Asyiknya Bermain sambil Menghapal AlQuran dengan Boneka Hafiz Junior

 

Bismillahirahmanirahim…

Qulhuwallahu Ahad

Allahu Samad

Lam yalid walam yulad

Walam yaqullahu kufuan ahad ….

 

“Ma… ma… apalagi ma yang dibaca kakek itu… “

 

Tiba-tiba si sulung Bintang memanggil-manggil saya saat sedang main air di kamar mandi. Ceritanya ia minta agar dibolehkan mandi sendiri. Sambil bermain dengan si bungsu Arsyad, saya mengawasi Bintang dari jauh. Ia terlihat senang bermain air. Sambil menyiramkan air ke badan, ia mencoba mengulang hapalan ayat pendek.

Seperti halnya orang yang suka bernyanyi di kamar mandi, Bintang juga suka bersuara saat berada di kamar mandi. Bedanya ia tak menyanyi, tapi mengulang-ngulang hapalan surat pendek. Saya tak mempersoalkan di mana ia membacanya. Namanya juga anak-anak. Yang penting ia punya semangat untuk mengulang bacaannya.

Sebenarnya sata termasuk yang tidak telaten menemani anak-anak menghapal ayat-ayat. Niat di hati sih ada, tapi energi tidak cukup untuk fokus mengajarkan pada Bintang karena juga harus berbagi perhatian dengan Zizi dan Arsyad. Hapalan yang sekarang sering diulang Bintang rata-rata merupakan hasil belajar bersama dengan kakek saat liburan di kampung selama 2 bulan saat libur pergantian tahun lalu.

 

Selama di kampung, setiap selesai shalat Magrib, Bintang belajar mengaji dengan kakek. Meski usianya baru 4 tahu n ia sudah bersemangat. Selain mengaji juzamma, ia juga belajar menghapal ayat pendek.

Sebagai ibu tentu saja saya senang dengan progress Bintang.  Keinginannya untuk belajar mengaji dan menghapal ayat pendek membuat saya bersemangat. Di satu sisi saya juga sedih lantaran selama ini tak maksimal dalam mendampingi Bintanng belajar menghapal quran. Hal ini jauh berbeda dibanding beberapa orang tua yang memang fokus mendampingi anak-anak menghapal Quran.

Bila melihat acara Tahfidz Quran Junior di Televisi saya senang melihat anak-anak yang meski usia dini sudah hapal satu juzz bahkan lebih. Alangkah bahagianya punya anak yang hapal quran dan menjadi calon penghuni surga. Dalam hati tentu saja saya berdoa agar anak-anak juga bisa.

 

Ibu mana sih yang tak ingin anaknya menjadi  Hafidz?

 

Yappp. Memiliki anak yang bisa menghapal Quran tentu saja menjadi impian terdalam para ibu. Namun semua tahu hal ini tidaklah mudah dan bukan perkara instan. Saya misalnya juga tak mau memaksa anak-anak. Inginnya mereka bisa hapal quran dengan riang gembira dan atas keinginan sendiri.

Dalam sebuah perbincangan dengan orang tua yang anaknya hapal dua juzz alquran, saya mendapatkan cerita bagaimana caranya ia melatih agar si kecil jadi lebih bersemangat menhapal quran. Menurut Ibu ini caranya sederhana banget. “Lakukan dengan gembira, agar anak senang dan tidak terpaksa.”

Membuat anak tetap gembira. Kedengarannya gampang ya, tapi prakteknya tentu tidaklah mudah. Karena itu berikut beberapa tips yang saya dapat dari dia dalam mengenalkan Alquran sejak dini pada si kecil.

  1. Buat si kecil enjoy
  2. Gunakan media yang menyenangkan
  3. Lakukan di saat anak sedang semangat belajar
  4. Dampingi dan ulangi terus menerus.

 

Empat langkah ini kalau disederhanakan sebenarnya terwakili dalam satu kata yaitu bermain. Yapp… jadi menurut si Ibu buat anak gembira saat menghapal alquran seolah-olah ia sedang bermain. Jadi bermain sambil menghapal.

 

Menghapal Alquran Sambil Bermain

Bermain bagi si kecil memang merupakan kebutuhan yang tak dapat terhindarkan. Makanya, saat menghapal Alquran pun si kecil harus tetap enjoy.

Apakah bermain harus dalam bentuk lari-larian, mengaduk-aduk mainan? Hmm ternyata, menurut  Ibu Belinda Agustya, Psikolog yang merupakan salah satu pendiri Klinik Psikologi Anak Rainbow Castle, bermain itu sangat sederhana. Kegiatan apapun yang dilakukan dengan tujuan just for fun!, mendoring motivasi intrinsic, menimbulkan kesenangan, bebas memilih, terlibat di dalamnya, dan memancing imajinasi bisa disebut bermain.

Setidaknya bermain sangat dibutuhkan oleh si kecil karena memuat dua hal besar

  • Anak usia dini memerlukan pengalaman langsung dan nyata untuk memahami suatu informasi karena kapasitas berpikirnya belum siap mempelajari sesuatu yang bersifat abstrak
  • Lebih menyenangkan bagi anak karena anak suka bergerak dan bereksplorasi menggunakan seluruh indera dan anggota tubuhnya

Tips bermain dengan si kecil

  • Pilih permainan sesuai usia dan keunikan anak
  • Fasilitasi kegiatan bermain yang bervariasi : indoor vs outdoor, individual vs kelompok, unstructured menuju semi structured
  • Sensitif terhadap cues yang dikirimkan anak. Contoh: mengetahui bahwa anak sudah mulai butuh bantuan orangtua untuk bermain
  • Playful dan fokus ketika bermain bersama anak à kontak mata, menunjukkan wajah bahagia
  • Menjaga anak untuk tetap merasa senang saat bermain : anak tidak merasa bosan atau terlalu bersemangat, ganti permainan saat anak bosan, mengganti aktivitas bermain menjadi menenangkan ketika anak mulai terlihat over excited

 

Bagaimana dengan menghapal Alquran? Apakah juga bisa dilakukan sambil bermain?

Yess. Jawabannya jelas bisa. Apalagi sekarang ada media belajar yang lucu, disenangi anak-anak dan bisa membantu mengenalkan alquran sejak dini. Namanya Boneka Hafidz.

Saya sebenarnya sudah lama sekali tertarik dengan boneka ini. Boneka Haffiz yang bisa dijadikan sahabat anak dalam menghapal alquran. Seringkali boneka ini muncul di timeline facebook.

Nah, Ahad kemarin kebetulan saya berkesempatan membawa si sulung Bintang menghadiri launcing produk baru boneka hafiz Junior yang diproduksi oleh Al Qolam. Selama ini Al Qolam memang selalu konsern dalam meluncurkan produk edukatif sebagai solusi bagi anak-anak muslim untuk menghafal Al Quran.

 

Apa sih Boneka Hafiz Junior?

Hafiz Junior ini merupakan mainan edukatif dengan kualitas audio jernih yang  berisi masing-masing murottal juz 30 dan 6 lagu anak-anak. Hafiz Junior diluncurkan dalam 2 pasang dengan tema profesi yang berbeda. Satu pasang Hafiz dan Hafizah bertema Dokter dan yang lainnya bertema Pilot.

 

Dibanding produk Boneka Haffiz yang lama, boneka Hafiz Junior punya beberapa keunggulan.

  • Pada saat boneka dinyalakan, ia akan bercerita mengenai profesinya masing-masing.

Dengan memperkenalkan profesi pada anak-anak sejak dini akan membuat anak menjadi lebih mudah mengenali apa yang menjadi cita-citanya kelak. Anak-anak juga mendapat pengetahuan kepada mereka tentang tugas dan tanggung jawab dari masing-masing profesi.

  • Berisi juz 30 yang berisi 37 surah pendek.
  • Boneka Hafiz dan Hafizah Junior dibekali dengan metode menghafal Al Quran yang diulang-ulang per ayat. Pengulangan ayat bisa dipilih sebanyak 3 kali, 5 kali, 10 kali, atau 20 kali. Kemudian bacaannya akan diteruskan ke satu ayat selanjutnya dan akan diulang kembali.
  • Boneka Hafiz Junior berukuran lebih kecil, sesuai dengan namanya.

Tinggi boneka Hafiz Junior ini hanya sekitar 13-14 cm sehingga memungkinkan anak-anak dapat membawanya dengan mudah ke mana saja.

  • Hafiz Junior dibekali dengan 6 lagu anak-anak islami. Masing-masing profesi dari boneka mempunyai lagu yang berbeda-beda.

Hafiz dan Hafizah profesi dokter terdapat lagu Al Qolam for Kids, Mengenal Allah, Mari Sholat dan Baca Al Quran, Belajar Mengenal huruf Hijaiyah, Mengenal Harakat, serta Belajar Menyambung 2 Huruf.

Sedangkan pada Hafiz dan Hafizah profesi Pilot, terdapat lagu Al Qolam for Kids, Doa Ilmu yang Bermanfaat, Doa Sebelum Tidur, Doa Untuk Orang Tua, Membaca Bacaan Panjang 2 Harakat, serta Belajar Membaca Dengan Huruf Harakat Tanwin. Lagu-lagu ini diharapkan dapat mempermudah anak-anak dalam mempelajari Al Quran dan Islam dengan menyenangkan.

Saat peluncuran produk Hafiz Junior, Bintang terlihat sangat antusias. Apalagi ia memang bercita-cita menjadi dokter. Jadi ia sangat excited sekali dengan boneka hafiz karakter dokter. Saking semangatnya ia langsung minta dibelikan.

 

Oiya, buat temans yang ingin memiliki boneka Hafiz ini, sekarang adalah kesempatan yang baik banget. Sebab Al QOla sedang memberikan promo khusus. Khusus pembelian di seluruh gramedia dan toys kingdom yg ada retail Al Qolam akan mendapat bonus berupa mushaf yang akan membantu anak-anak dalam menghapal AlQuran.

Duh senang banget kan. Bisa bermain sambil belajar dan menghapal Al Quran. Oiya, hafidz junior ini bisa dipakai sejak anak berusia bayi lho. Jadi si boneka disetel dan dihidupkan di dekat anak. Nah kalau sudah mulai dua tahun, orang tua bisa mendampingi anak agar bacaan dan hapalan Alqurannya makin baik.

Buat temans yang mau tahu lebih jauh mengenai boneka hafiz ini bisa berkunjung ke media sosial mereka juga

Website : www.alqolam.com

Instagram : alqolam_official

Twitter : @AlqolamID

 

Selamat bermain sambil membaca Alquran ya bersama si kecil. 🙂

 

 

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *