Mau Nyari Rumah? Jangan Lupa Perhatikan 4 Hal Ini

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting bagi setiap orang. Namun saat ini keterbatasan lahan yang menjadi penghalang kita untuk membangun sebuah rumah.

Kini banyak pembisnis properti yang menjual rumah dengan berbagai ukuran sehingga kita tidak perlu menunggu lama untuk proses pembangunan. Karena itu, akan lebih baik bila sebelumnya kita melakukan riset pasar perumahan sehingga mempermudah kita untuk mendapatkan rumah yang kita inginkan.

Adapun hal-hal yang harus perlu diperhatikan saat membeli sebuah rumah, diantaranya;

  1. Status rumah

Hal pertama yang harus perhatikan saat akan membeli rumah adalah status rumah yang menjadi target anda. Ada dua hal yang biasanya ditawarkan penjual yaitu siap huni dimana rumah tersebut sudah siap untuk ditempati dan biasanya pembeli diperbolehkan langsung mensurvei rumah tersebut.

Ada juga rumah inden yang mana pembeli hanya memilih lokasi yang tertera si site plan perumahan kemudian kita menunggu dalam jangka waktu yang telah ditentukan untuk proses pembangunan.

 

2. Harga rumah

Ini merupakan yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam membeli sebuah rumah. Ada baiknya jika kita bertanya terlebih dahulu kepada penjual rumah tentang harga dan sistem pembayarannya. Hal ini harus dilakukan secara teliti ditakutkan ada biaya lainnya seperti pajak, biaya akta jual beli, dan lain sebagainya. Pastikan temans  mendapatkan informasi yang lengkap.

 

 

3. Kualitas bangunan rumah

Selain harga rumah, kita juga perlu memperhatikan kualitas bangunan rumah yang ditargetkan tersebut. Saat ini banyak perumahan yang didisain dengan model yang sama. Namun tidak hanya model yang kita perhatikan.

Kita juga harus mempertimbangkan aspek kualitas dari segi fisik rumah, aspek jalan dan lingkungannya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan anda nantinya.

 

4. Fasilitas dalam rumah

Pada umumnya komplek perumahan terdapat beberapa fasilitas, baik fasilitas umum maupun sosial. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menarik minat konsumen untuk membeli rumahnya. Fasilitas yang ditawarkan biasanya berupa masjid atau mushola, jaringan listrik, tempat kesehatan, sarana olahraga dna lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membeli rumah. Lakukan riset pasar perumahan di SMF sehingga teman mudah menemukan rumah impian.

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.