Langkah Cermat Memilih Web Hosting

 

Perkembangan dunia blogging saat ini menuntut kita untuk semakin profesional. Apalagi bila temans ingin mendapatkan bonus tambahan. Blogging tak lagi sebatas hobi tapi juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan lain.

Bila temans ingin melangkah ke tahap menghasilkan uang dari blog atau biasa disebut monetisasi, maka salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengupgrade blog personal kita menjadi blog top level domain. Untuk hasil yang lebih maksimal, mempertimbangkan migrasi menjadi blog self hosting adalah hal yang bisa dilakukan.

Seperti sudah saya tuliskan sebelumnya, blog self hosting adalah blog yang dikelola dengan menyewa hosting sendiri, tidak lagi menggunakan hosting gratis yang berinduk pada blogspot dan wordpress. Jadi selain membayar untuk mendapatkan top level domain dengan akhiran .com, ,net, co, .co.id, .xyz, temans juga perlu menyewa hosting.

Bila diibaratkan perumahan maka hosting adalah lahan untuk mendirikan rumah. Sedangkan rumahnya sendiri disebut domain.

 

“Secara lebih spesifik hosting adalah tempat menampung dan menyimpan semua data yang diperlukan suatu blog atau website sehingga bisa diakses melalui Internet. Data yang disimpan bisa berupa gambar, file, email, script dan database.”

 

Ketika membeli domain kita biasanya diberi pilihan apakah akan menggunakan jasa hosting gratis atau berbayar. Hosting gratis disediakan oleh wordpress dan blogspot. BIla temans memilih hanya membeli domain saja, maka otomatis blog atau website yang temans buat akan berhosting di wordpress atau blogspot. Namun, bila temans memilih hosting berbayar temans akan diarahkan untuk membayar sejumlah uang untuk bisa memiliki lahan penyimpanan sendiri.

Memiliki blog self hosted memang memberi banyak keuntungan. Setidaknya ada 5 keuntungan yang akan temans dapatkan dengan migrasi menjadi blog self hosted.

  1. Lebih mudah diotak atik dan disesuaikan tampilannya
  2. Artikel yang dibuat biasanya lebih mudah terindeks di mesin pencari.
  3. Lebih disukai advertiser karena blog self hosted dianggap dikelola lebih profesional
  4. Performa blog lebih baik. Berdasarkan pengalaman saya, blog self hosted lebh mudah dioptimasi sehingga statistik blog seperti Domain Authority, alexa, page authority lebih cepat naik dibanding blog gratis
  5. Lebih mudah dimonetisasi

 

Meski membawa banyak manfaat, perlu diingat, blog dengan self hosted harus dikelola dengan baik. Kalau tidak sayang, soalnya kita sudah merogoh kantong lebih untuk bisa mendapat layanan hosting.

 

Saat ini ada banyak penyedia layanan domain dan hosting yang bisa digunakan. Namun, tidak semua penyedia layanan hosting bisa memberi manfaat maksimal. Untuk itu, bila temans ingin migrasi dan mendapatkan manfaat maksimal dari ngeblog teman harus cermat dalam memilih penyedia layanan hosting.

 

Apa saja hal yang harus dicermati saat memilih layanan hosting?

  1. Harga

Harga hosting yang dibayar biasanya berbanding lurus dengan kapasitas penyimpanan yang disediakan. Karena itu sangat penting memperhatikan harga yang ditawarkan. Sebab ada kecenderungan seiring lamanya waktu ngeblog yang kita gunakan maka kapasitas penyimpanan yang diperlukan juga akan semakin besar. Karena itu pilihlah penyedia hosting yang menawarkan harga murah dengan kapasitas penyimpanan yang besar

 

  1. Responsibilitas costumer service

Sangat penting memastikan bahwa penyedia hosting yang dipilih memiliki layanan pengaduan konsumen yang responsive. Selama mengelola blog biasanya kita sekali waktu akan menemui masalah teknis. Misalnya layanan yang tiba-tiba down, atau perlu perpanjangan masa domain dan hosting.

Jangan sampai respon yang lambat dari CS membuat kita stug atau bahkan sampai membuat blog kita tak bisa diakses.

Pastikan mencari penyedia layanan hosting yang memiliki akses melalui beberapa channel. Email, cpannel, chat online, dan telepon.

 

  1. Biaya perpanjangan

Jangan terjebak dengan membeli jasa hosting yang memberi layanan diskon besar-besaran untuk pembelian pertama. Pastikan temans juga mengetahui harga normal biaya tahunan agar tidak kaget saat akan memperpanjang hosting.

Sekarang banyak lho penyedia hosting yang memberi diskon besar-besaran untuk pembelian pertama dengan layanan premium dan kapasitas penyimpanan nesar abhkan unlimited. Harga itu ditawarkan misalnya Rp360 ribu per tahun. Ini tentu saja murah. Namun ternyata harga normalnya adalah Rp890 ribu. Nah itu artinya untuk perpanjangan selanjutnya temans harus membayar Rp 890 per tahun. J

Jadi pastikan dari awal teman mengetahui harga dasar untuk paket hosting yang dipilih.

 

  1. Track Record penyedia layanan

Penting mengetahui track record penyedia layanan hosting yang dipilih. Salah satunya caranya dengan melihat siapa saja klien besar yang selama ini sudah mereka tangani. Bila penasaran dengan kualitas hostingnya silakan klik website klien mereka lalu perhatikan kecepatan loadingnya.

 

  1. Layanan yang disediakan

Biasanya penyedia layanan hosting terpecaya akan memberikan beragam layanan pada penggunanya. Misalnya layanan website builder atau bantuan migrasi blog/domain. Nah, pastikan teman menggunakan penyedia hosting yang bisa membantu banyak hal.

Terkait dengan layanan ini juga perhatikan ya apakah penyedia hosting menyediakan upgrade hosting dan bantuan teknis.

 

Ada ga sih penyedia hosting berkualitas, terpercaya namun memberikan harga murah?

Nah ini dia. Lumrah saja kalau kita sebagai user maunya menang banyak ya. Ingin harga murah tapi performa maksimal. Bila temans membutuhkan ini tidak perlu khawatir, sekarang tak sulit menemukan hosting murah, namun berkualitas dan terpercaya.

Salah satu penyedia hosting yang direkomendasikan banyak pihak adalah hosting di Niagahoster. Niagahoster adalah penyedia layanan web dan hosting murah terbaik di kelasnya. Niagahoster merupakan layanan web hosting Indonesia terbaik dengan fitur hosting lengkap. support terbaik dan datacenter tier 4 yang canggih.

 

 

Buat temans yang mau mencoba menjadi pengguna Niagahoster akan mendapatkan domain gratis selamanya, garansi harga murah, uptime 99.9% serta garansi 30 hari uang kembali. Jadi bisa dicoba dulu selama 30 hari, kalau cocok bisa dilanjutkan. Dengan menjadi user di Niagahoster kita akan menikmati teknologi hosting IIX terbaik untuk kebutuhan CMS dan Website PHP.

Dengan menjadi pengguna layanan hosting di Niagahoster, temans bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Ada apa saja?

Berikut keuntungan dan kelebihan menggunakan hosting dari niagahoster

 

Menarik sekali bukan temans. Kalau menurut saya, untuk pengguna terutama awam kita memang sangat memerlukan penyedia hosting yang menjamin server yang cepat. Untuk CS juga menarik karena bisa dikontak kapan saja. 24 jam untuk 7 hari penuh. Apalagi bisa coba gratis 30 hari dan jaminan uang kembali jika merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan.

 

 Bagaimana dengan harga?

Yess. Soal harga ini memang bagian penting yang perlu jadi perhatian. Dan menurut saya harga yang ditawarkan Niagahoster sangat kompetitif. Apalagi bila melihat kapasitas yang berikan. Selain itu yang menarik adalah pengguna akan mendapatkan gratis domain selamanya untuk semua paket hosting kecuali paket bayi. Menarik kan?

Paket domain gratis selamanya ini menurut saya sangat membantu. Karena kalau harus bayar biasanya butuh sekitar Rp120 ribu hanya untuk perpanjangan domain. Nah kalau sudah free selamanya jadi nanti bayar tahunannya hanya untuk hosting saja. Asyik kan.

Untuk lebih jelas, berikut paket hosting yang bisa temans pilih di Niagahoster.

harga paket yang tersedia di Niagahoster

 

Apa saja layanan web hosting yang disediakan Niagahoster?

  1. Shared Hosting

Shared hosting unlimited merupakan layanan hosting Niagahoster yang paling laris. Niagahoster menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk paket ini, mulai dari Rp 19.800,- per bulan.

2. Website Instan

Siap membuat website sendiri namun masih buta soal teknis? Anda bisa memanfaatkan layanan Website Instan Niagahoster. Hanya dengan Rp 67.800,- per bulan Anda bisa memiliki website yang langsung live. Tinggal order, bayar, dan aktif!

3. VPS

Selain hosting murah unlimited, Niagahoster juga memiliki paket Virtual Private Server (VPS). Di sini Anda memiliki keleluasaan membangun website sendiri hingga level konfigurasi teknis servernya. Paket VPS Niagahoster ini bisa Anda dapatkan mulai Rp 134.000,- per bulan.

 

Well, bagaimana temans? Siap mencoba keseruan dengan membuat website self hosting di Niagahoster? Silakan kunjungi situsnya di www.Niagahoster.co.id ya buat yang tertarik.

kelebihan niagahoster

Oiya, buat temans yang sudah punya website self hosted dan ingin  migrasi ke Niagahoster juga bisa lho. Tim Niagahoster akan membantu untuk transfer hosting.

Caranya, temans hanya perlu mengisi formulir, kemudian permintaan transfer akan kami proses secepatnya. Sssttt, buat temans yang akan melakukan transfer hosting ke layanan Niagahoster akan mendapatkan diskon hingga 50%!

Wowww…

Selamat mencoba ya temans.

Semoga ngeblognya makin bersemangat dan lancer.

 

 

 

 

21 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *