Mau Berpenghasilan dari Blog? Coba Gabung 7 Situs Penyedia Job Blogger Ini

Ada banyak cara sampai ke Roma. Tinggal pilih jalan yang mana

***

Menjadi blogger zaman sekarang memang berbeda dari sepuluh tahun lalu. Coba bayangkan, sepuluh tahun lalu saat saya mulai membangun blog sama sekali tak terpikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dengan cepat melalui blog.

Saat itu blog benar-benar menjadi ladang untuk memuaskan hobi menulis. Kalaupun bisa diuangkan ya melalui adsense. Dan temans tentu tahu bagaimana suka dukanya menanti blog berpenghasilan dari adsense. Sekalinya diaprove sama Om Google, statistik pemasukan tidak begitu saja bisa melonjak.

Lalu sekarang, ketika dunia digital makin berkembang, banyak brand yang mulai memanfaatkan media blog sebagai bagian dari pemasaran. Selain karena daya jangkau blogger dianggap bisa mencapai pihak yang tak terjangkau lewat media konvensional, blogger dianggap juga memiliki kekuatan dan keunikan tersendiri.

Kekuatan blog tidak hanya dari konten, tetapi juga dari kekuatan blog itu sendiri dalam arti kata peringkat di mesin pencari. Maka tak heran kemudian muncul beberapa indikator dalam menghargai blog di dunia digital.

Nah untuk mendapatkan pekerjaan melalui blog ada banyak saluran yang bisa digunakan. Project menulis bisa saja datang langsung dari brand dengan langsung menghubungi pemilik blog baik karena relasi pribadi atau karena lewat kontak yang tertera di sidebar blog. Project juga bisa datang lewat komunitas blogger.

Saat ini terdapat banyaaakkk sekali komunitas blogger. Ada yang berbasis kewilayahan seperti blogger Jakarta, Blogger Solo. Blogger Borneo, Blogger Medan. Buat teman yang ingin bergabung dengan komunitas blogger berbasis wilayah ini bisa mulai mencari kenalan dan kontak teman blogger yang berasal dari sesame daerah.

Komunitas blogger ada juga yang berdasarkan hobi dan kesukaan. Misal komunitas blogger traveler, komunitas blogger hijup, komunitas blogger otomatif dll. Teman bisa mulai melihat melalui timeline facebook atau twitter mengenai komunitas blogger dengan basis hobi ini.

Nah jalan lain untuk mendapatkan job untuk blog bisa dengan memanfaatkan situs penyedia job untuk blogger. Saat ini terdapat beberapa situs yang secara continue menawarkan job, menghubungkan blogger dan brand. Situs penyedia situs ini biasanya telah memberikan fasilitas pada blogger untuk memilih pekerjaan dengan mudah.

Sebelum mengenal beberapa situs penyedia job untuk blogger satu hal yang perlu dipahami bahwa pekerjaan yang tersedia pada situs-situs ini biasanya menawarkan rate fix. Artinya rate untuk setiap pekerjaan yang ditawarkan bersifat final dan tidak ada tawar menawar. Jadi pilihannya, bila temans setuju dengan harga yang ditawarkan silakan ikut dan bagi yang tidak cocok tinggal memilih skip dan menunggu sampai adanya job yang ratenya cocok.

Berikut beberapa situs penyedia job untuk blogger yang bisa dimanfaatkan.

  1. Sosiago

Semula,  website ini bernama Iblogmarket. Saya sendiri sudah bergabung menjadi member iblogmarket dan sering mendapat pekerjaan dari sana. Pertengahan tahun lalu Iblogmarket berubah menjadi Sosiago. Ada beberapa blog yang kini saya daftarkan di Sosiago.

Tak hanya namanya yang berganti, perubahan nama ini juga diikuti dengan perbaikan sejumlah layanan dan fitur. Yang menarik dari Sosiago menurut saya adalah kita bisa memilih mana pekerjaan yang sesuai dan tidak. Soal rate variatif, tergantung dari job yang ditawarkan.

Hal yang baru dari Sosiago dibanding pendahulunya Iblogmarket adalah sistem pencairan uang yang bisa disetting otomatis setiap bulan. Jadi fee bisa ditarik setiap bulan, sedangkan pada sistem yang lama proses pencairan tergantung mekanisme penarikan dari masing-masing influencer.

 

Buat teman yang tertarik dan ingin bergabung dengan Sosiago dan ingin tahu bagaimana cara bergabung bisa lihat dan klik postingan berikut ya. Di postingan ini temans akan bisa mengetahui lebih banyak mengenai Sosiago. :

baca : Coba SOSIAGO Influencer Marketing, Cara Baru Monetisasi Blog

 

  1. Eleve

Bergabung dengan Eleve menempatkan kita sebagai blogger menjadi lebih dekat dengan brand. Saya sudah bergabung sejak awal 2018, kira-kira saat itu eleve.id baru diperkenalkan di Indonesia. Hanya saja, selama ini job yang tersedia di situs ini masih terbatas. Hmm, atau mungkin saya yang jarang dapat ya. Hihi…

Dibanding Sosiago, pekerjaan di situs ini lebih tertutup. Artinya influencer atau blogger tidak bisa melihat dengan transparan kampanye yang sedang berjalan. Namun sekalinya dapat, feenya lumayan juga. 🙂

 

  1. Blogpartner

Sejak bergabung dengan blogpratner baru satu klien yang memberi pekerjaan. Itu untuk beberapa blog. Dan feenya berupa voucher belanja. Ya meskipun voucher kalau digunakan untuk membeli kebutuhan bulanan jadi sama aja kan dengan uang tunai. Putarnya ke situ juga hihi…

 

  1. BPNetwork

Kalau menurut saya, situs satu ini kudu banget diikuti. Alasannya, BPNetwork biasanya memberikan pekerjaan yang clear dengan fee yang sepadan. Jaringan Blogger Perempuan Network ini meski mengusung nama perempuan tetapi bisa diikuti oleh laki-laki atau perempuan. Namun, sesuai dengan mekanisme dan nilai job di situs ini yang lumayan besar, BPNetwork memiliki sejumlah kriteria bagi blogger yang ingin bergabung menjadi anggota.

Begitu kriteria terpenuhi, temans tinggal mengikuti mekanisme. Ikut bidding bila ada tawaran job yang diberikan. Apabila terpilih selanjutnya jalan menuju kemakmuran akan terbuka. 🙂

 

  1. Rajabacklink

Sama seperti situs penyedia pekerjaan untuk blogger lainnya, di sini blogger bisa mendapatkan pekerjaan. Bedanya, di Rajabacklink fee ditentukan oleh pihak admin sesuai dengan kekuatan blog masing-masing. Jadi besar kecilnya rate tergantung kualitas blog.

Di situs ini saya mendaftar untuk beberapa blog dan ketiganya punya nilai berbeda. Nah persoalannya nanti apakah kita akan mengambil job yang ditawarkan atau tidak kita tinggal memilih. Accept atau tolak.

 

  1. Sociabuzz

Agak berbeda dengan beberapa situs lain, di sociabuzz terbuka ruang bagi blogger dan influencer untuk mengajukan rate sesuai dengan rentang yang telah ditawarkan. Kalau dilihat dari nominal, Sociabuzz memang terlihat lebih besar dibanding beberapa yang lain. Namun, syaratnya juga gede.

Biasanya follower instagram yang diminta tinggi-tinggi. Jadi sederhananya job di Sociabuzz lebih banyak disediakan untuk selebgram. Saya sendiri, sejak bergabung di sini baru beberapa kali mendapat job. Padahal kalau dilihat di dashboardnya ada banyak job yang tersedia. Jadi kembali lagi soal peruntungan dan jodoh.

  1. Vira

Yang terakhir ini sebenarnya saya juga baru bergabung. Meski baru ternyata lumayan banget job yang didapat di sini. Sistemnya gampang dan withdrawnya lebih terti. Bahkan untuk yang baru bergabung, vira.id gampang dioperasionalkan.

Sejak bergabung di vira.id, lumayan banyak pekerjaan yang didapat, karena memang pekerjaan yang tersedia lumayan banyak. Soal fee kembali lagi pada rate masing-masing ya. Tinggal pilih kalau setuju ambil, kalau tidak yang tinggalkan. Begitu aja kok, ga perlu misuh-misuh. 🙂 Tinggal disesuaikan saja. Misalnya saya, tidak mendaftarkan blog utama, tetapi menggunakan blog-blog lain yang ratenya sesuai. Kebetulan memang Dunia Biza punya beberapa adik. 🙂

Pada akhirnya ada job atau tidak ada job, ngeblog harus tetap lanjut. Yak an…. Ya kan… Karena pada intinya ngeblog menurut saya ya tentang berbagi bahagia dan cerita pada dunia.

 

Semoga bermanfaat ya temans.

 

 

 

 

 

39 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *