Apa itu Data Center Indonesia dan Jenis-jenisnya?

Data Center Indonesia Jenis-jenis data center
Data Center Indonesia

Saat ini keberadaan jasa data center Indonesia memang semakin mudah untuk anda temukan. Hal ini bukan tanpa alasan karena data center mempunyai peran yang cukup penting. Data center atau pusat data merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkansistem dan komponen komputer seperti penyimpanan data bahkan sistem telekomunikasi.

Nantinya, di dalam data center ini akan terdapat ratusan bahkan ribuan server dimana disusun padarak dan ditata dengan baik. Pendingin, sistem keamanan, sistem catu daya dan yang lainnya di atur dengan baik. Keberadaan data center ini sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan terutama untuk kebutuhan penyimpanan

Jenis-jenis data center

Pusat data atau data center ini sendiri dibedakan menjadi 4 kelompok. Sebelum anda memutuskan untuk memilih jasa data center Indonesia, anda wajib untuk mengetahui jenis-jenis data center dibawah ini.

  1. Tier 1

Data center yang satu ini mempunyai kualitas yang paling rendah diantara yang lainnya. Hal ini disebabkan karena data center yang satu ini hanya menggunakan 1 jalur kelistrikan dan 1 jalur sistem cooling saja. Selain itu, juga tidak mempunyai komponen redundansi.

Tidak hanya itu saja, tingkat availabily atau ketersediaannya juga paling rendah yakni mencapai 99,71 %. Adapun jenis data center yang satu ini biasanya digunakan oleh perusahaan kecil.

  1. Tier 2

Untuk jenis data center yang berikutnya adalah tier 2. Jenis yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan tier 1 karena mempunyai 1 jalur kelistrikan dan sistem cooling. Adapun yang membedakannya adalah tier 2 ini mempunyai komponen redundasi dengan tingkat ketersediaannya sekitar 99,841%.

Berbeda dengan tier yang sebelumnya, jenis tier 2 ini biasanya digunakan untuk sebuah bisnis atau perusahaan kelas menengah. Adapun downtime dari data center yang satu ini adalah sekitar 22 jam.

  1. Tier 3

Jenis data center Indonesia yang berikutnya adalah tier 3. Untuk data center yang satu ini sudah menggunakan lebih dari 1 jalur kelistrikan dengan sistem cooling. Walaupun mempunyai beberapa jalur, tetapi jalur yang aktif biasanya hanya 1 saja. Kendati demikian, pengguna bisa merasa tenang karena data center ini sudah mempunyai komponen redundansi.

Sedangkan untuk tingkat availability dari data center yang satu ini adalah 99,982%. Adapun data center yang satu ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar dengan lama downtime hanya 1,6 jam.

  1. Tier 4

Berbicara data center yang mempunyai kualitas yang paling tinggi tentunya adalah tier 4 ini. Data center yang satu ini sudah dilengkapi dengan adanya 1 jalur kelistrikan dan sistem cooling. Menariknya, semua jalur tersebut juga sudah bisa digunakan semuanya.

Komponen redundansi sudah tersedia di dalam data center ini dan mampu toleran terhadap adanya kegagalan. Tingkat ketersediaan dari data center yang satu ini adalah mencapai 99,995%. Untuk jenis data center yang satu ini biasanya digunakan oleh layanan online dimana sudah mempunyai nilai hingga jutaan dollar seperti windos.

Bagi perusahaan, keberadaan data center ini memang sangat penting karena membantu perusahaan untuk bisa berkembang dengan cepat. Tidak hanya itu saja, keberadaan data center ini pun juga bisa mendukung kegiatan operasional dari perusahaan agar bisa mencapai zero failure.

Demikian ulasan mengenai data center dan jenis-jenisnya yang wajib untuk anda ketahui. Apabila anda membutuhkan data center Indonesia, NEX bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda sebagai penyedia data center yang professional dan terpercaya.

Summary
Apa itu Data center Indonesia
Article Name
Apa itu Data center Indonesia
Description
Saat ini keberadaan jasa data center Indonesia memang semakin mudah untuk anda temukan. Hal ini bukan tanpa alasan karena data center mempunyai peran yang cukup penting. Data center atau pusat data merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkansistem dan komponen komputer seperti penyimpanan data bahkan sistem telekomunikasi.
Author
Publisher Name
dunia biza network
Publisher Logo

Add a Comment

Your email address will not be published.