Ini Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan Sebelum Persalinan

 

Menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir biasanya memberi kesan tersendiri bagi para calon orang tua. Apalagi bila waktu persalinan sudah dekat. Namun biasanya, tak semua orang tua sigap.

***

Memasuki trisemester ketiga atau trisemester akhir biasanya para calon ibu akan mengalami beban fisik dan mental yang lebih besar. Badan menjadi lebih mudah letih, diliputi rasa tegang dan cemas, dan mulai sering susah berjalan. Namun di sisi lain, masa ini juga menjadi masa yang sibuk.

Mendekati hari persalinan, biasanya para calon ibu akan disibukkan banyak hal. Mulai mencari rumah sakit tempat persalinan, menyiapkan fisik dan mental, sampai menyiapkan nama. Hal lain yang tidak kalah menyita perhatian adalah menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang akan dibawa ke rumah sakit dan yang akan digunakan si kecil ketika telah lahir.

Bagi sebagian ibu, mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir biasanya butuh persiapan khusus. Masalahnya. Tidak semua perlengkapan bayi yang ada di pasaran perlu dibeli. Jadi memilah dan memilih perlengkapan bayi lahir yang sesuai budget sangat diperlukan.

Membeli perlangkapan bayi baru lahir sebelum hari persalinan akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Jadi saat si kecil lahir ke dunia ibu tak perlu lagi repot mengurus perlengkapan bayi ini.

Untuk ibu yang sudah melakukan USG dan mengetahui jenis kelamin bayi, bisa pula memberi barang dengan bentuk dan warna yang disesuaikan. Membelinya bisa secara langsung maupun online.

 

 

Berikut ini adalah beberapa jenis perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda beli sebelum proses persalinan tersebut:

 

  1. Pakaian

Untuk yang satu ini, sudah harus dibeli sebelum si kecil terlahir ke dunia. Setelah mengetahui jenis kelamin mereka, pastinya akan lebih mudah membeli pakaian yang sesuai. Namun, tidak hanya model dan desain pakaian bayi saja yang harus diperhatikan, pemilihan bahan juga sangat penting.

Untuk bayi baru lahir, akan lebih baik bila memilih bahan yang lembut dan menyerap keringat.  Jangan sampai kita memilih pakaian yang terbuat dari bahan nilon atau polyester karena kedua bahan ini akan membuat keringat mereka terhambat. Bahan nilon juga mengganggu pergerakan mereka, bahkan bisa mengakibatkan iritasi kulit.

 

2. Popok

Perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini juga sifatnya penting. Meski terlihat sepele, tapi popok merupakan barang wajib. Bayi yang baru lahir biasanya akan lebih sering pipis. Bla membiarkan bayi tidak mengenakan popok maka pakaiannya akan mudah basah, lembab dan bisa menjadi sarang kuman.

Untuk popok ini sekarang ada pilihan popok kain atau popok sekali pakai. Untuk popok kain beli popok yang nyaman untuk mereka, seperti yang terbuat dari katun serta memiliki tali agar mudah untuk dipasang dan dilepas. Akan lebih baik membelinya dalam jumlah yang banyak untuk dijadikan stock.

Bila memilih menggunakan popok sekali pakai atau diapers, ada baiknya menggunakan diapers premium untuk mencegah iritasi. Seiring bertambahnya umur si kecil, ibu bisa beralih menggunakan diapers ekonomis tergantung budget yang disediakan.

 

3. Perlak

Ketika sudah berada di rumah, bila memungkinkan ibu bisa tidak menggunakan popok sekali pakai. Menggunakan popok kain akan membuat anak sering basah. Karena itu agar kasur atau tempat tidur si kecil tetap kering pastikan kita memberikan perlak di tempat membaringkan si kecil.

Perlak bisa digunakan sebagai alas tidur sang bayi yang tentunya akan menghalangi air kecilnya yang membasahi ranjang. Belilah perlak di situs belanja online terpercaya dalam ukuran yang besar agar dapat digunakan hingga mereka sudah beranjak besar nanti.

 

4. Gendongan

Ketika ingin lebih dekat lagi dengan si kecil, biasanya para ibu akan menggendong bayinya dengan nyaman. Namun, jika sudah terlalu lama, maka biasanya tangan ibu akan terasa kesemutan dan keram. Untuk menghindarinya,  bisa menggunakan kain gendongan,

Saat ini terdapat bermacam jenis gendongan. Ada gendongan kain jarik, gendongan depan, gendongan samping. Saya sendiri termasuk yang tidak mahir menggunakan jarik. Jadi sejak kecil bayi saya sudah menggunakan gendongan samping khusus bayi.

  1. Peralatan mandi

Ada banyak peralatan yang mandi yang dibutuhkan bayi setelah lahir. Misalnya baskom mandi, bouncer khusus mandi, sabun dan sampo, baby oil, minyak angin. Beberapa ibu menyiapkan bedak. Namun sesuai saran dokter anak bayi baru lahir tidak dianjurkan menggunakan bedak hingga ia berumur di atas 1 tahun.

Membeli baskom mandi jua penting karena bayi biasanya belum bisa duduk tegak ketika dimandikan. Karena itu ia perlu tempat mandi khusus yang membuat ia tetap bisa berbaring ketika mandi.

 

Itu dia, beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang perlu disiapkan menjelang persalinan. Selamat berbelanja ya.

 

🙂

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.