Gitar Listrik yang Bikin Penasaran

Sabtu kemarin, saya dan keluarga akhirnya memutuskan untuk mengajak Bintang dan Azizah main ke luar. Rencananya mau mengajak mereka main ke taman. Namun karena sepanjang hari hujan, kami pun akhirnya memilih pergi makan dan hangout ke Citywalk di kawasan Lippo Cikarang.

Sejak pindang ke Cikarang, kami memang belum pernah mampir ke sana. Biasanya Cuma main ke Mall Lipo saja. Nah, pas kemarin sampai di sana, Bintang sangat antusias. Zizi apalagi. Si kecil yang masih melancarkan jalannya langsung semangat menjelajah.

Nah ketika lewat di salah satu restoran Bintang sempat berhenti. Awalnya saya cuekin saja. Namun karena ia terlihat antusias akhirnya saya mendekat. Rupanya Bintang tertarik dengan gambar sebuah Gitar Listrik yang dipajang. Seketika saya teringat dengan adik saya. Dulu ketika masih sekolah, dia sangat suka main gitar listrik. Bahkan ia sempat bermimpi dan berencana segera punya gitar yang punya lengkingan khas ini.

Ya memang. Meski sama-sama dipetik, gitar listrik punya suara lengkingan yang khas dan berbeda dari gitar biasa. Menurut saya, bunyinya yang khas inilah yang membuat gitar listrik sering menjadi musik pengiring utama dalam sebuah pertunjukan. Karena kekhasan suara yang dihasilkan itu pula, maka harga gitar listrik lebih mahal dibanding gitar akustik biasa.

Mencari gitar listrik di pasaran sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Apalagi sekarang juga ada yang menjual dengan harga second. Eitss, bukan berarti sudah second,  kualitasnya jelek lho. Banyak juga gitar listrik yang dijual second tetapi dengan harga yang bagus.

Bila dilihat dari harga, gitar listrik yang mahal belum tentu akan lebih bagus dibanding gitar listrik yang murah. Menurut adik saya, yang terpenting dari sebuah gitar listrik adalah perawatannya.

Sebenarnya bagaimana ya cara perawatan gitar listrik supaya awet dan tetap menjaga kualitas. Dari hasil ngobrol-ngobrol dengan adik berikut beberapa tips yang bisa dilakukan

  1. Setelah dipakai, khususnya di luar ruangan, bersihkan seluruh bagian gitar, terutama body. Debu-debu yang menempel jika tak segera dibersihkan akan terlihat kusam. Semakin lama warna body juga akan berubah. Cara membersihkannya juga sangat mudah. Cukup dengan melapnya kain kering atau handuk basah Lap seluruh permukaan hingga benar-benar berkilau bersih.
  2. Untuk bagian gitar yang terbuat dari bahan logam, jangandibersihkan menggunakan air, karena dapat memicu korosi. Bagian logam bisa dibersihkan dengan menggunakan minyak goreng atau minyak khusus yang mampu melicinkan permukaan gitar.
  3. Jika kita tak akan menggunakan gitar dalam beberapa waktu, sebaiknya lepas semua senar. Senar yang dibiarkan dalam keadaan  kencang berpotensi menyebabkan leher gitar menjadi melengkung karena terus menerus ditarik. Jadi selain direnggangkan kita bisa melepas senar untuk beberapa waktu. Kemudian simpan deh gitarnya di tempat yang aman.
  4. Saat pemasangan senar kembali, pasang secara seragam sesuai dengan posisinya sehingga membuat kita lebih nyaman menggunakannya. Sesuaikan tingkat kekencangan dengan tepat agar suara yang dihasilkan juga lebih bagus.
  5. Jangan menyimpan dengan cara menyandarkan gitar di tempat yang keras atau tajam karena dapat menggores permukaan gitar tersebut.
  6. Cara menyimpan yang tepat adalah dengan memasukkan gitar pada softcase atau hardcase. Bagi temans yang ingin memajangnya juga bisa dengan membeli sandaran khusus agar Nampak lebih cantik. Gitar yang dipajang harus sering dibersihkan karena ia akan mudah terkena debu. Berbeda jika temans memasukkannya dalam softcase, maka akan selalu bersih.

Bagaimana temans, mudah bukan perawatannya? Dengan begitu gitar listrik yang kita punya akan lebih awet dan menghasilkan suara yang berkualitas. Bagi temans yang ingin membeli harga gitar listrik murah, jangan khawatir masalah ketahanan, karena dengan penggunaan dan perawatan yang tepat maka ia akan awet

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.