Jangan Ngaku Penyuka Dimsum Bila Belum Tahu 5 Hal Ini

 

Siapa yang suka dimsum ngacung, hayo ngaku… Kalau saya ditanya pasti akan ngacung tinggi-tinggi. Sejak kenal makanan asal negeri Tiongkok ini, saya memang tergila-gila dengan dinsum. 🙂 

***

Dimsum adalah jenis makanan atau masakan Cina yang merupakan  hidangan dalam bentuk makanan yang ringan dihidangkan. Dinsum biada dihidangkan sebagai teman minum teh di pagi hari atau malam hari.

Dinsum biasanya berisi sayurang, daging dan makanan laut dengan meminum teh. Namun ada juga beberapa kedai makan Cina yang menyajikan dinsum sepanjang hari. Di Indonesia, dinsum sedikit mengalami bergeseran karena tak hanya untuk makanan ringan, dinsum juga menjadi makanan berat.

Yess.. Di Indonesia seporsi dinsum bisa juga dijadikan menu makan siang pengganti nasi. Namun porsinya menjadi lebih besar dan padat. Biasanya menu dinsum dijual bersamaan dengan somay. Barangkali karena bahan dasar dan cara penyajiaannya yang hampir sama. Dikukus.

Berbeda dengan makanan lain seperti bakso dan somay, dinsum punya keunikan tersendiri yang membuat dia menjadi makanan khas. Pertama, dinsum biasanya dihidangkan dalam bakul pengukus kecil. Bakul itu kemudian diletakkan di atas pinggan.

Kedua, biasanya bagi masyarakat Tionghoa, dinsum menjadi menu khusus yang dihidangkan pada hari khusus pula. Misalnya pada saat kumpul keluarga, peringatan hari ibu, atau tahun baru cina. Biasanya bila ada kumpul keluarga, Dinsum juga disajikan sebagai camilan ringan.

Ketiga, kepopuleran dinsum kini membuat makanan ini terkenal di mana-mana. Saking banyaknya penyuka dinsum, sekarang makin banyak restoran dan kafe yang menyediakan menu ini. Biasanya disajikan dengan porsi sedang, terdiri dari dinsum sayur, sea food, ayam dan daging.

 

 

Dinsum enak disajikan dengan teh

 

Keempat, faktanya di Indonesia antara siomay dan dinsum jauh berbeda baik dari cita rasa dan penyajian. Sedangkan di negara asalnya, pembeda siomay dan dinsum terletak pada daging isi. Siomay biasa berisi daging babi dan udang yang dibungkus kulit tebal. Sedang siomay di Indonesia biasanya tidak memiliki kulit. Siomay  di Cina biasanya dibentuk seperti bunga mengembang.

Kelima, penyajian dinsum yang ditata dalam wadah bamboo bertujuan agar makanan bisa selalu disajikan saat panas. Wadah bamboo akan memudahkan dalam pengukusan kapan saja. Dinsum biasa disajikan saat obrolan santai dengan keluarga atau kolega. Bahkan di Cina biasanya dinsum menjadi teman saat minum teh dan main mahjong.

Penyajian dinsum yang dikukus juga membuat menu ini menjadi favorit dan andalan karena sehat dan kurang kolestorel. Dan memang, seperti pada umumnya masakan cina lain, menu kukus menjadi favorit.

Dengan cita rasa yang khas, Dinsum akan makin lezat karena paduan kecap asin dan sari ikan. Cara makannya dengan dicocol. Jadi citarasa utama dinsum tetap terjaga. Keunikan rasa dimsum  membuat hidangan ini menjadi makin popular.

Makanya jangan heran bila sekarang makin mudah menemukan dinsum. Ah, temans, ngomongin dinsum saya jadi ngiler juga. Barangkali inilah saatnya saya pesan suami agar membelikan dinsum saat pulang kantor nanti. Hihii…

Buat temans yang belum pernah nyoba, yakin gam au merasakan sensasi menu satu ini. Bila temans penyuka siomay, maka saya rasa dinsum juga akan menjadi menu favorit berikutnya.

 

 

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.