Liburan Keluarga ke Ah Poong Sentul. Hiburan Keluarga Yang Menyenangkan

Hai temans apa kabar? Sudah hampir 2 bulan kami pindah ke sentul. Saatnya mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Setelah kesibukan pindah rumah dari Cikarang ke Sentul rampung, keingingan mencari ruang terbuka hijau mulai kami lakukan. Rekreasi keluarga ini untuk mengatasi penat dan rutinitas yang merayap.

Kami kemudian memutuskan ke Pasar Ah Poong di kawasan Sentul City. Ruang terbuka dengan banyak titik mengambil foto yang instagramable.

Pilihan ke Pasar Ah Poong karena area ini berada tidak tidak terlalu jauh dari rumah. Dengan 15 menit – 20 menit berkendara maka kami menjangkau pusat kuliner dan hiburan sederhana bagi anak-anak ini.

Bagaimana Ke Pasar Ah Poong ?

Pasar Terapung Ah Poong terletak di dalam area kota mandiri Sentul City. Dalam kawasan seluas 3.000 hektare itu, Ah Poong berada di areal depan. Selepas pintu Tol Sentul Selatan (Sentul City) maka pada bundaran pertama belok ke kanan. Pintu masuk ke Ah Pong tepat berada sejajar bundaran.

Selain akses melalui pintu tol. Kawasan ini juga dapat dijangkau melalui jalan arteri. Bagi pengendara dari arah Citeurup, maka dapat mengikuti jalan arteri sampai bertemu sirkuit sentul. Kawasan Ah Poong cukup menyusuri jalan arteri tersebut ke arah Bogor. Penanda mencapai kawasan Sentul City adalah Hotel Hariss dan Convention Center. Sedangkan dari jalan raya Jakarta – Bogor terdapat penanda jalan yabg cukup jelas.

Pengguna angkutan umum juga dapat mengakses kawasan ini dengan menumpang APTB Transjakarta. Terdapat beberapa titik tujuan APTB yakni Blok M, Grogol, serta Rawamangun.

Sementara ini berikut jadwal operasional bus APTB dengan rute Sentul City – Jakarta:

5:00 – 7:30 Sentul City – Blok M (PP)
5:20 – 7:50 Sentul City – Grogol (PP)
5:40 – 8:10 Sentul City – Rawamangun (PP)
6:00 – 8:30 Sentul City – Blok M (PP)
15:30 – 18:00 Sentul City – Blok M (PP)
16:00 – 18:30 Sentul City – Grogol (PP)
17:00 – 19:30 Sentul City – Rawamangun (PP)
18:00 – 20:30 Sentul City – Blok M (PP)

Bus APTB hanya berhenti di shelter busway. Setiap hari bus akan berangkat dari Sentul City mulai jam 5 pagi, dan bus terakhir dari Jakarta menuju Sentul City berangkat pada jam 8.30 malam.

 

Ada Apa Di Pasar Terapung Ah Poong?
Untuk masuk ke kawasan Ah Poong pengunjung dikenai tiket sebesar Rp10.000. Tiket masuk ini khusus bagi pengunjung dewasa. Jadi kalau bawa anak-anak rame dan cuma di kawal sama 2 orang dewasa, tiket yang dibayarkan hanya Rp20.000.

Tiket masuk ini, sejatinya modifikasi agar pengunjung mampir ke pusat kuliner. Pasalnya tiket dapat ditukarkan dengan minuman. Entah air mineral, lemon tea atau coklat.

Selepas loket tiket, pengunjung dapat memilih dua jalur. Mengikuti panah merah atau panah biru. Untuk panah merah pengunjung akan berputar terlebih dahulu menikmati taman terbuka. Terdapat sejumlah titik foto yang menarik seperti turunan menuju sungai, patung robot transformer, patung besi manusia raksasa atau raksasa bertarung dengan banteng perkasa.

Setelah melewati titik instagramable ini, pengunjung akan melewati jembatan gantung yang cantik sebagai latar foto. Di sebrang jembatan, kita akan disuguhi pusat kuliner. Beragam makanan tersedia di sini, baik selera barat, sea food hingga makanan tradisional seperti pempek, rujak atau toge goreng.

Baca juga : Tips Belanja Online Agar Tak Tertipu 

 

PERMAINAN ANAK DI PASAR AH POONG 

Selama menyantap kuliner, rombongan yang membawa anak dapat mengarahkan putra-putrinya menikmati hiburan untuk anak.

Trio BiZA sangat menikmati momen memberi makan ikan. Ikan dari kolam depan tempat kuliner sangat lahap menyantap makanan yang dilempar oleh para krucils. Ukuran ikan yang lumayan besar membuar air memercik ke tangan anak-anak.

“Ikannya kompat-kompat,” kata mereka sambil tertawa.

Oh ya, untuk memberi makan pengunjung dilarang membawa makanan ikan sendiri dari rumah ya. Pengelola menyediakan makanan yang dijual di kasir permainan. Ukuran kira-kira 100 gram di jual Rp10.000.

Selain itu permainan di sekitar pasar yakni terdapat kereta api mini, menangkap ikan pakai jaring serta odong-odong yang sering ditemui di sekitaran perumahan atau pasar rakyat. Bedanya di Ah Poong per permainan biayanya Rp35.000 per anak.

Yang layak di coba, di arena ini terdapat sejumlah hiburan yang sayang dilewatkan. Ada bola di atas air. Berperahu sepanjang kanal sambil memberi makan ikan.

Anak juga dapat mengelilingi lapangan di sekitar kawasan Ah Poong dengan kuda poni. Berkendara ATV ataupun olahraga berpanah.

Untuk berkuda, biaya yang dipungut per anak sebesar Rp35.000. Sedangkan untuk memanah dan ATV besaran biaya yang dikenakan per permainan sebesar Rp50.000.

Untuk seluruh transaksi di pasar Ah Poong. Uang tunai tidak berlaku ya temans. Kita cukup terlebih dahulu menukarkan uang rupiah dengan uang elektronik yang hanya berlaku dalam pasar Ah Poong.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *