Pengumuman Prakerja, Begini Cara Ikut Tahap Selanjutnya

Kartu Pra Kerja

Pengumuman peserta program prakerja yang lolos akan disampaikan pemerintah secara bertahap mulai Jumat,17 April 2020 hingga Senin, 20 April 2020

 

Pada gelombang pertama ini akan ada 200.000 peserta yang ikut pelatihan dari 2 juta peserta yang dinyatakan memenuhi syarat.

Peminat program prakerja sendiri tercatat sebanyak 5.923.350 pendaftar. Namun kemudian yang mengisi data dengan melakukan verifikasi KTP sebanyak 3.269.445 peserta atau hanya 55 persen.

Untuk peserta yang lolos, selanjutnya akan mengikuti pelatihan dari 8 mitra platform digital. Dalam 8 mitra ini sudah tersedia 2.000 jenis pelatihan dari 198 lembaga pelatihan.

Pelatihan yang diselenggarakan ini berbayar, untuk itu pemerintah akan mengirimkan saldo ke rekening bank peserta yang lolos atau e-wallet LinkAja, Ovo dan GoPay milik peserta sebesar Rp3,55 juta.

Insentif akan dibayarkan secara bertahap sepanjang pelatihan. Tahap pertama adalah biaya pendaftaran untuk program pelatihan. Besaran biaya pelatihan senilai Rp1 juta

Selanjutnya akan dibayarkan insentif bagi peserta yang menuntaskan pelatihan. Rinciannya insentif pertama sebesar Rp2.400.000, terdiri dari Rp600.000 per bulan.

“Kedua, ada insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per surveinya. Ada 3 survei sehingga totalnya Rp150.000,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat, 16 April 2020.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2 Dibuka, Ini Daftar Pelatihan yang Bisa Dipilih

Airlangga menyebutkan peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya jika sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Selain itu, pelatihan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima peserta belum menggunakan Kartu Prakerja.

Sisa bantuan biaya pelatihan yang pertama, dapat digunakan untuk pelatihan kedua atau ketiga hingga 31 Desember 2020.

Pilih Pelatihan PraKerja yang Tepat

Sebelum memilih pelatihan, pemerintah mengimbau peserta untuk mengunjungi masing-masing situs, membandingkan harga, dan memilih jenis pelatihan sesuai minat atau kebutuhan.

Sementara bagi peserta yang belum tergabung dalam tahap pertama, pemerintah akan membuka gelombang kedua pendaftaran Kartu Prakerja mulai Senin 20 April hingga Kamis 23 April.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *