Cara Mudah dan Murah Membuat Website Toko Online Sendiri

 

Sekarang tak ada yang tak bisa dilakukan. Selagi mau berusaha selalu ada jalan. Termasuk juga ‘menguangkan’ hobi. Caranya, produksi, kembangkan, kelola, lalu uangkan.

***

Hobi yang menghasilkan uang itu misalnya crafting, drawing, painting, dan memasak. Beberapa teman yang saya kenal banyak yang mulai menguangkan hobi mereka. Mereka mulai menjual hasil buatan tangan kepada para sahabat dan kenalan. Bisa melalui media sosial, ada juga yang dari mulut ke mulut.

Namun,kini tak sedikit yang punya toko online sendiri. Saya yakin temans yang mampir membaca artikel ini sebagian juga punya toko online sendiri. Jualannya di mana? Ada yang di instagram, facebook, path, dan akun media sosial lainnya.

Berjualan melalui media sosial memang punya banyak keuntungan. Kita bisa menjual produk pada rekan dan sahabat yang sudah dikenal. Selain itu testimoni positif dan pelanggan juga bisa menyebar dengan cepat dan bahkan viral. Hanya saja berjualan dengan menggunakan akun sosial media ini biasanya hanya bersifat sampingan.

 

 

Bagaimana bila ingin serius menekuni bisnis online dengan situs/web khusus jualan? Apakah bisa memiliki toko online kece seperti milik e-commerce?

Tentu saja bisa. Setiap orang punya kesempatan untuk memiliki toko online sendiri. Menurut saya, berbeda dengan berjualan melalui akun sosial media, berjualan melalui toko online sendiri bisa mendatangkan keuntungan berlipat karena jangkauan yang semakin luas.

Tampilan gambar produk pun bisa jauh lebih bagus dan banyak. Sebagai calon pembeli, saya biasanya suka memilih satu di antara barang. Tentu akan lebih mudah bila beberapa barang yang sama bisa ditampilkan dalam satu layar. Pelanggan juga punya banyak referensi tentang barang yang akan dibeli.

Secara garis besara berikut beberapa manfaat memiliki situs toko online sendiri

  1. Mendapat kesan lebih professional

Calon pembeli biasanya akan melihat track record toko online tempat mereka akan berbelanja. Kredibilitas professional ini penting untuk memastikan bahwa mereka bisa belanja di toko online yang tepat. Berjualan di toko online dengan situs sendiri memberi kesan bahwa si pedagang online serius dalam menjalankan usahanya karena dikelola dengan matang.

 

  1. Lebih terpercaya

Salah satu indicator untuk memastikan bahwa toko online yang dipilih terpercaya adalah memiliki alamat pengiriman yang jelas, dan juga tersedia informasi lengkap mengenai pedagang.  Situs jualan online mayoritas memiliki alamat dan informasi jelas mengenai pedagang online yang mengelolanya. Informasi ini tersedia dalam halaman utama situs atau dalam kategori tersendiri yang mudah dilihat oleh calon pembeli.

 

  1. Bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Berjualan melalui media sosial seperti instagram dan facebook memang bisa dilakukan. Namun biasanya pelanggan yang disasar hanya terbatas pada follower dan teman. Namun bila memiliki situs online sendiri, pelanggan yang disasar bisa menjadi lebih luas.

 

Misalnya, ketika saya menjual mukena melalui akun IG dan FB @DuniaBiza, maka mayoritas konsumen yang akan tahu tentang produk ini hanyalah follower dan teman di IG dan facebook. Berbeda bila saya memilih membuka dan menjual di  toko online sendiri dengan nama MukenaSaya.com. Selain kolega dan sahabat, calon pembeli juga bisa menemukan saya melalui situs pencarian seperti Google dan Majestik.

 

  1. Bisa menampilkan lebih banyak produk.

Seperti halnya e-commerce besar, toko online yang kita buat sendiri juga bisa menampilkan display barang akan dijual secara lebih banyak. Tampilan yang lebih banyak akan membuat pembeli lebih mudah menentukan barang yang akan dipesan. Selain itu, memiliki situs seperti punya e-commerce juga membuat penjual bisa menampilkan lebih banyak koleksi.

 

  1. Memberi motivasi untuk berkembang

Melihat situs jualan milik sendiri dengan tampilan mentereng tentu akan memberi motivasi pada diri sendiri untuk lebih berkembang. Misalnya mendorong diri untuk melakukan perbaikan dan peningkatan dari sisi marketing. Berbagai inovasi dan improvisasi akan sangat diperlukan untuk membuat toko online milik sendiri menjadi lebih berkembang. Ibaratnya ini akan menjadi ladang untuk mempraktikkan segala ilmu marketing.

 

Bagaimana caranya agar bisa memiliki website toko online sendiri?

 

Sekarang tak sulit untuk memiliki toko online sendiri. Ada banyak penyedia layanan domain dan hosting yang bisa teman pilih untuk melabuhkan toko online yang akan dikembangkan. Hanya saja khusus untuk toko online menurut saya kita harus memilih tempat yang tepat.

Penyedia jasa domain dan hosting biasanya hanya menyediakan jasa jualan situs apakah .com, .co.id, .net, .co, dan lainnya. Bisa juga dilengkapi dengan layanan hosting. Namun sayangnya, mereka tidak menyediakan layanan pembuatan template/theme.

Jadi bila ingin memiliki situs berjualan online yang kece dengan ruang display produk seperti milik para e-commerce, temans harus mencari jasa pembuatan template khusus jualan yang harganya lumayan.

Apakah ada solusi agar bisa membuat toko online sendiri yang mudah dan murah?

Nah ini dia. Ini dia solusi yang baru saja saya temukan beberapa waktu itu. Kebetulan saya sedang dimintai bantuan oleh kakak yang ingin mengembangkan jualan online yang selama ini sudah dia tekuni. Ia menjalankan jualan online melalui facebook, dengan toko Ririn Galery yang menyediakan aneka tas dan beberapa produk.

Semula saya berpikir akan membelikan domain dan hosting di tempat saya memesan untuk blog ini. Tapi ya seperti yang saja jelaskan sebelumnya, konsekuensi membeli domain dan hosting di penyedia kebanyakan adalah tidak ada jasa penyediaan template. Sampai akhirnya menemukan situs yang menyediakan jasa pembuatan website toko online  instan, yaitu Jarvis-Store.com

Yup. Situs Jarvis Store ini memang khusus dibuat untuk mengakomodir temans yang ingin memiliki toko online sendiri. Dengan membuat toko online melalui Jarvis Store,kita bisa mewujudkan mimpi memiliki toko online profesional seperti merek-merek terkenal dengan harga yang terjangkau.

Penasaran kan kenapa akhirnya saya melabuhkan pilihan membuat website toko online sendiri di sini? Yuk tonton dulu video berikut 🙂

Salah satu hal menarik yang bisa didapatkan dari Jarvis Store adalah adanya pilihan theme/template gratis. Dengan begitu kita tak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa pembuatan tampilan toko online.

Jangan salah lho , theme dan template yang disediakan bukan kosong seperti blog dan situs pada umumnya yang perlu diotak atik. Tampilan layar yang tersedia di Jarvis Store sudah seperti tampilan e-commerce. Kita tinggal memilih model website yang disuka secara cuma-Cuma.

 

Membuat toko online di website umum :

Beli domain + Beli Hosting + Sewa Jasa pembuatan template khusus online store

Membuat toko online di Jarvis Store :

Beli toko online  + template khusus online store di satu situs

 

Selain berbagai pilihan tampilan layar yang disediakan secara gratis, berikut beberapa keunggulan mempercayakan pembuatan website toko online di Jarvis Store

  1. Bisa dikelola dari mana saja

Enaknya punya website toko online yang dibuat di Jarvis Store adalah bisa dikelola dari mana saja karena sudah ada aplikasinya yang bisa diunduh di Google Play. Link untuk mengunduhnya bisa diklik di sini.

Jadi tidak perlu menunggu harus nangkring dulu di depan laptop untuk mengupload produk terbaru yang ingin dijual. Begitu pula bila hendak memberikan respon pada pelanggan. Cukup buka dari smartphone. Toko online kamu bisa dikelola dari genggaman.

 

  1. Mudah digunakan

Tidak perlu belajar lama untuk membuat dan mengelola toko online, platform Jarvis Store sangat mudah digunakan. Kita tinggal memasukkan gambar produk pada kolom yang sudah disediakan. Jadi tak perlu belajar bahasa HTML atau otak atik theme lagi. Semua sudah tersedia dengan mudah. Seperti ketika temans akan mengupload foto pada Instagram.

 

  1. Memiliki banyak pilihan tampilan layar

Tak hanya satu. Ada banyak tampilan layar yang tersedia di Jarvis Store. Temans tinggal memilih sesuai jenis barang yang akan dijual. Misalnya bila menyasar konsumen wanita bisa memilih theme yang bertabur bunga. Bila menyasar konsumen yang lebih umum bisa memilih tampilan elegan.

Template yang tersedia juga bisa dipilih berdasarkan kategori. Misalnya untuk kategori hobi, kesehatan, kecantikan, elektronik, makanan, buku, kerajinan tangan, atau umum. Jadi temans bisa menyesuaikan tampilan toko online secara lebih spesifik sesuai barang yang akan dijual.

Bila ingin memiliki tampilan yang lebih kece, temans bisa upgrade menggunakan template premium. Template premium memungkinan temans mengeksplorasi lebih banyak warna dan bentuk. Juga memungkinkan adanya tampilan slash.

Gambar beberapa contoh template.

 

  1. Dilengkapi tutorial

Tidak perlu bingung menggunakan sistem Jarvis Store, karena sudah tersedia tutorial step-by-step yang siap memandu dalam mengoperasikan website toko online kita nantinya. Atau bila masih kurang juga ada banyak channel yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan keluhan dan pertanyaan seperti live chat, email, sosial media, dan video turorial.

 

  1. Dilengkapi banyak fitur

Fitur yang lengkap akan memudahkan calon pembeli dalam menemukan barang yang ingin dicari. Calon pembeli juga akan lebih mudah menemukan beragam informasi dari situs jualan online kita. Bahkan tidak tertutup kemungkinan kita bisa membuat fitur blog yang menyajikan beragam informasi, sehingga calon pembeli bisa lebih betah berkunjung ke situs toko online milik temans.

Berikut fitur-fitur utama yang tersedia di Jarvis Store

  • Fitur Ekspedisi Pengiriman

Fitur ini menyediakan tariff ekspedisi dari beberapa penyedia jasa ekspedisi seperti JNE, Tiki, Pos Indonesia, dan lain-lain. Kita juga bisa menambahkan kostum ekpedisi sendiri yang akan digunakan untuk pengiriman produk pada pelanggan.

Adanya fitur ekpedisi ini akan memudahkan dalam penghitungan biaya ongkos kirim. Jadi, kita tak perlu repot menghitung sendiri karena informasi tarif ongkos kirim akan langsung tertera di layar keranjang belanja ketika konsumen melakukan checkout dan pembayaran.

  • Laporan Lengkap dan Statistik

Website toko online yang dibuat di Jarvis Store akan menampilkan laporan aporan statistik web, laporan pelanggan, produk, transaksi, koleksi dan lain-lain. Dengan begtu kita akan lebih mudah melakukan evaluasi dan menyusun planning untuk pengembangan usaha. Selain itu kita juga bisa membuat laporan transaksi berdasarkan waktu yang diinginkan.

  • Beragam Jenis Pembayaran

Website situs online Jarvis Store menyediakan beragam transaksi pembayaran baik melalui transfer bank, paypal, ipaymu, dan doku myshosrtcart.

  • Notifikasi

Sistem notifikasi memungkinkan temans untuk selalu update dengan semua order yang masuk. Sistem notifikasi melalui admin, email, dan android apps juga mempermudah berhubungan dengan pelanggan.

  • Testimonial

Bagi pemilik toko online, testimoni dari pelanggan ini akan sangat berguna. Terutama testomino positif tentang produk dan layanan yang diterima konsumen. Testimonial adalah cerminan kepuasan pelanggan. Fitur testimonial akan memudahkan pemilik toko online unyuk menampilkan testimonial jika pelanggan ingin memberikan testimonial di website.

  • Diskon dan Kupon

Semua paket Jarvis Store sudah terintegrasi dengan sistem kupon untuk memberikan diskon kepada pelanggan. Dengan begitu, temans bisa melakukan berbagai promo dan membagi-bagi kode kupon pada pelanggan. Bisa melalui program giveaway, undian, atau juga promo hari besar.

 

  • Share Social Media

Semua website Jarvis Store sudah terintegrasi dengan social media yang memungkinkan pelanggan menyebarkan atau merekomendasikan produk yang kita jual di sosial media.

 

6. Unlimited Bandwidth

Unlimited bandwidth untuk data transfer yang tidak terbatas. Jarvs Store  bekerjasama dengan penyedia layanan server yang memiliki reputasi uptime terbaik untuk menjamin website selalu online 99.95% uptime.

 

7. Memiliki Email Marketing

Jarvis Store terintegrasi dengan layanan email marketing Mailchimp yang memungkinkan temans membuat email marketing yang indah dan efisien. Keren dong bisa punya email dengan alamat langsung merujuk toko online kita sendiri. Ya kan… 🙂

 

Beragam keunggulan akan membuat toko online yang temans punya menjadi lebih kece dan keren. Sama seperti memiliki sebuah e-commerce bukan?

Lalu bagaimana bila temans sudah terlanjur punya website situs online sendiri? Tentu saja temans bisa mengupgrade dan bermigrasi ke Jarvis Store. Nanti proses migrasi akan dibantu langsung oleh admin dari Jarvis Store. Jadi tidak perlu khawatir akan memulai dari nol.

Bagaimana caranya agar punya website toko online sendiri?

Untuk tahap awal, di Jarvis Store temans bisa memulai membuat website toko online sendiri secara gratis. Temans tinggal memasukkan alamat email dan nama toko online yang ingin dibuat.

Pembuatan website toko online gratis ini akan memberi kesempatan bagi temans dalam mempelajari fitur yang tersedia. Selama masa gratis ini, temans bisa mengupload hingga 10 foto produk. Lalu bisa memilih sendiri tampilan website yang diinginkan.

 

Berikut langkah dalam membuat website toko online pertama di Jarvis Store.

  1. Buat Toko

Masuk ke situs www.JarvisStore.com. Silakan klik logo buat toko yang terletak di bagian bawah tampilan halaman utama.

 

 

2. Masukkan alamat email dan nama toko

Catatan untuk membuat nama toko usahakan memilih nama yang unik dan mudah diingat. Sebaiknya hindari menggunakan nama toko yang susah dalam pengejaannya. Usahakan nama toko yang dibuat ramah mesin pencari sehingga lebih mudah ditemukan bila seseorang ingin mencari suatu produk melalui mesin pencari.

Tips lain agar nama toko mudah ditemukan adalah sesuaikan dengan jenis barang yang dijual. Misalnya MukenaSaya,com, menusehat.com, handmade.com.

3. Masukkan Data

Setelah membuat nama toko, temans akan diminta memasukkan sejumlah data. Buatlah alamat lengkap dan jelas yang akan menjadi alamat toko online kita nantinya. Cantumkan juga nomor telepon aktif.

Setelah semua data diisi, maka situs toko online yang diinginkan pun sudah jadi. Selamat!

4. Pilih paket

Setelah berhasil memasukkan data, toko online temans sudah jadi. Sesimple dan sesederhana itu. Selanjutnya temans akan diminta memilih paket toko yang ingin dibuat.

Bila temans baru memulai bisnis jualan online, ada baiknya mencoba mengambil paket starter. Paket ini sudah bisa mengakomodir kebutuhan untuk mengupload hingga 200 produk. Cukup banyak kan. Setelah melakukan pembayaran, temans bebas melakukan modifikasi seperti menyesuaikan warna dan jenis template.

Bila nanti, toko online yang temans kelola berkembang dengan pesat dan membutuhkan tambahan layanan, temans bisa menaikkan paket menjadi level di atasnya misalnya dari starter menjadi paket premium atau ultimate. Silakan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

Bagaimana bila ingin belajar terlebih dulu?

Tenang, temans tak perlu membayar untuk belajar. Ada paket free yang bisa menampung foto hingga 10 produk. Temans juga bisa melakukan singkronisasi berbagai fitur. Setelah fasih dan siap, temans bisa pindah ke paket starter. 🙂

Dan yang pasti, ada harga ada kualitas. Setiap paket memiliki perbedaan. Hal yang mendasar adalah kapasitas produk, penyimpanan file dan juga dari segi fitur dan prioritas support. Makin tinggi paket yang dipilih makin banyak manfaat yang diperoleh untuk memasimalkan daya jelajah website toko online yang temans punya.

 

Bagaimana temans. Sudah menemukan nama dan paket yang akan dipilih. Oya, untuk toko online yang sudah saya buat untuk kakak di jarvis Store sudah jadi lho temans. Ini dia tampilannya. Tinggal update-update-update produk.

Hmm senangnya. Bisa punya toko online kece, sekece e-commerce. Saya sekarang malah jadi kepikiran bikin bisnis online baru. Bikin toko kelontong online menarik kali ya. Tinggal kerjasama sama salah satu toko lalu buat deh onlinenya. Hihi…. Ada yang mau mencoba ide bisnis ini? Menarik lho apalagi buat yang tinggal di kota atau dekat kampus.

Selamat mencoba. Temans bisa mempraktikkannya sendiri. Untuk mencoba membuat toko online sendiri bisa klik di sini. 

Ini website toko online buat kakak saya.

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
43 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *