Belajar Teknik  SEO Google di Accesstrade Indonesia Caravan

 

Membangun blog dengan tujuan berbagi inspirasi tentu mengharapkan trafik kunjungan yang tinggi. Baik kunjungan langsung karena blog dikenal oleh para pembaca maupun dari dukungan mesin pencari seperti Google.

Ada lebih dari 80 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Sebagian besar dari pengguna aktif ini khususnya untuk tema-tema yang tidak memiliki referensi khusus akan mengandalkan mesin pencari seperti Google sebagai pemberi referensi. Sehingga ramah dengan mesin pencari akan membuat blog kebagian pengunjung dengan trafik dalam jumlah besar.

Berkolaborasi dengan mesin pencari seperti Google ini diistilahkan dengan Search Engine Optimization (SEO). Tujuan utamanya, memberi kemudahaan robot Google menyimpan laman blog kita di pusat data mereka. Jika ada yang bertanya ke mesin google, maka akan dipilihkan halaman terbaik menurut logika mesin itu.

Untuk mendorong lebih banyak blogger memahami SEO, pada pekan lalu Accesstrade Indonesia, perusahaan rintisan platform afiliasi asal Jepang menggelar kelas SEO dengan tajuk Accesstrade Caravan dengan narasumber Mas Didik.

Dalam kelas ini dijelaskan berbagai pondasi SEO agar sebuah materi yang dipublish berada di halaman pertama Google. Berikut ringkasan materinya agar tulisan kita selalu muncul di halaman pertama:

  1. Bangun Pondasi yang Kuat

Teknologi Google semakin pintar. Mesin pencari terbesar sejagad itu akan member point lebih tinggi untuk web yang rapi, informatif dan memudahkan para pengunjungnya.

Untuk memenangkan kecerdasan buatan Google, maka pengelola blog harus melakukan 4 hal paling mendasar yakni ROLE; Riset, Optimalisasi On Page, Link Building dan Evaluation.

 

Klik di Sini : Jurus Sederhana Agar Artikel Enak Dibaca
  1. Riset

Untuk melakukan riset kata kunci yang dibidik ada banyak tools yang bisa diperoleh dengan mencari di Google. Ada ubersuggest dan lain sebagainya. Namun terdapat riset yang lebih praktis yakni dengan menggunakan google suggest.

Caranya, cukup buka google.com, lalu ketikan kata pertama yang ditarget. Misal mobil, maka akan muncul beragam suggest yang tertarget. Lalu kita mengincar keyword mobil bekas, maka teruskan pada keyword ketiga nama kota misalnya Bandung. Selanjutnya keyword yang akan dioptimasi ditambakan keyword keempat, misal 50 jutaan.

Maka Keyword yang dioptimalkan adalah Mobil Bekas Bandung 50 Jutaan. Keyword ini kemudian dioptimasi dalam meta tag, judul maupun link building.

Kata kunci yang muncul dalam google suggest semakin ke bawah artinya semakin lemah persaingannya. Maka para blogger dengan umur blog muda dapat memilih optimisasi kata kunci tersebut terlebih dahulu sambil terus memperkuat konten blog.

 

Klik di Sini : Menyiasati Posting Curhat untuk Meningkatkan Trafik Blog

 

  1. Konten

Dari waktu ke waktu teknologi google semakin pinter. Saat ini halaman yang direkomendasikan untuk berada di halaman pertama adalah blog dengan konten yang kuat. Untuk itu sebelum bertarung di SEO, harus belajar memperkuat konten terlebih dahulu karena akan lebih panjang waktu google memberikan rekomendasi.

Konten yang berantakan tentu sangat mungkin muncul di halaman pertama. Akan tetapi, umur konten seperti ini relatif tidak lama dan akan segera tenggelam dari halaman pertama Google karena mendapatkan penolakan yang tinggi dari pembaca (dengan bounce rate yang tinggi karena langsung ditutup kurang dari 3 detik setelah dibuka).

Untuk konten sendiri, dipersyaratkan beberapa criteria seperti:
  • Jangan pernah copy paste,
  • Panjang artikel minimal 5000 karakter
  • Membuat pernyelesaian dari permasalahan pengunjung
  • Buat artikel yang benar berbeda pembahasannya
  • Foto original tidak mengambil di google
  • Outbond link dan internal link
  • Artikel tidak terdapat kalimat yang berulang
  • Share ke sosial media
  • Kecepatan loading website anda

 

Demikian ya oleh-oleh materi SEO dari Accesstrade Indonesia Caravan, semoga bermanfaat.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *