The Spectrum Talks, Channel Podcast Penuh Inspirasi untuk Generasi Masa Kini

 

 “Spectrum Talks: A Podcast to Get You Inspired”

***

 

Halo teams, apa kabarnya hari ini. Semoga sehat ya. 

Jadi ceritanya, Oktober lalu menjadi bulan yang penuh kesan buat saya. Ada beberapa program pelatihan daring yang diikuti. Bukan sekadar mengisi waktu, tetapi juga menambah soft skill untuk tambahan ilmu. Syukur-syukur nantinya bisa menjadi berlian. 🙂 

Salah satu pelatihan daring yang saya ikuti adalah pelatihan Podcast Batch 2 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan komunitas Siberkreasi.

Ada 6 sesi pelatihan yang saya ikuti dengan pemateri dari para dedengkot Podcast tanah air. Tidak hanya kece, menurut saya para pemateri berhasil memantik semangat saya untuk menghidupkan channel podcast.

Nah, sebagai orang yang baru saja terjun ke dunia Podcast, saya perlu belajar banyak mengenai podcast yang baik. Belajar mengemas cerita dan menyajikan dengan apik sehingga informatif dan enak didengar.

 

Finally, setelah 6 sesi pelatihan…

Tahukah temans, dalam masa penjelajahan itu saya terdampar di channel podcast yang benar-benar menginspirasi. Bukannya belajar, saya malah jadi betah lama-lama mendengarnya. Itulah dia channel podcast The Spectrum Talks.

Menyimak episode per episode sembari menemukan ide dan inspirasi, khususnya bagaimana harus memanfaatkan dunia digital dalam mengembangkan bisnis dari The Spectrum Talks membuat pengetahuan saya makin bertambah. Channel podcast ini juga bisa menjadi inspirasi untuk para digital enthusiast bahkan digital agency dalam membaca peluang dunia maya.

Tema yang diangkat pun kekinian dan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Di The Spectrum Talks kita bisa menyimak beragam topic yang menarik seperti wawancara dengan Diajeng Lestari — Founder & CEO of HIJUP, Hendri Salim — CEO of Tech In Asia Indonesia, Salman Subakat — CEO of Paragon Technology and Innovation, Kevin Julio — Movie Actor, Musician, Entrepreneur. Ada banyak lagi obrolan seru yang bisa disimak di sini. 

 

Channel podcast The Spectrum Talks merupakan channel produksi Suitmedia. Suitmedia merupakan digital agency Indonesia yang memiliki spesialisasi di bidang web & mobile application development, serta integrated digital marketing. Suitmedia berdiri sejak tahun 2009.

Sebagai digital agency yang berpusat di Jakarta juga memiliki kantor cabang di Bandung, Yogyakarta, dan Singapura, Suitmedia sudah bekerja sama dengan ratusan klien terutama dari perusahaan besar dengan fokus transformasi digital di setiap lini bisnis. 

Beberapa brand yang sudah bekerjasama dengan Suitmedia antara lain Bursa Efek Indonesia, Bank BCA, Sharp Electronics, Astra Group, Danone Group, Wings Group, dsb. Suitmedia juga membantu mengembangkan startup teknologi seperti Bukalapak, HIJUP, Kitabisa, Nebengers, dan Panti.id.

Suitmedia.com

 

The Spectrum Talks:  A Podcast to Get You Inspired

Buat saya yang sehari-hari berkutat di dunia content creator, mendengarkan podcast the Spectrum Talks memberi insight dan tambahan banyak ilmu. Jadi lebih memahami bagaimana kebutuhan dunia content creator saat ini.

Salah satu episode yang menarik bagi saya adalah sesi #4- Webinar Suitmedia “new Normal Digital 101” dengan judul Tips Membuat Strategi Konten yang Tepat Sasaran.

Ada banyak hal baru yang menurut saya menambah insight. Di awal sesi kita mendapat informasi bagaimana tren pemasaran dan kebutuhan content di 2020. Adanya trend kolaborasi diprediksi bakal terus berlanjut hingga tahun mendatang. Selain itu kebutuhan pemasaran saat ini juga lebih mengarah pada soft selling.

Selain melalui episode ini saya juga jadi belajar mengenai sejumlah tips untuk improve tulisan akan menjadi lebih enak dibaca dan disukai audiens. Jadi memang riset content dan riset audiens itu menjadi hal yang penting dalam dunia konten creator. Rasanya menghabiskan waktu hampir 2 jam untuk menyimak sesi ini tidak terasa karena semua yang disampaikan adalah daging. 🙂 

Salah satu episode yang menarik di Podcast The Spectrum Talks

 

Sebenarnya, materi soal teknik membuat konten ini dengan mudah bisa kita dapatkan di internet. Tapi semua harus dibaca dan membutuhkan waktu. Sangat berbeda bila materi itu disampaikan lewat podcast dengan bahasa yang sudah disesuaikan untuk telinga. 

Bahkan sambil terus mengerjakan penulisan artikel, saya tetap bisa mendengarnya. Apalagi pengemasan podcast di The Spectrum Talks ini dikemas santai.

Menurut saya ada beberapa kelebihan saat mendengarkan informasi melalui podcast dibanding dari membaca di artikel internet. Berbeda juga dengan mendengarkan radio yang harus menyesuaikan jadwal. Sedangkan lewat podcast kita bisa mengatur sendiri kapan harus mendengar dan kapan tidak. 

 

Berikut beberapa kelebihan mendengarkan informasi dan materi lewat podcast dibanding media lain:

  1.     Bahasa mudah dimengerti

Materi yang disampaikan lewat podcast lebih mudah dicerna karena disajikan dengan bahasa yang cair. Berbeda dengan bahasa di artikel tertulis, podcast disusun dengan materi bahasa yang disajikan untuk telinga. Enak didengar dan mudah dimengerti. Itulah kenapa, meski kita mendengar sambil mengerjakan hal lain, materi yang disampaikan tetap mudah melekat.

  1.       Mudah dipahami

Saat seorang anchor atau host membawakan materi biasanya ia akan memberikan intonasi berbeda pada materi yang menjadi highlight. Bahkan kadang dilakukan pengulangan. Teknik ini akan lebih memudahkan para pendengar untuk menangkap main point dari suatu materi. Dan di The Spectrum Talks, teknik ini menurut saya disajikan dengan soft sehingga kita lebih mudah menangkap.

  1.     Santai

Mendengarkan materi lewat podcast akan terasa lebih ringan karena sesekali diselingi dengan tawa dan guyonan. Menurut saya ini akan membuat pendengar menjadi lebih rileks dan suasana menjadi lebih santai. Jadi meski misalnya materi yang dibawakan agak berat akan terasa lebih ringan karena ada jeda dan selingan.

Adanya bumper, backsound dan musik transisi pada podcast juga akan mencairkan suasana. Inilah kelebihan podcast seperti yang saya rasakan saat mendengar The Spectrum Talks. Apalagi pemilihan backsound dan musik transisinya juga kece dan alus.

  1.     Mudah diingat

Untuk orang dengan tipe audio seperti saya, mendengarkan materi lewat podcast akan lebih mudah diingat. Mungkin karena pada saat mendengar kita merasa menjadi bagian dari orang yang sedang berbicara.

Informasi dari podcast bisa didengar kapan saja dan di mana saja

Berbagai keunggulan mendapatkan informasi lewat podcast ini menurut saya semua teramu dalam channel podcast The Spectrum Talks, Itulah mengapa materi yang sebenarnya cukup serius pun menjadi ringan dan mudah dimengerti. Cocok untuk menggali inspirasi bagi pelaku bisnis dan pegiat industri digital masa kini.

Dan menurut saya, karena memang jaringan Suitmedia sudah terkenal luas dan berada di jantung Startup tanah air dan Asia, makanya mengikuti channel ini menjadi penting agar tetap bisa update dengan dengan info terkini seputar dunia digital.

Penyajiannya yang apik membuat channel The Spectrum Talks ini enak didengar kapan saja. Bisa jadi teman perjalanan, saat bersantai di rumah, penyemangat di pagi hari atau bahkan untuk pengantar tidur.

Temans cobain deh simak satu episode saja dari keseluruhan channel The Spectrum Talks, dijamin bakal ketagihan deh buat dengerin lagi episode yang lain. Sayangkan kalau info yang keren itu terlewat begitu saja. 

Padahal ada banyak orang lho yang harus bayar demi bisa ikut webinar atau talkshow yang menghadirkan ahlinya langsung. Di The Spectrum Talks temans bisa mendengarkan semua info dengan gratis.

Buat temans yang penasaran silakan langsung meluncur ke channel podcast dan media sosial The Spectrum Talks dengan klik link di bawah ya

 

Spotify: The Spectrum Talks

Instagram : @Spectrum.talks

Website : www.thespectrumtalks.com

 

Selamat mendengarkan ya. Semoga menemukan semakin banyak inspirasi.

🙂 

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *