Cara Munculkan Kesan “Spa” pada Kamar Mandi ala Feng Shui

 

Feng Shui dan properti di Indonesia merupakan dua hal yang selalu berjalan berdampingan. Sebagian besar masyarakat Indonesia mempercayai dan mengaplikasikan ajaran tersebut sebagai patokan dalam segala aktivitas apapun yang berkaitan dengan properti.

Beberapa patokan tersebut diketahui mulai dari panduan memilih rumah, apartemen, hingga tanah dijual, lokasi properti yang terbaik, menata ruang-ruang dalam hunian, hingga pemilihan furnitur yang dapat memberikan kesan positif dalam ruang.

Pandangan Feng Shui dalam menata ruang-ruang dalam hunian adalah yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tujuannya sangat jelas yakni agar setiap ruangan tersebut memancarkan aura dan energi positif yang dapat mempengaruhi kehidupan menjadi lebih baik.

Di antara ruangan-ruangan yang ada, kamar mandi tentu harus menjadi salah satu tempat yang ditata dengan baik melalui pandangan feng shui, sekalipun ruangan ini adalah area terkecil pada hunian. Tidak hanya menghasilkan penataan yang indah, anda juga akan energi menenangkan dari seperti di ruangan spa.

Jika temans tertarik untuk membuat energi menenangkan seperti di tempat spa hadir dalam kamar mandi, beberapa hal di bawah ini harus disesuaikan pada kamar mandi :

Skema Pewarnaan

Salah satu faktor penting dalam memunculkan energi positif dalam kamar mandi ala feng shui adalah dengan memilih skema pewarnaan yang tepat. Yakni, keseimbangan kombinasi warna. Bagi pandangan feng shui, warna terbaik untuk kamar mandi adalah warna-warna dingin seperti biru dan hijau. Kedua warna ini dikatakan merupakan representasi dari air yang berlimpah di kamar mandi anda.

Bukan berarti tidak baik , namun ada baiknya untuk menyeimbangkan kesan dominasi dari warna air tersebut dengan warna-warna alami. Temans dapat memilih furnitur-furnitur atau aksesoris dengan warna hangat yang terbuat dari kayu atau batu.

Efisiensi Perabotan

Perlu dipahami, seluas-luasnya ukuran kamar mandi, luasan tersebut bukan merupakan luasan ruang yang terlalu besar seperti kamar tidur atau ruang lainnya. Oleh karena itu, jangan sekali-kali memaksakan menaruh perabotan-perabotan berlebih untuk mendekorasi kamar mandi. Hal tersebut yang nantinya justru akan membuatnya terlihat sesak dan berantakan, yang dapat menghambat aliran energi pada ruang tersebut.

Dibanding menambahkan sejumlah perabotan di kamar mandi, lebih baik untuk membuat perabotan yang
ada tersusun dengan rapi dan berfungsi sebagaimana mestinya. Ingat, feng shui adalah tentang aliran energi. Jangan sampai ketidak rapihan atau ketidak berfungsian perangkat-perangkat kamar mandi membuat kekacauan dalam diri sehingga menciptakan stress.

Ada baiknya, biarkan kamar mandi tetap memiliki sejumlah space kosong untuk menjauhkan ketidak teraturan yang menghambat aliran dari energi baik (chi) dalam kamar mandi. Bisa juga dengan menggunakan kotak-kotak atau rak dinding yang tidak terlalu besar untuk menempatkan perangkat-perangkat mandi.


Cukupi Penerangan

Dalam sisi penerangan kamar mandi, feng shui memiliki sebuah pandangan untuk mencukupkan; penerangan pada ruang tersebut. Mencukupkan dalam hal ini lebih ditafsirkan kepada fungsi penerangan yang dibutuhkan untuk munculnya nuansa-nuansa seperti nuansa santai atau ketenangan. Disarankan untuk menggunakan penerangan lewat pemaksimalan pancaran sinar matahari yang terpancarkan melalui akses jendela-jendela kecil.

Tidak hanya cukup untuk menerangi ruangan, sinar matahari langsung tentu akan menyehatkan kamar mandi dari bakteri-bakteri dan virus. Jika memang diharuskan untuk menaruh penerangan lampu, khususnya untuk aktivitas di kamar mandi pada malam hari, ada baiknya untuk memasang lampu LED dengan warna hangat seperti soft white di plafon atau hanya di sekitaran cermin kamar mandi.

 

Tambah Aroma yang Menenangkan

Untuk nuansa yang menenangkan pikiran saat berlama-lama dalam merawat tubuh melalui aktivitas mandi, taruh sejumlah lilin beraroma terapi atau wewangian di sudut-sudut ruangan dan di atas wastafel atau bak mandi. Lilin-lilin tersebut juga dapat meningkatkan kesunyian dan ketenangan saat digunakan menggantikan cahaya alami matahari atau lampu sebagai penerangan kamar mandi.

Tidak hanya pada indera perasa, penglihatan, dan sebagainya, indera penciuman pun harus dimanjakan untuk transformasi energi feng shui yang sempurna. Beberapa aroma yang disarankan pada pilihan lilin-lilin aroma terapi atau wewangian adalah lavender, vanilla, green tea, dan melati.

Selamat mencoba ya…. 🙂

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.