Mau Beli Kasur Online? Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal ini Ya

 

Beli kasur lewat online kini bisa saja dilakukan. Saat mencari kasur dan berencana membelinya, kita tak lagi perlu datang ke toko offline untuk memilih kasur yang akan dibeli. Berbagai inovasi dan kemudahan kini bisa dimanfaatkan untuk bisa membeli kasur lewat online.

Pilihan untuk beli kasur online juga makin terbuka lantaran kini banyak toko online yang juga menyediakan berbagai pilihan kasur murah baik kasur spring bed, kasur latex, kasur lipat, kasur busa, dan juga kasur orthopedic.

Apapun pilihan yang akan diambil, apakah akan membeli kasur online, atau membeli kasur langsung ke tokonya, kita tentu ingin mendapatkan kasur terbaik. Alasannya, kasur akan menjadi benda yang banyak digunakan sehari-hari. Setidaknya, 6 jam waktu kita akan habis untuk tidur di atas kasur. Karena kasur merupakan benda penting, tidak berlebihan bila kita  sedikit berinvestasi untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyaman dan sehat.

Saat membeli kasur, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Kita tentu berharap bisa mendapatkan kasur yang nyaman sekaligus sehat sehingga bisa memperbaiki kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu mengembalikan stamina dan semangat keesokan harinya.

Meski terlihat gampang, saya akui membeli kasur ini cukup tricky dan susah-susah gampang. Apalagi buat keluarga muda yang baru pertama kali membeli kasur sendiri karena biasanya sudah terima jadi. J Beberapa kali membeli kasur, beberapa kali pula saya punya catatan tersendiri. Pengalaman yang cukup berharga yang bisa jadi modal untuk beli kasur selanjutnya.

Sekali waktu pernah beli kasur yang bagus ekspektasi ternyata dalam beberapa kali pemakaian langsung menemukan celah. Pernah juga membeli kasur yang tidak pakai per yang katanya bisa menjadi lebih nyaman namun pada sekian tahun pemakaian malah membuat pinggang sakit. Tidak pasti juga kenapa, barangkali karena busanya jadi mencekung ke bawah.

Nah, agar bisa membeli kasur berkualitas dan bisa membuat tidur nyaman, berikut saya bagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan ya saat beli kasur online ya

  1. Jenis Bahan atau material kasur 

Pertama mari kita cari tahu soal bahan utama dari kasur yang akan dibeli. Ada beberapa jenis bahan kasur yang biasa dipakai di masyarakat Indonesia yaitu:

  • Kasur Kapuk : Kasur kapuk merupakan kasur yang memanfaatkan tanaman kapuk yang lembut seperti kapas sebagai bahan dasarnya. Kasur kapuk dulu banyak dipakai, namun sekarang masyarakat perkotaan cenderung meninggalkannya karena beberapa alasan. Setelah pemakaian cukup lama, kasur kapuk harus sering diisi ulang untuk mempertahankan ketebalannya. Selain itu bila menggunakan kasur kapuk harus rajin dijemur dan ditepuk dengan keras supaya bersih. Kasur kapuk biasanya juga lebih berat dibanding kasur dengan bahan lain.
  • Kasur Busa/Foam : Material busa atau foam banyak dipakai lantaran mudah menemukan di pasaran. Kasur berhahan busa juga cocok untuk semua tipe kamar dan usia. Dalam penggunaannya, kasur busa/foam biasanya hanya dilapisi kain tipis. Karena ringan, ia mudah dipindahkan. Kasur busa memiliki tekstur yang lembut dan empuk karena pori-pori busanya rapat. Namun, kekurangannya kasur jenis ini akan lebih cepat kendur pada bagian tertentu karena sering dipakai. Bila kasurnya tipis maka dengan mudah akan melebar saat dipakai berulang kali.
  • Spring Bed: Kasur jenis ini bersifat membal karena dilengkapi dengan per atau pegas atau spiral. Pegas atau per kemudian dilapisi dengan busa tipis agar tidak sakit saat ditiduri. Pada lapisan luar akan dilapisi dengan kain tebal dengan corak dan motif yang beragam. Hal ini membuat kasur spring bed menjadi lebih elegan dan mewah. Permukaan kasur spring bed lentur sehingga mengikuti pergerakan tubuh pada saat berada di atasnya. Karena mudah membal, kasur ini biasanya akan lebih nyaman bisa digunakan sendiri karena tidak akan terganggu oleh gerakan partner tidur.
  • Kasur Latex: Kasur berbahan latex dipercaya bisa memberi kenyaman ekstra saat tidur. Bahannya yang terbuat dari karet alam biasanya tidak akan membuat tubuh alergi seperti saat menggunakan kapuk. Penggunaan bahan latex juga lebih aman dari tungau atau kutu kasur. Selain mudah dibersihkan, kasur full latex juga memberi kesejukan pada pengguna karena adanya aliran udara pada pori kasur. Dibanding kasur busa dan springbed, kasur latex biasanya lebih berat karena terbuat dari bahan alami.
  • Salah satu kasur latex yang kini banyak diminati adalah Matras Mimpi. Kualitasnya yang bagus membuat matras latex dari Mimpi ini memberi kenyamanan tidur pada penggunanya dan bagus untuk kesehatan. 
  • Plush top dan pillow top. Kedua jenis material ini merupakan bahan tambahan yang digunakan di atas kasur spring bed yang sudah ada. Tujuannya agar badan tidak bersentuhan langsung dengan spring bed. Penambahan plush top dan pillow top ini membuat kasur menjadi lebih empuk dan nyaman saat digunakan.
foto : pixabay
  1. Mengetahui Ukuran kasur

Secara umum bisa jadi orang menyebut ukuran kasur dengan kasur besar dan kecil. Atau menyebut dengan single bed dan double bed. Namun, sebenarnya ukuran kasur ini sangat bervariasi sesuai dengan kegunaan. Ada kasur untuk anak dan kasur untuk orang dewasa.

Ukuran kasur juga akan berpangaruh untuk penggunaan dan penempatannya. Biasakan sebelum membeli kasur, kamu sudah mengetahui dengan pasti ukuran lokasi yang akan digunakan untuk menggunakannya. Bila ruangan yang tersedia kecil maka pilihlah kasur dengan ukuran yang tepat. Akan lebih baik memilih kasur yang tidak memakan tempat sehingga kamar tetap terlihat lega.

Berikut beberapa ukuran kasur yang bisa ditemui di pasar

  1. Kasur single 90×200 cm

Ada dua jenis ukuran kasur untuk single yaitu  90 x 200 cm. dan 100 x 200 cm. Kasur single bed  cocok digunakan untuk ruangan yang terbatas seperti untuk apartemen tipe studio dan kamar kos. Bisa digunakan untuk satu orang dewasa dan untuk dua anak kecil.

Penggunaan kasur single 90×200 cm akan cocok untuk kamar dengan ukuran 2 m X 3 meter. Sedangkan kasur single tipe XL 100×200 cm akan cocok untuk kamar dengan ukukran 2,5 m x 3 meter. Jangan lupa mengukur terlebih dahulu kamar yang akan dipakai sebelum membeli kasur online.

  1. Double bed 120×200 cm

Kasur tipe double bed ini bisa digunakan untuk orang dewasa. Karena ukurannya yang minimalis, kasur ini bisa dibeli oleh keluarga muda yang baru memulai rumah sendiri. Ukuran kasur adalah 120×200 cm. Karena ukurannya yang minimalis, sangat cocok untuk kamar yang ukurannya terbatas atau untuk kamar dengan konsep minimalis.

Menggunakan kasur double bed untuk ruang tidur pasangan baru, akan memberi ruang yang lebih besar untuk bergerak. Selain itu, kasur double bed juga bisa digunakan untuk kamar orang tua yang akan digunakan untuk berbagi kasur dengan anak.

  1. Kasur Queen 160 x200 cm.

Kasur Queen punya ukuran lebih besar sehingga bisa digunakan untuk orang tua yang memiliki bayi atau orang tua yang berbagi kasur dengan todler. Ukurannya 160 cm x 200 cm membuat kasur ini nyaman untuk bersantai dan bercengkerama dengan keluarga. Juga sangat cocok untuk mereka yang ingin nyaman. Namun, karena ukurannya yang besar, kasur Queen membutuhkan ruang kamar yang cukup lega.

Kasur ukuran queen memang cocok untuk dua orang dewasa, namun sebaiknya digunakan untuk ukuran kamar yang terbatas. Buat yang tinggal sendiri, ukuran kasur Queen akan membuat kamu merasa lebih leluasa dan bisa melakukan beberapa aktivitas seperti nonton televisi dan membuka laptop dari atas kasur.

  1. Kasur King Size, 180×200 cm

Kasur kings size cocok untuk mereka yang tak bisa tidur tenang atau biasa berganti posisi saat tidur. Kasur king size juga cocok untuk mereka yang memiliki bobot dan ukuran tubuh besar. Dengan begitu pergerakan akan tetap nyaman saat tidur di atas kasur king size. Ukuran 180×200 cm membuat kasur king size butuh ruangan kamar yang lebih besar.

Bila merasa ukuran king masih kurang, tidak perlu khawatir karena kamu bisa memilih ukuran Super King yaitu 200 cm x 200 cm. Ukuran ini merupakan ukuran terbesar yang ada saat ini. Bila dibutuhkan kasur Super King bisa digunakan untuk tiga orang dewasa.

 

Mengenal ukuran kasur, sumber: Mimpi.co.id

 

3. Pilihan Jenis Kasur 

Ada banyak jenis kasur yang ada di pasaran dan kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.  Beberapa jenis kasur yang ada di pasaran adalah kasur busa, kasur pegas, kasur lateks, kasur kapuk, dan kasur hybrid yang merupakan kasur dengan material campuran seperti busa, pegas, dan lateks. 

Setiap kasur punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan disesuaikan dengan kesehatan. Sebagai contoh, kamu yang punya masalah dengan tulang punggung bisa memilih menggunakan kasur foam karena akan mengikuti bentuk tubuh pada saat tidur. Bila kamu sering merasa gerah dan panas, bisa memilih kasur lateks yang lebih lembut dan sejuk karena memiliki sirkulasi udara yang baik. 

4. Merek Kasur Terbaik 

Kualiltas kasur tak dipungkiri sangat menentukan kualitas tidur. Dan biasanya kita bisa memilih kasur yang baik dengan memperhatikan mereknya. Bukan berarti kita beli merek ya, tapi biasanya kasur dari produsen branded akan memperhatikan kualitas material yang digunakan. 

Salah satu merek kasur yang kini digemari adalah kasur Mimpi. Kasur Mimpi berbahan lateks dan bisa dibeli secara online dengan beragam pilihan ukuran. Untuk jaminan kenyamanan, Mimpi memberi masa free percobaan selama 100 hari dan garansi 10 tahun untuk pengguna setia.

Harga kasur mimpi bervariasi sesuai dengan ukuran yang dan kelas yang dipilih. Saat ini terdapat tiga jenis produk yaitu Mimpi Ace, Mimpi Original dan Mimpi Luxury. Harga kasur mimpi secara lengkap bisa dilihat di situsnya. 

Kualitas dan kenyamanya Kasur Mimpi

 

5. Warna

Warna kasur yang dibeli ternyata juga sangat menentukan lho. Memang tidak akan terasa langsung saat tidur karena nantinya akan ditutup dengan sprey. Tapi, harus diingat bahwa warna berpengaruh saat akan merawat dan membersihkan kasur. Kasur warna terang biasanya akan lebih sulit untuk dibersihkan saat terkena noda. 

 

Itu dia, semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa dapat gambaran saat membeli kasur baik online maupun offline. Nah, buat temans yang ingin membeli kasur secara online juga bisa lho. Seperti kasur dari brand Mimpi dapat temans beli secara online lewat situ.

Situs Mimpi.co.id akan memberikan informasi lebih lanjut buat temans tentang berbagai hal saat membeli kasur. Selain itu Beli kasur online di sini juga bisa. Teman klik linknya saja ya. 

 

Summary
Beli Kasur Online, Perhatikan 5 Hal ini Ya!
Article Name
Beli Kasur Online, Perhatikan 5 Hal ini Ya!
Author
23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *