Ini 8 Peralatan Elektronik Rumah yang Bikin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah

 

Peralatan elekrotnik rumah tangga yang tepat akan membuat hidup menjadi lebih mudah.

***

Pandemi akibat penyebaran virus corona atau Covid-19 membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Karena itu, sangat penting untuk membuat suasana rumah menjadi nyaman dan menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Namun, kita tentu tak mau menghabiskan seluruh waktu selama berada di rumah hanya berkutat dengan urusan beberes dan merapikan rumah. 

Yup, meski terlihat sederhana pekerjaan beberes dan membersihkan rumah tak bisa dibilang pekerjaan yang mudah. Pekerjaan seperti mencuci, memasak dan bersih-bersih membuat banyak waktu dan energi terkuras. Kita tentu tidak mau kalau seluruh waktu dan energi selama di rumah tersita untuk berbagai urusan ini bukan? 

Untungnya sekarang, ada banyak peralatan elektronik rumah tangga yang bisa dibeli untuk membuat berbagai pekerjaan di rumah menjadi jauh lebih mudah. Kita hanya perlu belajar sebentar mengenai cara penggunaanya, selanjutnya biarkan peralatan elektronik tersebut membantu meringankan pekerjaan. Bahkan, bukan tidak mungkin segala pekerjaan domestik di rumah menjadi lebih menyenangkan. 

Berikut 8 peralatan elektronik rumah tangga yang bikin pekerjaan rumah menjadi lebih mudah

  1. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner

Vacuum cleaner berada di urutan pertama karena manfaatnya yang sangat besar dalam membantu memudahkan pekerjaan beberes rumah. Alat elektronik satu ini menjadi penting khususnya untuk membersihkan lantai rumah yang ditutupi karpet. 

Membersihkan karpet biasanya menjadi pekerjaan yang sulit dilakukan karena debu dan kotoran yang menempel sulit dibersihkan. Nah, dengan menggunakan vacuum cleaner urusan membersihkan karpet menjadi lebih mudah. Vacuum cleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai biasa. Ruangan bersih akan membuat perasaan menjadi lebih lega. 

Vacuum cleaner biasanya terdiri dari berbagai ukuran. Selain vacuum cleaner standar yang biasanya digunakan untuk membersihkan lantai, juga ada vacuum cleaner dengan ukuran lebih kecil untuk membersihkan sofa, tempat tidur, selimut, dan lain sebagainya. Ruangan bersih akan membuat perasaan menjadi lebih lega. 

  1. Rice cooker Rice cooker

Di urutan kedua ada rice cooker yang memiliki fungsi penting di rumah tangga. Selain karena fungsinya untuk memasak nasi, rice cooker juga menjadi peralatan elektronik rumah yang paling simple, praktis dan sangat membantu. Memasak nasi bisa dilakukan hanya dengan mudah, cukup masukkan beras yang sudah bersih, tambahkan air sesuai takaran, lalu hidupkan rice cooker. 

Tanpa terasa, sembari terus mengerjakan hal lain seperti beberes atau menyelesaikan pekerjaan kantor tak terasa nasi sudah matang dan siap disantap. 

Oiya, selain untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur serta mengukus aneka kue dan makanan seperti sayuran, kentang, ubi, dan kue kukus. Apalagi sekarang banyak adonan kue kukus instans yang bisa dibeli dan tinggal kukus dengan rice cooker. 

  1. Mesin Cuci

Mesin cuci

Mencuci pakaian merupakan pekerjaan rumah yang cukup menyita waktu. Bayangkan, dua hari tidak mencuci pakaian kotor sudah sangat menumpuk. Apalagi buat rumah tangga yang terdiri dari ayah ibu dan dua anak. Mencuci dengan air dan menggosok sendiri pakaian kotor seperti yang dilakukan secara konvensional tentu akan sangat menyita waktu. 

Beruntungnya, pekerjaan mencuci kini menjadi jauh lebih mudah sejak adanya alat elektronik rumah mesin cuci. Meski sekarang laundry kiloan sudah banyak namun masih banyak rumah tangga yang memilih mencuci sendiri dengan bantuan mesin cuci. Apalagi sekarang sudah ada mesin cuci dengan pengering sehingga pakaian bisa langsung kering. Untuk yang memiliki dana terbatas juga ada mesin cuci dengan bukaan atas yang berfungsi sebagai pencuci saja. 

  1. Setrika 

Setrika, benda mungil yang selalu dibutuhkan setiap rumah tangga. Fungsinya sangat penting untuk membuat pakaian menjadi lebih rapi. Setrika dibutuhkan untuk membuat pakaian ke luar rumah seperti sekolah, kantor dan bepergian menjadi lebih bersih dan rapi. Untuk menjaga kerapian baju dan keamanan saat menyetrika, pilihlah setrika dengan plat anti lengket. 

  1. Mixer

Selama pandemi banyak orang mulai menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobi. Memasak aneka kue merupakan salah satu hobi yang kini banyak dilakoni. Untuk memudahkan kebutuhan membuat kue di rumah, alat elektronik rumah berupa mixer menjadi sering digunakan. Mixer dapat digunakan untuk mengaduk dan mencampur aneka adonan kue. Ada dua pilihan mixer yaitu mixer duduk dan mixer tangan.  

  1. Juicer dan Blender

juicer

Menerapkan hidup sehat menjadi semakin meningkat sejak pandemi merebak. Salah satunya dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Selain dimakan langsung banyak yang lebih suka mengkonsumsi buah dan sayur setelah diolah menjadi jus. 

Blender dan juicer meski terlihat mirip namun memiliki fungsi yang berbeda. Blender lebih sering digunakan untuk bumbu masak dan juga untuk melumat daging. Sedangkan juicer lebih banyak digunakan hanya untuk buah saja. Kalau penggunaan juicer digabung untuk buah maka bisa jadi aromanya akan bercampur dan juss buah dan sayur yang dibuat menjadi tidak enak. 

  1. Microwave dan oven listrik

Microwave dan oven memang merupakan peralatan elektronik listrik yang jarang dipakai. Namun mesti sesekali dipakai namun sangat berguna. Untuk temans yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk sering memasak dan memanaskan makanan, microwave bisa digunakan untuk tetap menyajikan hidangan hangat. 

Berbeda dengan microwave, oven memiliki fungsi lebih kompleks yaitu untuk memanggang. Bisa memanggang kue, ayam, ikan, ataupun daging. Sebenarnya beberapa fungsi oven bisa juga didapatkan dari microwave. Tetapi memanggang kue dengan menggunakan oven akan lebih baik. 

 

microwave oven

 

Saat ini microwave dan oven ada yang dijual terpisah. Namun, sudah banyak juga yang menjual microwave dan oven dalam satu kemasan. Saat membelinya kamu bisa menanyakan pada penjual apakah unit yang dibeli merupakan microwave oven, microwave saja atau oven saja. 

  1. Air Fryer

Air fryer merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang lagi hits saat ini. Apalagi dengan meningkatnya gaya hidup sehat masyarakat yang menghindari makanan berminyak. Air fryer aman digunakan karena tidak menggunakan minyak, lebih sehat karena menghasilkan makanan yang rendah lemak. 

Selain untuk menggoreng, air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang kue dan mengukus. Peralatan ini juga mudah digunakan dan gampang dibersihkan. 

Tips Saat Membeli Peralatan Elektronik

Nah, itu dia beberapa peralatan elektronik yang sangat membantu urusan rumah tangga. Ke delapan peralatan ini boleh dibilang wajib ada agar pekerjaan rumah menjadi lebih mudah. 

Saat membeli peralatan elektronik ini temans harus memperhatikan beberapa hal.

  • Jeli saat membeli
  • Saat membeli pastikan kita sudah memperhatikan cara pakai setiap produk. Jangan sampai karena salah dalam menggunakan malah barangnya menjadi rusak. Selain itu saat membeli jangan terlalu terpaku paku pada trend. Tetapi utamakan pada kegunaan.
  • Pilih yang hemat energi
  • Penting untuk memperhatikan berapa daya yang dibutuhkan setiap peralatan yang akan dibeli. Pilihlah yang hemat daya dan hemat energi agar pengeluaran listrik rumah tangga tidak bengkak. Membeli peralatan elektronik yang hemat daya bisa juga bisa membuat semua peralatan elektronik di rumah bekerja dengan maksimal.
  • Pilih produk dari brand terpercaya
  • Ada banyak brand yang mengeluarkan peralatan elektronik. Namun, pilihlah dari brand terpercaya agar kualitas dan masa pakai produk elektronik rumah yang dibeli bisa tahan lama. Membeli produk elektronik rumah tangga dari brand terpercaya seperti dari Samsung elektronik, akan memudahkan kamu dalam mendapatkan layanan purnajual seperti service dan garansi.
  • Produk dari brand terpercaya seperti Samsung biasanya juga sudah melewati standar keamanan yang ketat. Dengan begitu risiko menjadi lebih kecil. Rutinlah memperhatikan masa pakai produk elektronik di rumah agar tingkat keamanan menjadi lebih baik.

 

Shopee brands festival

 

Nah, bagaimana, sudahkah temans memperhatikan masa pakai dan kelengkapan elektronik di rumah. Apabila merasa perlu membeli elektronik rumah baru, temans bisa kunjungi Shopee ya. Kebetulan hari ini sedang berlangsung Super Brand Day Samsung dalam Shopee 10.10 Brands Festival.

Di Super Brand Day Samsung dalam rangka Shopee 10.10 Brands Festival ini temans bisa memilih berbagai peralatan elektronik rumah tangga dengan harga spesial langsung dari Samsung. 

Selamat berbelanja Ya… 

🙂 

 

 

23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.