Menikmati Liburan Akhir Pekan di Kampung Betawi Setu Babakan

 

Liburan akhir pekan main ke mana? Yakin mau di rumah saja?

***

Temans, April dan Mei ini rasanya seperti surga ya. Surganya untuk leyeh-leyeh dan bersenang-senang. Bukan apa-apa sih. Itu karena selama dua bulan ini ada banyak tanggal merah. Bagi anak-anak, tanggal merah berarti harinya bermain. Harinya Daddy dan Ami ada bersama mereka. Yeyyy!

Ngomongin liburan, biasanya yang terbayang adalah suasana adem dan menenangkan. Jauh dari hiruk pikuk kemacetan dan lalu lalang orang yang terburu-buru mengejar tenggat. Waktunya menikmati keindahan alam, entah itu pantai, gunung, pedesaan, sungai, kebun, atau apapun yang bernuansa alami.

Yah, berarti liburan asyik itu harus ke luar kota dong! Eitss tunggu dulu. Siapa bilang harus pergi jauh untuk bisa menikmati nuansa alami. Di Jakarta ada. Di Jakarta bisa! Jawabannya bisa temans temukan di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Saya pernah ke sini sekali, beberapa tahun lalu. Namun, kata sahabat yang habis main ke sana awal tahun lalu, suasana Setu Babakan sudah jauh berbeda. Sudah bisa menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Sejak pemerintah DKI Jakarta menetapkan Setu Babakan sebagai Cagar Budaya Betawi berbagai perubahan telah dilakukan dan menghadirkan wajah baru sebagai Kampung Betawi nan Asri.

Salah satu rumah asli betawi yang ada di kampung Setu Babakan. Foto; www.jakarta.go.id

 

Saya jadi penasaran ingin datang ke sana lagi. Karena itu, saya dan suami berencana mengajak anak-anak menghabiskan libur weekend pertengahan Mei nanti untuk berkunjung ke Setu Babakan. Kebetulan putri kami, Zizi, bakal berulang tahun ke 2 pada 13 Mei nanti. Berkeliling Setu dengan anak-anak pasti akan lebih asyik lagi. Duh, saya jadi tak sabar menunggu momen itu tiba.

Bagaimana dengan temans. Wohooo… penasaran juga kan kenapa saya ingin menghabiskan waktu di Setu Babakan?

Oke! Yuk kita kulik lebih jauh mengenai objek wisata budaya Setu Babakan ini. Siappp! One to three, lets go…!

Perkampungan Setu Babakan berlokasi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Propinsi DKI Jakarta. Destinasi satu ini sebenarnya adalah kampung masyarakat Betawi yang sudah ditata ulang oleh pemerintah DKI Jakarta. Kini, Setu Babakan menjadi perkampungan asri dan kental suasana Betawi yang merupakan budaya asli Jakarta.

Menurut informasi resmi dari Pemerintah DKI Jakarta, lokasi wisata dan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan berdiri di atas lahan seluas 32 hektare. Selain perkampungan, sesuai namanya, di sini juga ada danau buatan yang disebut Setu. Air Setu Babakan berasal dari Sungai Ciliwung.

 

Lokasi Setu Babakan dilihat dari Google Maps

 

Duh, membayangkan kampung di tengah belantara menara dan gedung pencakar langit pasti seru ya temans. Jadi jangan dikira Jakarta itu cuma ada gedung saja. Cuma ada wisata belanja dan monas saja. Ternyata juga ada wisata alami di perkampungan juga.

 

Bagaimana ya caranya menuju Setu Babakan?

Untuk sampai ke sini tidaklah sulit. Lokasinya mudah diakses. Bila temans ingin datang menggunakan kendaraan umum, terdapat Kopaja bernomor 616 jurusan Blok M-Cilandak. Biar lebih dekat, temans bisa naik Kopaja ini di Pasar Minggu. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 30 menit. Atau temans juga bisa naik angkot jurusan D128 jurusan Depok – M.Kahfi II – Warung Silah kemudian turun di depan gerbang Setu Babakan.

Bila mau lebih gampang, temans bisa memesan kendaraan online baik ojek maupun mobil dan langsung deh memilih lokasi pengantaran ke Setu Babakan. Nantinya temans bisa minta  diturunkan di pintu utama, pintu Si Pitung yang terletak di Jalan RM. Kahfi II. Sampai deh.

Kalau mau berangkat pakai kendaraan pribadi, tinggal cari di google maps saja. Temans pasti akan dipandu si mbah untuk sampai ke sini. 🙂

 

Apa yang bisa dilakukan di Setu Babakan?

Jalan-jalan dan bersenang-senang. Yess. Itulah yang bisa temans lakukan di sana. Di Setu Babakan, temans bakal disuguhi berbagai pilihan hiburan dan wisata. Mau wisata alam, wisata budaya, dan kulineran semua ada.

  1. Wisata Alam

Gerbang utama menuju Setu Babakan. Foto : www.Jakarta.go.id

Suasana di Setu Babakan masih asri dan alami. Sejak ditetapkan menjadi cagar budaya, Setu Babakan menjelma menjadi kawasan pedesaan yang lingkungan alam dan  budayanya terjaga secara baik. Jadi jangan kaget, bila di sini nanti temans bakal bertemu banyak pohon rindang.

Selain itu temans juga bisa menikmati suasana santai sambil memandang ke arah danau sembari melihat aktivitas penduduk di sana. Selain ada wisata air, warga di sekitar Setu Babakan menggunakan Setu untuk memancing. Bila beruntung, temans bisa menyaksikan orang menjala ikan di sini.

 

  1. Wisata Air

Sepeda air, alternatif wisata air di Setu babakan, Foto: Jakarta.go.id

Ada beberapa alternatif wisata air yang bisa dilakukan di sini. Salah satunya adalah sepeda air. Di sana, temans bisa menemukan lokasi penyewaan sepeda air berupa angsa. Dengan sepeda air, kita bisa mengelilingi danau dan melihat pemandangan kampung dari air.

Selain sepeda air, juga ada penyewaan perahu naga. Berperahu mengitari sungai akan menjadi alternatif liburan yang mengasyikkan terutama bagi temans yang datang dengan anak.

Bagi yang hobi memancing, di sini juga bisa lho. Memancing di Setu Babakan free alias gratis. Bahkan, pengunjung juga bisa membawa ikan yang didapat pulang ke rumah masing-masing.

 

  1. Wisata Budaya

Ondel-ondel, maskot budaya betawi

Di Setu Babakan sering diadakan seni pertunjukan. Apalagi di sini memang ada beberapa panggung yang disiapkan untuk pagelaran. Bila beruntung, ada beberapa kesenian khas Betawi yang bisa temans saksikan di sini antara lain tari cokek, tari topeng, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Narojeng.

Selain itu juga ada kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, pertunjukan seni silat dan palang pintu serta ondel-ondel. Oya, khusus untuk seni pertunjukan ini biasanya hanya diadakan ketika weekend atau hari libur nasional.

Tak hanya pagelaran seni. Bila ingin menikmati budaya betawi lebih jauh, temans bisa berkeliling kampung untuk melihat rumah-rumah khas Betawi. Di Setu Babakan terdapat tiga macam rumah khas Betawi yaitu rumah Betawi gudang atau kandang, rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan rumah Joglo yang hampir serupa dengan rumah khas Yogyakarta.

Bila waktunya tepat, saat berkeliling kampung, pengunjung juga bisa menyaksikan beberapa prosesi adat Betawi yang masih dijalankan oleh mayoritas penduduk yang tinggal di perkampungan ini. Di antaranya prosesi pengantenan, sunat, pindah rumah, khatam Qur’an, dan nujuh bulan.

  1. Wisata Agro

Rumah Betawi yang asri. foto : www.jakarta.go.id

Wisata Agro bisa temans nikmati bila berkeliling kampung, Di Setu Babakan pengunjung bisa melihat perkebunan, dan lahan pertanian milik warga. Pengunjung juga bisa melihat tanaman khas Betawi di pelataran rumah penduduk. Beberapa jenis buah yang ada di sini adalah belimbing, rambutan, kemuning, buni, jambu, dukuh, menteng, gandaria, mengkudu, nam-nam, kecapi, durian. Buah-buahan ini bisa dipetik dan dibawa pulang lho. Tentu saja setelah temans meminta dan membelinya pada si empunya ya… 🙂

Biar wisata agronya makin seru, sekarang ada jembatan gantung yang bisa temans jalani. Jembatan gantung ini menghubungkan perkampungan dengan pulau buatan yang ada di tengah Setu. Jadi bisa lebih enak menikmati pemandangan. Sekaligus uji adrenalin juga.

 

  1. Wisata Kuliner

aneka jajanan tradisional yang tersedia di Setu babakan. Foto : jakarta.go.id

Puas berkeliling, ini waktunya makan-makan. Di Setu Babakan banyak warung yang menjual berbagai menu khas Betawi. Biar lebih seru, bila berkunjung saat weekend dan libur nasional, temans bakal menemukan banyak jajanan khas Betawi yang dijual dengan gerobak di sepanjang jalan. Ada kerak telor, ketupat nyiksa, ketupat sayur, arum manis, soto betawi, roti buaya, bir pletok, kue apem, toge goring, dodol, dan tape uli.

Selain jajanan khas Betawi pengunjung tetap bisa menikmati menu makanan nusantara juga seperti soto mie, sate, mie ayam dan nasi uduk. Jadi ya tinggal pilih sesuai selera. Nyamm…

***

Untuk menikmati beragam wisata ada di Setu Babakan, pengunjung memang harus berkeliling kampung. Tapi jangan khawatir. Bila lelah berjalan kaki, di sepanjang jalan ada banyak kursi yang bisa digunakan untuk bersantai. Bila tak mau capek, ada sepeda dan delman yang bisa disewa untuk berkeliling.

Sedangkan untuk keperluan ibadah, di sini sudah disediakan rumah ibadah yang bersih. Kebersihan di areal kampung juga relatif terjaga. Pengunjung bisa menemukan tong sampah yang tersebar di banyak titik.

Lebih serunya lagi, tidak ada tiket atau karcis yang dipungut untuk bisa berwisata di Setu Babakan. Pengunjung hanya akan dikenai tiket parkir bila datang dengan kendaraan pribadi.

 

Danau Setu Babakan, tempat liburan asyik di akhir pekan. Foto; Tribunews.com

 

Bagaimana, asyik kan. Ternyata ada banyak alternatif wisata yang bisa ditemukan di Setu Babakan. Jadi bila ingin mendapat liburan alternatif dan bernuansa alam, pilihannya tak mesti ke luar kota.  Cukup datang ke Setu Babakan.

Biar bisa menikmati wisata Setu Babakan hingga puas, kami sekeluarga rencana akan ada di sana sejak pagi hingga sore. Kira-kira dari jam sepuluh hingga jam tutup, yaitu pukul 18.00 WIB. Hihi, sekali-kali ngelayap sampai sore tak masalah kan. Apalagi rencananya kami akan staycation dulu. Sekaligus merayakan ulang tahun putri kami Zizi yang kedua.

 

RedDoorz memberi jaminan akomodasi dengan kenyamanan dan harga terbaik

 

Untuk urusan penginapan, kami mempercayakan pilihan pada RedDoorz. RedDoorz adalah situs penyedia akomodasi terbaik dengan harga terjangkau. Tidak hanya di Jakarta, RedDoorz juga tersedia di beberapa kota seperti Bali, Bandung, Surabaya, Bogor, dan Yogyakarta.

Ada banyak pilihan kamar yang tersedia di RedDoorz. Berhubung rencananya kami akan staycation selama 2 malam, saya pun memilih menginap di RedDoorz Apartment @Bassura Cipinang. Sengaja pilih di sini agar selama staycation kami juga bisa mengajak anak-anak bermain di mall. Di Bassura City ada PlayLand yang menarik dan disukai Bintang dan Zizi.

 

RedDoorz @Basura Cipinang akan menjadi tempat staycation seru

 

Memesan penginapan di RedDoorz rekomended karena kamar yang tersedia dijamin kebersihannya. Selain itu tamu juga bisa mendapat fasilitas tambahan yang disediakan oeh hotel, apartemen, atau rumah sewa yang ada.

Di RedDoorz, kita juga bisa mendapat berbagai macam kemudahan melalui program promo yang ada. Misalnya sekarang, ada promo Early Booking Offer. Promo ini memberikan diskon Flat 20 persen dengan kode promo “EB20”. Pesan kamar untuk periode menginap 4 hari berikutnya. Keren kan temans.

“Gunakan Kode Promo EB20 untuk mendapatkan diskon Flat 20 persen untuk periode menginap 4 hari berikutnya”

RedDoorz Promo

Ada lagi nih. Sistem pembayaran di RedDoorz juga kece karena bisa bayar di tempat. Jadi buat temans yang lagi buru-buru atau tidak punya deposit di atm dan kartu kredit, bisa langsung membayar ketika sampai di penginapan yang dipilih.

Buat temans yang mau menghabiskan weekend di Jakarta dan mau tahu lebih jauh tentang RedDoorz silakan lihat langsung ke situsnya ya. Atau bisa juga stalking melalui akun sosial media mereka.

Satu lagi, biar selalu dapat info terkini dan update promo, tak ada salahnya lho bila temans menginstall aplikasi RedDoorz yang tersedia di Playstore. Jadi lebih update deh.  Yess. 🙂

 

Tak sabaru menanti staycation di RedDoorz @Basura Cipinang

 

Bagaimana kisah perjalanan kami nantinya? Tunggu ya temans cerita tentang keseruan DuniaBiza liburan akhir pekan di Setu Babakan pada postingan selanjutnya. Dada…

Selamat berlibur

Happy Holiday ya 🙂

 

 

 

Please follow and like us:
5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *