Peringati Hari Buruh, Ini 5 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

Halo manteman, apa kabarnya. Semoga makin bersinar dan cemerlang ya.

***

Pada postingan kali ini saya mau berbagi informasi seputar hari buruh. Teman-temans sudah tahu dong kalau hari buruh kini menjadi momen penting di Indonesia. Hampir semua orang bergembira dengan kedatangannya. Ya bukan apa-apa, karena sejak beberapa tahun terakhir setiap tanggal 1 Mei yang merupakan peringatan hari buruh menjadi hari libur untuk anak sekolah dan pekerja.

Tahun ini, peringatan hari buruh 2019 jatuh pada hari Rabu. Itu artinya menjadi tambahan hari libur dari sekolah, kerja, dan kuliah ya.

Ya tentu saja hari libur ini menjadi tidak sedap bagi pengusaha. Tetapi buat sebagian masyarakat momen ini sangat berharga karena banyak hal yang bisa dilakukan. Ini merupakan momen untuk memperjuangkan kesejahteraan buruh yang berujung untuk kesejahteraan keluarga. 🙂

Aniwey soal hari buruh ini, sebetulnya ada sejumlah fakta menarik yang perlu kita ketahui. Paling ga biar ga kudet-kudet amat. Apa saja sih fakta penting seputar hari buruh ini yuk kita cari tahu.

  1. Berawal dari perjuangan buruh di Amerika Serikat

Peringatan hari buruh ini merupakan peringatan atas peristiwa yang terjadi pada 1 Mei 1886 di Amerika Serikat. Saat itu sejumlah Serikat Pekerja di Amerika Serikat melakukan demonstrasi besar-besaran. Mereka menuntut diberlakukannya 8 jam kerja. Selain itu serikat buruh juga menuntut kenaikan upah yang layak untuk buruh. Aksi ini dilakukan di beberapa titik dengan melibatkan lebih dari 100.000 orang buruh mengikuti mogok massal. Mogok kerja ini kemudian meluas dan juga terjadi di Kanada.

 

  1. Merupakan peringatan atas insiden Hymarket

Aksi mogok massal yang dilakukan buruh di Amerika Serikat dan Kanada ini berakhir dengan heroik. Demonstrasi yang berawal sejak 1 Mei 1986 berlanjut hingga beberapa bari. Pada 4 Mei malam, di alun-alun Haymarket di Chicago, massa buruh berorasi bergantian. Karena hujan, massa menyusut dan dipaksa untuk bubar oleh aparat keamanan. Para buruh menolak untuk bubar.

Berdasarkan informasi yang diambil dari  situs berita internasional Time, saat itu terjadi insiden ledakan bom di barisan polisi yang menewaskan 7 polisi dan 67 aparat terluka. Polisi melakukan balasan dan menembaki para demonstran yang melukai 200 orang dan menewaskan beberapa orang. Sekitar 100 orang demonstran ditangkap sebagai imbas aksi ini. Peristiwa di Chicago itu kemudian dikenal dengan nama Insiden Haymarket atau Kerusuhan Haymarket.

Tiga tahun kemudian, 1889, Konferensi Internasional Sosialis menetapkan demonstrasi besar-besaran di AS dan Kanada serta insiden Haymarket sebagai momentum untuk perjuangan para buruh. Awal mula aksi tanggal 1 Mei 1886, ditetapkan sebagai Hari Buruh Internasional.

 

  1. Sempat dilarang di Indonesia

Peringatan hari buruh internasional atau mayday, sebetulnya sudah dikenal di Indonesia sejak lama. Namun, pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, peringatan hari buruh sempat dilarang karena dianggap bisa mengganggu stabilitas ekonomi. Selain itu, pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, May Day diidentikkan dengan ideologi komunisme yang saat itu sangat dilarang keberadaannya.

Setelah jatuhnya rezim orde baru, peringatan hari buruh mulai dilakukan setiap tahun di berbagai kota. Peringatan hari buruh ini kembali menjadi hari libur nasional saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yaitu mulai tahun 2014.

 

  1. Diisi berbagai kegiatan

Peringatan hari buruh di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir diisi dengan berbagai kegiatan. Tidak hanya dengan demonstrasi dan orasi, peringatan juga dilakukan dengan melakukan karnaval dan pawai. Saat ini karena hari buruh sudah dijadikan hari libur nasional, banyak juga yang memanfaatkan untuk menggelar konser solidaritas. Momen ini dimanfaatkan untuk menyuarakan hak buruh baik peninkatan kesejahteraan maupun perlindungan.

 

  1. Menjadi momen kumpul keluarga

Hari libur pada saat hari buruh banyak pula dimanfaatkan sebagai momen berkumpul keluarga. Termasuk juga untuk mengunjungi rumah saudara dan famili di luar kota. Apalagi sekarang transportasi untuk terbang ke luar kota kini tak lagi susah. Bisa didapat dengan aplikasi online travel saja akan ditemukan berbagai pilihan transportasi baik pesawat, maupun bus, dan kereta.

Bila tak ingin berlibur ke luar kota, juga bisa libur bersama keluarga dengan menginap di salah satu hotel yang ada dalam kota. Pesannya bisa saja lewat aplikasi , lebih mudah, gampang dan banyak diskon pula.

Nah itulah dia beberapa fakta penting seputar peringatan hari buruh nasional di Indonesia. Semoga ini menambah wawasan dan pengetahuan temans ya. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published.