Cara Pasang GPS di Mobil dengan Tepat

 

Cara Pasang GPS di Mobil- Mengandalkan GPS (Global Positioning System) saat berkendara? Hmmm, rasanya saat ini alat satu ini sudah menjadi kebutuhan saat berkendara ya. Apalagi di era internet serba cepat seperti sekarang.

Melengkapi kendaraan dengan GPS akan sangat membantu dalam perjalanan. Terutama saat menempuh perjalanan ke lokasi yang jauh dan belum pernah ditempuh sama sekali. Menggunakan GPS juga akan menghemat waktu perjalanan karena tak perlu banyak bertanya pada orang di jalanan.

Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan adanya perangkat ini. Saat berkunjung ke daerah yang sama sekali belum pernah ditempuh, kami tinggal menyalakan GPS dan mengikuti petunjuk arah. Apalagi dengan teknologi internet super cepat, GPS juga biasanya bisa memberi rekomendasi rute jalan tercepat.

Selain itu, untuk menempuh perjalanan super macet seperti di Jakarta, GPS akan memberi gambaran tentang rute macet dan rute yang lebih senggang. Dengan begitu, kita bisa mencari jalur alternatif yang terbebas dari macet.

Saat ini, GPS yang umum dikenal masyarakat adalah GPS Navigasi yang biasa diletakkan di depan stir. Tampilannya seperti peta dengan informasi terkini yang didapat dari satelit. Sedangkan GPS jenis lain adalah GPS tracker yang biasanya berfungsi untuk mengetahui lokasi mobil.

GPS Tracker ini biasanya digunakan untuk fungsi keamanan. Kita bisa melacak posisi mobil dari jarak jauh dengan menggunakan jenis GPS ini. Karena fungsinya untuk melacak, biasanya jenis ini diletakkan di tempat tersembunyi. Dengan begitu apabila ada orang yang berniat buruk mencuri kendaraan tersebut, yang empunya bisa dengan cepat mengetahuinya.

 

Meski memberi banyak manfaat, kita tetap perlu berhati-hati saat memasang GPS di kendaraan. Jangan sampai, manfaat yang ingin dirasakan justru berbuah naas karena penempatan yang tidak tepat.

Nah karena saat ini penggunaan GPS Navigasi saat berkendara semakin populer, tak ada salahnya memperhatikan beberapa hal berikut saat memasang GPS di mobil

  1. Mudah dilihat

Agar tidak mengganggu konsentrasi pastikan GPS dipasang di tempat yang mudah terlihat. Letaknya harus dalam jangkauan mata dan bisa dilirik dengan mudah. Jangan sampai karena penempatannya yang terlalu jauh membuat konsentrasi saat menyetir menjadi pecah.

Meletakkah dashboard terlalu jauh dari pandangan mata juga akan menganggu karena tidak efektif. Alih-alih karena sibuk melihat GPS kita jadi tidak konsentrasi sehingga mengalihkan pandangan terlalu lama.

 

  1. Tidak menutupi

Memasang GPS di atas atas dashboard dekat dengan mata biasanya akan menghalangi pandangan lurus ke depan. Hindari juga memasang GPS di dashboard bagian kanan agar tidak menghindari pandangan ke arah kaca spion.

Saat memasang GPS pastikan teman sudah mencocokkan semua lokasi dengan arah pandangan. Oiya, sebaiknya pasang GPS ketika mesin mobil belum dihidupkan atau saat belum berangkat agar bisa memilih tempat yang lebih pas.

 

  1. Terpasang kokoh

Pasanglah GPS dengan kokoh. Ada baiknya menggunakan penyangga khusus yang memang disediakan untuk GPS. Bila GPS ditempel di dashboard pastikan temans menggunakan pengikat atau lem yang kuat agar GPS tidak mudah jatuh atau bergoyang saat melewati jalan berlubang atau jalanan yang tidak rata.

Menggunakan penyangga selain lebih kokoh juga akan membuat GPS bekerja dengan baik karena kondisi tenang dan tidak bergoyang-goyang.

 

  1. Baterai penuh

Sebelum memulai perjalanan pastikan GPS yang akan dibawa sudah terisi penuh. Akan aneh dan menyebalkan bila GPS mati saat sedang dibutuhkan atau saat kita sedang berada di daerah baru yang membutuhkan navigasi.

Bila memungkinkan usahakan GPS mudah terhubung dengan pengisi daya saat kendaraan sedang melaju. Penggunaan GPS biasanya akan membutuhkan daya besar karena selalu terhubung dengan satelit.

 

  1. Nyalakan mode suara

Mode suara akan memudahkan dan membantu saat perjalanan karena tak perlu bolak balik melirik kea rah GPS. Namun pastikan bahwa saat menggunakan mode suara teman berada di area yang sinyal internetnya kencang untuk menghindari bias jarak. Jangan sampai teman baru mendengar perintah belok kiri atau kanan justru setelah kita melewati persimpangan yang dimaksud. 🙂

 

Nah itu dia beberapa hal yang perlu temans perhatikan saat ingin memasang GPS selama perjalanan. Penggunaan GPS memang sangat membantu navigasi  namun perlu dilakukan dengan tepat agar terhindar dari efek samping.

Selamat berkendara ya.

🙂

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.