COBA SOSIAGO Influencer Marketing, Cara Baru Monetisasi Blog

Mencoba SOSIAGO Influencer Marketing,  menjadi alternatif bagi blogger dan influencer yang ingin memaksimalkan penghasilan

***

 

Adakah di antara teman yang sudah coba SOSIAGO Influencer Marketing? Bila sudah selamat ya, selamat berburu rupiah di sana. Eh tapi saya lihat ada yang belum nyoba nih? Apakah temans satu di antaranya.

Iyup. Buat yang sudah coba SOSIAGO Influencer Marketing, tentu sudah tahu bahwa website satu ini merupakan salah satu website yang bisa dimanfaatkan buat yang serius mau monetisasi blog. Nah buat yang belum pernah coba, pantengin artikel ini sampai tuntas ya. Karena di sini saya akan berbagi tips bagaimana caranya mendapatkan rupiah dengan coba SOSIAGO Influencer Marketing.

 

Mengenal SOSIAGO Influencer Marketing

Semula,  website ini bernama Iblogmarket. Saya sendiri sudah bergabung menjadi member iblogmarket dan sering mendapat pekerjaan dari sana. Pertengahan tahun ini, iblogmarket berubah menjadi Sosiago. Tak hanya namanya yang berganti, perubahan nama ini juga diikuti dengan perbaikan sejumlah layanan dan fitur. Yang pastinya sekarang menjadi lebih memanjakan pengguna.

 

 

Cara Daftar SOSIAGO

Untuk bisa bergabung di Sosiago, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan

  1. Mendaftarkan email

Daftarkan email yang akan dipakai dengan mengklik ikon daftar. Selanjutnya kita akan diberi email verifikasi untuk membuat proses pendaftaran sukses. Sampai akhirnya nanti bisa masuk ke halaman dashboard

 

  1. Tambahkan asset

Aset yang dimaksud di sini adalah blog dan akun sosial media seperti twitter, facebook dan instagram milik kita. Semua didaftarkan menjadi asset. Agar pendaftaran sukses ikuti semua petunjuk dan isilah data yang diminta dengan hati-hati

 

  1. Verifikasi asset

Setelah semua asset terdaftar, tunggulah beberapa hari sampai semua asset bisa terverifikasi. Setelah itu sukses, barulah kita bisa mendaftar pada job yang sudah tersedia. Bentuknya bisa job placement atau bisa pula tulis sendiri.

 

  1. Lengkapi profil

Bagian yang tak kalah penting dari proses pendaftaran adalah melengkapi profil. Selain berisi identitas pribadi, poin penting yang perlu diisi adalah data rekening. Isilah dengan data yang benar dan bisa diakses. Hal ini perlu mengingat bahwa setiap pembayaran nantinya akan dilakukan secara otomatis pada nomor rekening bank yang sudah didaftar. Makanya perlu diisi dengan benar dan hati-hati ya biar rezekinya tidak salah alamat. J

Dengan mendaftar di Sosiago nantinya kita berkesempatan mendapatkan job untuk blog. Bentuknya bisa dua yaitu placement atau tulis sendiri.

 

Menentukan rate di SOSIAGO Influencer Marketing

Mengenai rate untuk setiap pekerjaan yang ditawarkan, terdapat dua skema yang dipakai di sini. Pertama rate yang dibuat sendiri oleh blogger. Rate ini biasanya akan terpakai kalau ada job penunjukan langsung dari klien.

Skema kedua adalah mengikuti rate yang sudah ditentukan oleh pemberi iklan. Nanti masing-masing blogger bisa memilih apakah ikut mendaftar pada suatu campaign atau tidak. Bila merasa harga dan tema yang ditawarkan maka blogger bisa mendaftar.

Apakah otomatis diterima? Tunggu dulu. Di sini sistemnya open bidding. Jadi nanti klien yang akan tentukan sendiri blog mana yang dianggap cocok dan mana yang tidak.

Hal yang menarik dengan sistem baru di Sosiago adalah kita akan tahu campaign mana yang sedang berjalan, mana yang sudah tutup, pada campaign mana kita ditolak, mana yang diterima dan mana yang sedang dalam antrian. Semuanya terpampang secara nyata.

Fitur Sosiago yang memanjakan Pengguna

Salah satu hal yang menarik dengan adanya sistem baru di Sosiago adalah adanya fitur-fitur yang sangat berguna dan membantu pengguna baik influencer maupun brands. Beberapa fitur penting yang ada di Sosiago dan perlu digaris bawahi adalah

  1. Campaign

Fitur ini berisi daftar campaign yang sedang berjalan. Di setiap campaign tersedia dua tombol utama yaitu join campaign dan brief. Sebelum memutuskan ikut atau tidak pada suatu project kita bisa membaca terlebih dahulu aturan dan brief dari jenis pekerjaan yang ditawarkan. Bila merasa cocok maka bisa pilih tombol campaign.

Pada fitur ini kita bisa melihat berapa banyak blogger yang dibutuhkan untuk diikutkan, berapa banyak yang sudah mendaftar dan berapa banyak yang sudah disetujui. Sssttt, sebagai bocoran biasanya sangat banyak yang mendaftar dalam satu job. Bisa jadi, pekerjaan yang hanya tersedia untuk 40 orang tetapi yang masuk dalam daftar antrian mencapai 1.000 lebih. Tak usah berkecil hati, daftar saja siapa tahu kamulah yang dicari.

 

  1. Task

Pada fitur task kita bisa melihat apakah ada task yang sedang berjalan. Di sini kita bisa melihat dengan detil status task, tanggal task, dan juga rate untuk setiap task. Agar tak kelewat project, jangan lupa untuk memantau fitur ini. Untuk memudahkan dalam pengecekan biasanya saya memasanng notifikasi nomor handphone sehingga apabila ada task yang masuk akan ada notifikasi yang masuk melalui pesan sms. Bila takut ketinggalan info bisa juga memasnag notifikasi melalui email. Dengan begitu setiap kali ada task yang masuk maka akan ada notifikasi langsung ke nomor handphone ataupun melalui email.

  1. Account

Fitur ini berisi seluruh asset blog dan media sosial yang bisa dimonetisasi. Jadi selain info blog juga ada info mengenai akun twitter, akun instagram, dan juga akun youtube. Pada fitur ini akan terpampang rate yang sudah ditentukan juga statistik blog dan sosial media seperti jumlah follower.

 

  1. Analytic

Analytic berisi informasi mengenai analisa tingkat kesuksesan dalam mengajukan job dan juga tingkat keberterimaan. Namun sejauh ini, saya belum melihat manfaat signifikan dari bagian ini. Mungkin karena rasio job yang diaproved dan job yang diajukan tidak seimbang ya. 🙂

 

  1. Billing

Berisi informasi mengenai jumlah saldo yang masih dimiliki. Jumlah saldo yang sudah ditarik. Dan juga histori penarikan. Oiya, mengenai penarikan ini sejak berganti menjadi Sosiago kini withdraw bisa diatur secara otomatis setiap awal bulan. Sedangkan pembayaran setiap hari Kamis kedua di setiap bulannya. Berbeda dengan sistem lama yang digunakan di iblogmarket sistem withdraw diatur sendiri, artinya kalau mau ditarik kita yang akan atur sendiri berapa saldo yang mau ditarik.

Tapi tak perlu khawatir, bagi yang masih ingin menabung, Sosiago menyiapkan ruangnya. Kita bisa menyetting pada sistem withdraw dengan icon tabung dulu.

 

  1. Kirim Tiket

Ini adalah fitur yang dipersiapkan bila kita ingin melakukan tanya jawab. Atau mau berkonsultasi mengenai suatu hal yang dianggap kurang jelas. Sistem ticket di Sosiago ini biasanya menarik karena fast respon. Saya sendiri belum pernah mengirim ticket selama menggunakan sistem baru ini. Namun pengalaman pada sistem iblogmarket yang lama, ticket biasanya dijawab dengan cepat dan sampai tuntas sampai masalah selesai.

Itu dia enam fitur utama yang ada dalam website SOSIAGO. Selain enam fitur ini, juga ada beberapa menu yang perlu digarisbawahi dan sangat membantu. Misalnya fitur 101 yang berisi semua informasi mengenai cara menggunakan website baik untuk influencer maupun untuk Brand.

 

Beberapa menu baru yang tak kalah penting adalah
  1. Award

Menu ini berisi informasi mengenai program award yang sedang berlangsung. Misalnya sekarang, hingga Januari 2019 nanti Sosiago mengadakan award untuk brand dan influencer yang bisa meraih poin tertinggi. Pemenang akan mendapat smarthphone dengan syarat dan ketentuan yang bisa dibaca di halaman tersebut.

 

  1. Kontes

Menu ini berisi informasi mengenai kontes yang diselenggarakan oleh Sosiago. Yap. Selain menghubungkan klien dan brand, Sosiago juga kerap mengadakan lomba blog. Misalnya saat ini tengah berlangsung lomba blog dengan total hadiah Rp 15 juta dan Rp 30 juta.

 

Untuk lomba berhadiah Rp 15 juta adalah lomba blog SEO dengan keyword Coba SOSIAGO Influencer Marketing. Nah, karena ini lomba blog SEO maka pemenangnya ditentukan oleh ranking di Google. Ayuk siapa tahu temans tertarik untuk ikutan.

Selain berkesempatan dapat job, juga berkesempatan dapat hadiah. Menarik bukan. Coba SOSIAGO  Influencer Marketing.

 

🙂

 

 

 

25 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *