Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Ini Daftar Pelatihan yang Bisa Dipilih

Dengan mendaftar kartu prakerja di prakerja.go.id, peserta bisa mendapatkan kesempatan mengikuti banyak pelatihan keterampilan. Selain itu juga ada insentif dan sertifikat yang bisa jadi modal untuk bekerja. 

***

Setelah pengumuman penerima bantuan kartu prakerja gelombang pertama diumumkan, sekarang pemerintah kembali membuka pendaftaran peserta prakerja gelombang kedua. Pendaftaran peserta program prakerja gelombang kedua itu akan dilaksanakan pada Senin, 20 April 2020 dan ditutup Kamis, 23 April 2020.

Pendaftaran prakerja gelombang kedua ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun. Jadi bila teman sudah pernah mendaftar pada pendaftaran prakerja gelombang pertama bisa mencoba lagi pada gelombang kedua ini. Selain itu, buat teman yang kemarin belum sempat mendaftar sekarang bisa manfaatkan kesempatan untuk mencoba.

Buat teman yang tertarik untuk ikut mendapatkan pelatihan untuk menambah keterampilan, bisa mendaftar program prakerja ini melalui dua situs yaitu  melalui laman www.prakerja.go.id atau melalui www.prakerja.kemnaker.go.id.

Apa saja manfaat yang didapat dengan ikut pelatihan di Prakerja.go.id

Kartu Pra Kerja

Ada banyak manfaat yang pasti bisa diperoleh bila terpilih menjadi peserta program prakerja.go.id ini. Yang pasti ada banyak pelatihan yang bisa dipilih untuk menambah keterampilan para pencari kerja. Pelatihan itu seperti pelatihan bahasa inggris, pelatihan kewirausahaan, hingga cara membuat konten kekinian lewat youtube dan blog. Dari bentuk keterampilan konvensional hingga digital bisa dipilih.

Ada banyak tempat pelatihan yang menjadi mitra pemerintah dalam program prakerja.go.id ini seperti RuangGuru, Tokopedia, pusat bahasa, dan beragam lembaga keterampilan lainnya.

Oiya, untuk setiap pelatihan yang diikuti nantinya akan ada sertifikat yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk memenuhi salah satu persyaratan apabila ingin bekerja.

Selain tambahan keterampilan para peserta juga akan mendapat insentif langsung dari pemerintah. Insentif ini tentu saja akan sangat berguna bagi masyarakat terutama pada saat masa sulit akibat pandemic virus corona yang sekarang sedang terjadi.

Berikut rincian insentif yang akan diterima oleh para peserta program prakerja yang lulus seleksi.

  • Biaya pelatihan senilai Rp1 juta.

Dengan total biaya pelatihan ini peserta bisa mengikuti beberapa jenis pelatihan hingga habis nominal yang disediakan. Misal kita bisa mengikuti pelatihan bahasa inggris senilai Rp300.000,-, lalu mengikuti pelatihan membuat konten youtube Rp160.000,- lalu ikut pelatihan optimasi SEO Page One senilai Rp200.000,- dan seterusnya sampai total Rp1 juta.

 

  • Empat kali insentif pasca pelatihan senilai Rp600.000,- setiap bulan

Pembayaran akan dilakukan setelah peserta selesai melakukan pelatihan yang pertama. Oiya pembayaran prakerja ini akan ditranfer melalui akun yang sudah didaftarkan bisa lewat transfer bank seperti BNI atau lewat alat pembayaran digital seperti OVO, LinkAja, dan Gopay.

  • Tiga kali insentif untuk survei kebekerjaan dengan nilai @50 ribu/survei.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pelatihan yang sudah diikuti bisa membuka kesempatan para peserta untuk bekerja.

Bagaimana cara mendaftar Prakerja Gelombang 2

Bagi teman yang sudah pernah mendaftar pada gelombang pertama maka prosesnya akan lebih gampang. Kita tinggal log In ke situs prakerja.go.id lalu klik pada tombol gabung gelombang kedua. Setelah itu menunggu hasil pengumuman selanjutnya.

Calon peserta yang sudah mengikuti tes atau menjawab 18 soal yang diberikan pada gelombang pertama tidak perlu lagi mengikuti tes. Jadi hanya perlu memberi notifikasi bahwa ikut bergabung pada gelombang kedua. Mengenai hasilnya silakan tunggu pengumuman pendaftar yang lulus gelombang kedua pada jadwal yang akan dimumkan.

Jangan lupa selalu cek berkala situs prakerja untuk melihat info terkini mengenai program ini.

Bagaimana Caya Mendaftar Prakerja yang baru login?

Bagi temans yang baru pertama ikut mendaftar program prakerja, silakan ikuti langkah yang ada satu demi satu.

1.Registrasi

Pada saat registrasi yang diperlukan adalah mendaftarkan email dan nomor telepon. Pastikan email dan nomor telepon yang didaftarkan adalah email dan kontak yang aktif karena nanti akan dikirimkan kode verifikasi semacam kode OTP/kode unik pendaftaran. Bila menerima kode segera isikan pada laman pendaftaran untuk diproses.

  1. Isi data diri dan unggah foto KTP

Setelah registrasi berhasil, segera lengkapi data diri dan informasi personal yang dibutuhkan seperti pendidikan, status kebekerjaan, kapan terakhir bekerja, dan alamat.

Setelah itu kita akan diminta untuk mengupload foto KTP dalam dua bentuk yaitu

  • Upload foto KTP saja
  • Upload foto selfie bersama KTP.

Harus dipastikan pada saat membuat foto selfie tidak goyang atau blur. KTP yang dipegang juga jangan sampai ada bagian yang tertutup. Usahakan berfoto di tempat terang dan jarak dengan kamera tidak terlalu jauh sehingga data pada KTP masih bisa dibaca.

  1. Klik tombol gabung gelombang 2

Silakan klik tombol untuk gabung mendaftar gelombang kedua. Ini akan menjadi sinyal bagi sistem bahwa kita termasuk salah satu calon peserta yang akan mengikuti proses seleksi dan menjawab soal.

  1. Jawab soal

Pada pendaftaran gelombang pertama terdapat 18 soal yang harus dijawab dalam waktu maksimal 25 menit. Soal terdiri dari matematika dasar dan beberapa soal bernuansa tes psikologi untuk melihat preferensi kerja dan gaya bekerja. Mengenai soal yang disediakan tingkat kesulitan tidak tinggi sehingga bisa dikerjakan dengan baik kalau tenang dan tak tertekan.

  1. Tunggu hasil pengumuman

Setelah mengikuti tes akan ada informasi bahwa pendaftaran sedang dievaluasi. Bisa juga berlanjut pada keterangan pendaftaran sedang diproses. Selanjutnya silakan menunggu hasil pengumuman.

 

Siapa yang lulus menjadi peserta Prakerja?

Soal bagaimana standar kelulusan saat ini masih menjadi polemik. Misalnya perdebatan bahwa penentuan peserta yang lulus dilakukan berdasarkan sistem acak. Namun, katanya pada gelombang kedua akan ada evaluasi. Kita tidak tahu dan menunggu saja.

Yang pasti, selama program ini pemerintah mengalokasikan anggaran untuk 5,6 juta peserta pra kerja, yang akan dilakukan secara bertahap. Secara keseluruhan pemerintah berkomitmen menyiapkan anggaran Rp20 Triliun untuk program pra kerja.

Pada pendaftaran prakerja gelombang pertama tercatat sebanyak 3 juta peserta yang terverifikasi. Sedangkan peserta yang dinyatakan lolos pemilihan acak adalah 200 ribu orang. Wow! 🙂

Untuk gelombang kedua ini direncanakan pemerintah kembali akan membuka kuota untuk 200 ribu peserta. Hmmm, semoga salah satunya adalah anda. Bila tidak,  bersiap saja untuk coba ikut gelombang ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya sampai hitungan acak jatuh pada nama kita. 🙂

 

Pelatihan Apa Saja yang Disediakan Program Pra Kerja?

 

Seperti sudah saya singgung sebelumnya, ada banyak pelatihan yang bisa teman ikuti bila terpilih menjadi salah satu peserta pelatihan prakerja. Jadi tidak hanya terbatas pada satu lembaga tertentu saja.

Berikut Daftar Pelatihan di Prakerja.go.id yang bisa diikuti

  1. Pelatihan Bisnis Lewat Tokopedia

Jangan bayangkan Tokopedia hanya jadi tempat belanja. Aplikasi ini rupanya sudah bergerak cepat menyambut program prakerja dari pemerintah. Pelatihan yang disediakan cukup variatif. Ada pelatihan bahasa, bisnis, IT, pengelolaan keuangan, dan juga fotografi.

Sebenarnya Tokopedia lebih bertindak sebagai situs penyedia. Di sana ada beberapa lembaga pelatihan yang bisa dipilih seperti Algoritma, Pakar, Udemy, Tempo Institute, EF, ITC, IDS juga  BINAR.

  1. Bukalapak

Tak hanya Tokopedia, bukalapk juga turut menjadi fasilitator dalam program prakerja. Bedanya Bukalapak tidak menyediakan pelatihan, tetapi mereka menjual voucher untuk bisa mengikuti pelatihan di beberapa lembaga yang bekerjasama.

Beberapa kupon prakerja yang tersedia di Bukalapak bisa digunakan untuk belajar di Arkedemi, Inspio Premium, Finansialku, Tempo Institute, IndonesiaX, Algoritma dan Marketeers.

  1. Layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISNAKER).

Sisnaker merupakan salah satu program dari Kementerian Tenaga Kerja. Dalam sistem ini terdapat 1.104 lembaga pelatihan mitra yang bisa dimanfaatkan untuk mengikuti pelatihan. Terdapat lebih dari 2 ribu jenis pelatihan yang bisa diikuti.

Lewat Sisnaker ini pelatihan yang diambil bisa dilakukan melalui online (e-learning) maupun melalu tatap muka (offline). Namun tentu saja, program belajar tatap muka atau offline ini baru bisa dilakukan setelah musim corona mereda ya. Karena kalau masih dalam masa social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar program-program pelatihan offline masih dibatasi.

  1. Skill Academy

Skill Academy merupakan lembaga pelatihan berbasis online yang biasa menyediakan aneka jenis pelatihan. Pelatihan di sini dimentori oleh para praktisi yang bersertifikat dan berpengalaman di bidang masing-masing.

Beberapa jenis pelatihan yang tersedia adalah Pelatihan Ojek Online, Tetap Menghasilkan Uang di Masa Corona, Teknik Dapat Pekerjaan Cepat. Selain itu ada juga Kelas Investasi. Aneka pilihan pelatihan yang disediakan cocok buat kamu yang tertarik dengan memanfaatkan dunia digital untuk mendapat penghasilan tambahan.

  1. Pinteria

Di Pinteria terdapat berbagai pelatihan seperti pelatihan bahasa, marketing, industri kreatif, bisnis, kulinari, sales, kecantikan, perhotelan, dan  komunikasi. Ada sejumlah lembaga pelatihan dan tenaga tutor yang bekerjasama dengan Pinteria seperti Algoritma, Bina Mutu Bangsa, Cakap, Dattabot, EF, London School od Public Relations.

  1. MauBelajarApa

Ada lagi nih temans, platform digital yang jadi vendor penyedia pelatihan untuk program Prakerja

Pelatihan di sini lumayan variatif bisa menjadi pengalaman baru untuk membuka usaha sendiri seperti IT, media, art, masak, kecantikan, hingga berbagi pengalaman bagaimana membuat kedai kopi. Lumayan yak.

  1. Sekolahmu

Progam pelatihan yang tersedia di platform ini cukup banyak. Terdapat 150 tempat belajar, dengan 800 program, 260 sekolah dan 100 korporasi yang bergabung. Jadi para peserta Prakerja punya keleluasaan untuk memilih program pelatihan yang sesuai dengan minat dan hobi.

  1. Pijar

Pijar merupakan tempat pelatihan yang sudah cukup lama memberi pelatihan online. Ada banyak program yang tersedia, namun yang popular adalah program pelatihan bahasa Telkom Prima Cipta Certifia, Tempo Institute, G2 Academy, dan DoLab.

Nah jadi itu dia teman. Ternyata ada banyak pilihan pelatihan keterampilan yang dimanfaatkan. Kalau tak terbiasa dengan pelatihan online, bisa saja mengikuti pelatihan offline dan tatap muka. Di mana ada kemauan di situ ada jalan, yang penting kita bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.

Semoga kartu prakerja yang disiapkan pemerintah tepat guna dan dimanfaatkan untuk memberi nilai tambah positif bagi para peserta.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *