Tips agar Tak Tertipu Diskon Palsu di Harbolnas

serba praktis lewat belanja online

 

Pernahkah teman punya pengalaman salah membeli barang saat pesan online. Dikira X malah yang datang Y? Hmmm, saya pernah banget merasakannya dan kerasa banget ‘pahit’nya. Atas alasan tak mau kejadian sama terulang, dan biar temans juga ga mengalami hal serupa, saya mau berbagi tips untuk menghadapi Harbolnas nanti.

***

Bagi para penggemar pasar daring, harbolnas  yang selalu jatuh pada tanggal 12 bulan 12 di setiap tahunnya. Merupakan momen yang sangat dinanti-nanti. Pasalnya, ini merupakan kesempatan langka yang hanya datang setahun sekali jika ingin belanja murah di toko online.

Promo harbolnas yang biasanya dibanjiri diskon, cashback, hingga berbagai macam voucher belanja maupun voucher gratis ongkos kirim adalah saat paling tepat untuk membeli berbagai kebutuhan melalui toko online. Diskon besar yang dijanjikan bukanlah isapan jempol belaka. Tidak jarang toko online memberikan diskon hingga 90% lebih. Tapi sebelum kamu terlanjur gembira, cobalah terlebih dahulu meneliti dan mencari tahu harga sebenarnya dari produk yang didiskon tersebut.

Apakah harga asli yang tertera merupakan harga standar? Ataukah ada markup harga lalu kemudian di-diskon sehingga terkesan produk tersebut diskonnya sangat besar?

Atau, cobalah meneliti kembali dan membaca deskripsi secara jelas sebelum memutuskan untuk membeli. Karena bisa saja produk yang kamu pilih bukan produk baru melainkan produk second hand (produk bekas) yang tentu saja punya kekurangan disana-sini.

Karena di momen-momen promo besar-besaran seperti harbolnas sangat rawan penipuan, sebaiknya terapkan beberapa tips agar tak tertipu diskon palsu di hari harbolnas berikut ini.

 

 

Berbelanjalah hanya di olshop yang terpercaya

Setidaknya ada 200 perusahaan e-commerce yang akan turut ambil bagian dalam penyelenggaraan hari belanja online nasional. Tapi sayangnya, tidak semua toko online memiliki kualitas yang sama. Sehingga tak jarang, di dalam satu toko online ada saja penjual-penjual yang lolos verifikasi dan ternyata masih suka menipu. Oleh sebab itu, belanjalah hanya di online shop terpercaya seperti Bukalapak misalnya.

Telitilah sebelum membeli

Teliti dan hati-hati sangat dibutuhkan apabila kita berbelanja online. Pastikan kamu membaca deskripsi dengan jelas dan jika perlu ajaklah penjual untuk chatting demi mengetahui sejarah dan pasti kondisi produk yang akan kamu beli. Baca juga testimoni dari mereka mereka yang pernah membeli untuk mengetahui kualitas barang, lama waktu pengiriman, dan lain sebagainya.

Cari tahu harga aslinya

Jangan silau dengan diskon. Walaupun ada produk yang di-diskon sangat besar, tapi jangan terburu-buru senang. Karena bisa saja harga produk tersebut dinaikkan sebelum di-diskon.

Jadi, selalu perhatikan harga aslinya sebelum melihat jumlah diskon yang diberikan. Jika bingung bagaimana cara mengetahui harga asli produk tersebut, cobalah mendatangi official website dari produk yang akan kamu bel. Atau coba bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang ditawarkan oleh toko online lainnya.

Belanjalah melalui flash sale

Flash sale, atau di situs Bukalapak disebut flash deal adalah tempat berbelanja paling terpercaya. Diskon besar yang ditawarkan di flash sale merupakan diskon asli yang tidak main-main. Jadi, jika ada produk yang ditawarkan dengan diskon hingga 99% di flash sale jangan ragu-ragu untuk membeli jika kamu membutuhkannya.

Belanja di olshop Bukalapak

Harbolnas setiap tahun juga akan diramaikan oleh toko online Bukalapak. Bukalapak merupakan salah satu olshop populer yang terkenal, terpercaya, lengkap, dan banyak menawarkan promo menarik, diskon, cashback, hingga gratis ongkos kirim.

Selain itu, Bukalapak juga kerap menawarkan fitur nego yang bisa kita manfaatkan berkali-kali untuk melakukan negosiasi (tawar-menawar) dengan penjual sebelum melakukan deal. Fitur ini sangat bermanfaat karena bisa membantu kita berhemat saat belanja. Jadi, cobalah memanfaatkannya semaksimal mungkin.

 

Selamat berburu diskon ya…

🙂

 

 

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *