Bingung Pilih Asuransi Mobil? Jangan Lupa Perhatikan Hal Ini

Mobil bisa mogok di mana saja

 

Duniabiza.com – Masyarakat urban yang tinggal di perkotaan tentu tak lepas dari tingginya mobilitas. Macetnya jalanan, dan padatnya aktivitas membuat sebagian waktu habis di perjalanan. Karena itu, tak heran bila banyak yang memilih memiliki kendaraan pribadi terutama mobil untuk memenuhi faktor kenyamanan dan keamanan. 

Saat sudah memiliki mobil biasanya ada hal yang perlu menjadi perhatian. Jangan hanya tahu mengendarai saja ya, Kamu juga perlu memperhatikan hal detail seperti perawatan mobil, mengurus pajak, dan membeli asuransi untuk melengkapi proteksi. Untungnya sekarang ada banyak media informasi yang bisa dimanfaatkan untuk memperkaya wawasan. 

Sebagai contoh, bila kamu bingung mengenai seluk beluk membayar pajak mobil kamu bisa membaca info di  https://lifepal.co.id/media/pajak-mobil/ Dengan membaca artikel itu kamu tentu akan terbantu untuk mengetahui beberapa hal penting mengenai pembayaran pajak mobil. 

Banyaknya waktu yang dihabiskan dengan berkendara membuat mobil menjadi aset yang selalu dijaga dan dirawat. Selain demi kenyamanan selama perjalanan, boleh jadi kamu juga perlu melindungi mobil tersayang dengan membeli produk asuransi. Produk asuransi ini tidak hanya untuk mobil baru ya, tetapi juga untuk mobil bekas. Informasi lengkap asuransi untuk mobil bekas bisa kamu lihat di sini https://duitpintar.com/asuransi-mobil-bekas/

Nah, saat memilih asuransi untuk kendaraan, kamu tentu punya banyak pertimbangan. Ga mau dong beli produk tetapi tidak bisa memberi perlindungan maksimal seperti yang diharapkan. Nah, agar tidak bingung saat memilih asuransi mobil terbaik untuk kendaraan, kamu perlu mencermati beberapa hal.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan  

  1. Kenali Perusahaan Asuransi 

Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadi beli. 🙂 Yup. Pameo ini tentu saja perlu jadi perhatian saat akan membeli produk asuransi mobil. 

Kamu  bisa melakukan tracking terlebih dahulu mengenai perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi perusahaan. Bisa dengan melihat apakah selama ini perusahaan tersebut pernah bermasalah dengan konsumen. Atau bisa juga dengan melihat rekam jejak klien dan perusahaan.

Kamu juga bisa memanfaatkan review dari pengguna yang biasanya muncul di mesin pencari saat memasukkan kata kunci perusahaan tersebut. Bila perusahaan memiliki aplikasi, bisa juga lihat dari rating atau review dari pengguna. 

2. Pilih produk yang sesuai

Biasanya perusahaan asuransi akan mengeluarkan beberapa produk yang bisa dibeli. Sebelum menentukan pilihan kamu perlu mempelajari apa saja yang menjadi kebutuhan, dan cakupan perlindungan apa saja yang disediakan setiap produk. Biasanya jumlah premi yang akan dibayarkan akan berbeda untuk setiap jenis produk. 

Makin luas cakupan perlindungan biasanya makin besar pula preminya. Nah untuk poin ini ada baiknya tidak berpatokan pada nilai premi, tetapi pada kebutuhan dan pemakaian kendaraan. Sebagai contoh, kamu yang tinggal di daerah rawan banjir bisa jadi membutuhkan perlindungan asuransi yang mencakup hal ini, tetapi untuk yang tinggal di dataran tinggi mungkin tidak butuh. 

Setelah menemukan produk yang tepat, kamu bisa membanding produk dengan cakupan yang sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Sebenarnya ini lebih ditujukan agar makin puas dan yakin dengan produk yang akan dipilih nanti. Supaya saat pilihan sudah dijatuhkan,kamu tidak punya hal mengganjal di belakang. 

 

Asuransi Mobil terbaik
Keselamatan di jalan raya

3. Jaringan bengkel 

Nah, ini hal yang tak boleh luput dari pertimbangan. Sebelum membeli salah satu produk asuransi, pastikan sudah mendapat informasi mengenai jaringan bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi. Kamu juga harus mengecek bahwa bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang dipilih berada di wilayah yang terjangkau. 

Semakin banyak bengkel rekanan yang bekerjasama tentu akan lebih baik karena akan lebih banyak pilihan. Kamu bisa memilih bengkel yang berlisensi, dengan standar perawatan yang baik. Dengan begitu kendaraan akan semakin terlindungi.

 

4. Layanan lengkap

Saat membeli asuransi, konsumen tentu saja menginginkan hasil yang terbaik. Selain itu rasa nyaman akan menjadi nilai lebih sehingga lebih puas. Pelayanan yang baik dengan fasilitas yang lengkap dari setiap perusahaan asuransi perlu juga menjadi pertimbanngan. Misalnya, apakah layanan asuransi bisa dilakukan dengan lebih mudah seperti memanfaatkan aplikasi. Apakah tersedia customer service 24 jam sehingga bisa dihubungi kapan saja diperlukan. 

Perhatikan juga mengenai kemudahan pembayaran premi, apakah bisa dilakukan secara mobile banking atau hanya bisa lewat layanan offline di kantor cabang. Pilihlah asuransi kendaraan yang memberi layanan dan fasilitas lengkap sehingga tidak direpotkan. 

Hal yang cukup melegakan, saat ini perusahaan asuransi banyak juga yang menyediakan fasilitas tambahan berupa keselamatan darurat seperti fasilitas derek gratis. Apapun tambahan fasilitas yang diberikan,  tetaplah harus fokus pada tujuan awal membeli produk asuransi. Maka, pastikan produk yang dipilih disediakan perusahaan yang memberi kemudahan dalam pengajuan klaim. 

Nah itu dia, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli asuransi kendaraan. ***

Add a Comment

Your email address will not be published.