub mencair, permukaan air laut berpotensi meninggi 30 cm sampai 1 meter pada tahun 2100, dll.

Temans dari berbagai daerah tentu punya cerita yang beragam kan mengenai perubahan iklim ini. Buat temans yang rumahnya di pantai mungkin punya cerita soal kenaikan permukaan air laut. Hal ini berbeda dengan yang tinggal di kota, yang kerap merindu pada langit biru bebas polusi.

Nah, untuk ikutan silakan pantengin talkshow mingguan di KBR karena ada tema berbeda untuk setiap pekannya. Total hadiah yang disediakan adalah Rp15 juta. Lomba ini diselenggarakan selama 5 periode yang sudah dimulai sejak Mei  2020 lalu.

Buat temans yang sudah gregetan mau ikutan silakan lihat info lengkapnya di sini ya 

 

  1. Lomba Blog Juni 2020 Kompasiana-Bank Indonesia

Deadline: 30 Juni 2020

Lomba blog ini diselenggarakan oleh Kompasiana bekerjasama dengan Bank Indonesia. Untuk bisa ikutan maka temans terlebih dahulu harus memiliki akun kompasiana karena tulisan yang akan diikutsertakan harus diunggah di sana.

Tema yang diangkat untuk lomba ini adalah Berperilaku Cerdas di Tengah Ketidakpastian. Lomba ini nantinya akan berlangsung dalam dua periode. Tapi jangan khawatir karena setiap periode akan ditentukan pemenangnya. Kelebihannya pemenang setiap periode akan diadu untuk mendapatkan hadiah utama.

Untuk bisa ikutan temans harus mengunggah tulisan dengan maksimal 1.500 kata di akun kompasiana masing-masing dengan mengikutsertakan label Makroprudensial Aman Terjaga, Cerdas Berperilaku, dan Stabilitas Sistem Keuangan (harus dengan spasi) dalam setiap tulisan.

Nah untuk hadiah ini yang menarik karena akan ada Rp 12 juta untuk juara pertama, Rp 10 juta untuk juara kedua, dan Rp 5 juta untuk juara ketiga. Selain itu, 9 tulisan terbaik lainnya akan mendapat hadiah hiburan masing-masing Rp 1 juta.

Buat temans yang tak sabaran lagi ingin ikutan bisa melihat informasi resminya di sini ya.

 

  1. Lomba Blog SEO Juni 2020 Seva di Sosiago

Deadline: 30 Juni 2020

Adalagi nih temans, lomba SEO yang diselenggarakan oleh Sosiago. Yup Sosiago adalah platform marketplace yang mempertemukan brand dan para  blogger. Selain menyediakan job untuk blogger, situs ini juga rajin mengadakan lomba blog bekerjasama dengan brand.

Kali ini sosiago bekerjasama dengan Seva.id yaitu marketplace penjualan mobil bekas dan baru dengan harga murah yang masih menjadi keluarga besar Astra Group. Untuk bisa ikutan lomba ini temans silakan melakukukan optimasi konten untuk membidik keyword Seva Mobil Bekas.

Karena ini lomba SEO, maka  pemenang akan ditentukan berdasarkan hasil tracking google. Hadiah yang disediakan lumayan banget lho, ada Rp 8,5 juta untuk juara 1, Rp 6,5 juta untuk juara 2, Rp 4,5 juta untuk juara ketiga, Rp 3 juta juara 4 dan Rp 1,5 juta juara 5. Juara 6-10 juga akan mendapat hadiah. Selain juara berdasarkan google rank juga akan ada juara favorit dengan hadiah Rp 2 juta, Rp 1 juta dan Rp 500 ribu.

Untuk temans yang penasaran ingin menjajal kemampuan SEO bisa melihat info lengkapnya di sini ya.

 

Info Lomba blog

 

Oke, itu dia ya temans info daftar lomba blog yang bisa diikuti untuk Deadline Juni 2020 ini. Semangat dan semoga berhasil ya. Jangan lupa tampilkan orisinalitas dari setiap karya yang temans unggah.

Sebagai tambahan tips buat temans, selama ini saya biasanya menerapkan model tulisan feature untuk ikut lomba blog. Bukan apa-apa sih, ini lebih karena saya sama sekali tidak jago desain untuk membuat ilustrasi dan motion yang kece-kece seperti yang bisa temans temukan dari rekan blogger lain. Sebenarnya bisa aja sih belajar, tapi ya gitu, dengan kerempongan mengurus tiga krucils tanpa ART menjadi sulit bagi saya mengatur waktu untuk eksplorasi dalam belajar dan mengolah desain.

Buat temans yang ingin mencoba menulis ala feature seperti yang bisa saya pakai,  bisa intip lewat beberapa tulisan berikut ya.

Baca juga:

Mengadopsi Gaya Penulisan Feature untuk Blog

Mengadopsi Gaya Penulisan Blog Seri 2 

 

Selamat berlomba…

Semoga tulisan yang temans buat menemukan takdir terbaiknya.

🙂

Summary
Daftar Lomba Blog Juni 2020
Article Name
Daftar Lomba Blog Juni 2020
Description
Daftar lomba blog Juni 2020 berisi berbagai informasi mengenai lomba blog baik artikel review maupun SEO sepanjang Juni 2020. Selain itu temans juga akan mendapat beberapa tips untuk memenangkan lomba blog ala duniabiza. :-)
Author
Publisher Name
Dunia Biza Network
Publisher Logo
5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.