Mengenal Virus Corona, Melindungi Keluarga

Virus Corona kembali menyita perhatian. 

***

Kabar berjangkitnya virus Corona di beberapa negara mau tidak mau membuat pikiran saya terganggu. Berita di berbagai media online tentang keberadaan virus ini di Cina cukup meyakinkan untuk membuat saya harus tahu lebih jauh.

Bayangan akan wabah MERS di Timur Tengah dan SARS di kawasan Asia Timur yang terjadi beberapa tahun lalu akibat virus Corona segera bermain-main dalam bayangan.

Bagaimana bila virus itu sampai ke Indonesia? Bukankah virus itu  bisa menyebar lewat berbagai medium? Bagaimana dengan keamanan keluarga? Duh, seketika senyum ceria krucils DuniaBiza segera memenuhi pikiran.

“Saya harus tahu, saya harus bisa melakukan perlindungan.”

Pikiran itu langsung memenuhi pikiran. Alhasil mulailah saya bertanya ke sana ke mari. Lewat internet dan bertanya langsung pada Kakak yang merupakan salah satu tenaga kesehatan pemerintah.

Virus Corona dan Bahayanya

Dari hasil tanya-tanya itu saya mulai mengerti sekarang. Ternyata virus Corona adalah sejenis virus umum yang bisa menyebabkan infeksi pada beberapa bagian tubuh seperti hidung, sinus dan tenggorokan bagian atas. Berdasarkan informasi dari Sains Kompas yang saya baca Selasa, 22 Januari 2020 kemarin, ternyata sebagian besar virus Corona ini tidak berbahaya. Meski begitu beberapa tipe bisa menyebabkan bahaya serius dan bisa menular antar manusia.

Kita tentu saja masih ingat akan bahaya penyebaran virus Corona yang terjadi di wilayah Timur Tengah beberapa tahun lalu. Pada 2012 sebanyak 475 orang meninggal di Timur Tengah akibat virus Corona. Saat itu Corona dikenal menyebabkan sindrom MERS atau disebut juga sindrom pernafasan timur tengah.

Menurut informasi yang saya peroleh masih dari situs Kompas, virus Corona ini mulai dideteksi dalam dunia medis pada 1960. Namun tidak diketahui pasti dari mana asalnya. Virus Corona bisa menyebar pada hewan dan manusia. Hmmm…

Oiya, mengenai penamanaan Corona sendiri sebenarnya tidak terlepas dari bentuknya. Jadi Corona itu artinya adalah mahkota. Ini sesuai dengan bentuk virus corona yang terlihat seperti mahkota apabila dilihat dari mikroskop.

Virus Corona atau Koronavirus merupakan virus dari jenis coronaviridaae rupanya terdiri dari tiga kelas yaitu 1,2 dan 3. Jenis yang ketiga ini baru ditemukan hanya pada jenis unggas saja. Gejala yang dapat ditimbulkan virus ini bervariasi  seperti bronkitis, hepatisis, ensefalitis, dan astrieteritis.

Melindungi Keluarga dari Virus Corona

Virus Corona ini bisa saja terdeteksi dengan adanya batuk pilek. Namun menurut Kementerian Kesehatan RI virus ini bisa dicegah penyebarannya dengan memperkuat daya tahan tubuh.

Kakak saya yang bekerja di bawah Kementerian Kesehatan mengatakan agar kami sekeluarga meninkatkan daya tahan tubuh keluarga. Memperbanyak asupan makanan sehat dan memperbanyak minum air putih.

“Pokoknya harus menjaga daya tahan tubuh anak-anak.” Pesan dia.

Ok. Sekarang saya harus lebih rajin dan bersemangat menyiapkan camilan sehat untuk para krucils. Dan tentu saja urusan menyiapkan camilan dan menu sehat di rumah ini harus dilakukan tiap hari dan tidak hanya karena soal virus corona ini saja.

Selain itu tentu saja kita berharap penyebaran virus Corona ini tidak sampai ke Indonesia.

 

 

 

#DuniaBiza

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *