Menemukan Inspirasi dari 11 Penerima Satu Indonesia Award 2020

 

Pandemi boleh jadi membuat ekonomi dan setengah denyut kehidupan melambat, dan mungkin berhenti di beberapa tempat. Namun, di tangan para penerima Satu Indonesia Award ke-11, segala daya dan karya terus berjalan untuk memaksimalkan potensi, bergerak membangun negeri.

Yup, seperti tahun sebelumnya, PT Astra Internasional Tbk kali ini kembali menggelar Satu Indonesia Award, sebuah penghargaan yang didedikasikan untuk menjaring anak muda kreatif dan inovatif yang bergerak tanpa pamrih untuk berjuang demi kemajuan masyarakat di sekitarnya. Tahun ini, selain mencari sosok pemuda inspiratif di bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan teknologi, ASTRA  juga mecari sosok pemuda pejuang pandemi.

Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, yang juga menjadi salah satu tim juri mengatakan bahwa meski di tengah pandemi, para juri melihat para pemuda terpilih tetap bersemangat berkarya dan berinovasi. Bahkan, selama pandemi ini, para pemenang bisa membuat juri terenyuh karena perjuangan yang tak mengenal lelah.

“Selama masa penjaringan kami para juri kadangkala merasa tersentuh dan terharu karena ternyata di banyak daerah masih banyak pemuda yang berjuang dalam diam terus bergerak membawa perubahan pada lingkungan mereka,” ujar Boy dalam awarding penerima anugerah Satu Indonesia Award yang diselenggarakan secara virtual pada 31 Oktober 2020 lalu.

Menurut Boy, tahun ini ASTRA juga menjaring kategori khusus yaitu pejuang pandemi untuk memberi apresiasi kepada anak muda yang turut menjadi garda terdepan dalam perjuangan melawan penyebarana virus Corona. Menurut dia, hamper semua peserta yang mendaftar telah menunjukkan dedikassi yang luar biassa dalam membantu melawan pandemi.

“Astra berharap SATU Indonesia Awards dapat melahirkan banyak „intan-intan bangsa yang dapat memancarkan cahaya positif generasi muda untuk menjadi inspirasi bagi masyarakat luas dan bergerak bersama menerangkan masa depan Indonesia,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam sambutannya saat penyerahan apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 yang diadakan secara virtual.

Semangat keenam penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 yang turut memajukan Indonesia melalui lima bidang kontribusi sosial berkelanjutan Astra, adalah:

  1. Mariana Yunita Hendriyani Opat “Pengedukasi Hak Kesehatan Seksual Anak” (bidang Kesehatan – Nusa Tenggara Timur).
  2. Eklin Amtor de Fretes “Pendongeng Kreatif untuk Anak Maluku” (bidang Pendidikan – Maluku).
  3. Rizki Hamdani “Penggagas Kelompok Santri Tani Milenial” (bidang Lingkungan – Jawa Timur).
  4. Elsa Maharani “Penjahit Asa Perempuan Dari Kota Padang” (bidang Kewirausahaan – Sumatra Barat).
  5. I Gede Merta Yoga Pratama “Pelacak Ikan Berbasis Navigasi” (bidang Teknologi – Bali).
  6. Muhammad Aria Yusuf “Pendamping Petani Berbasis Teknologi” (bidang Teknologi – DKI Jakarta) untuk kategori kelompok.

Dewan juri juga menjaring 326 finalis untuk kategori khusus yaitu pejuang tanpa pamrih di masa pandemi COVID-19. Tidak hanya berkontribusi di bidang kesehatan, para finalis kategori khusus tersebut juga bergerak di bidang pendidikan, kewirausahaan, serta teknologi.

Tentunya dengan misi berjibaku melawan pandemi COVID-19, terpilih lima penerima apresiasi dengan kategori khusus, yakni:

  1. Arya Ananda Indrajaya Lukmana “Pendeteksi Risiko COVID-19 Lewat Aplikasi EndCorona” (Banten).
  2. Galih Suci Pratama “Perangkul Guru Majukan Kualitas Pembelajaran” (Jawa Tengah).
  3. Ika Dewi Maharani “Sang Garda Terdepan COVID-19” (Jawa Timur).
  4. Revo Suladasha “Penggandeng UMKM Kuliner Yogyakarta” (DI Yogyakarta).
  5. Zulrifan Noor “Pemberdaya UMKM Lokal Lewat Zakat” (Kalimantan Selatan).

Kolaborasi Majukan Negeri

Bagi Astra, penghargaan Satu Indonesia Award yang diberikan kepada 11 pemuda terpilih diharapkan bisa menjadi katalisator untuk bergerak lebih maju.. Astra berharap semangat dan kerja keras mereka juga menjalar pada pemuda lainnya untuk bergerak maju.

Tiap-tiap penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 akan mendapat dana pembinaan Rp60 juta dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra seperti Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra.

Selain memberikan penghargaan pada kesebelas penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional, Astra juga menetapkan 81 penerima apresiasi tingkat provinsi. Dengan begitu  jumlah penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan provinsi secara keseluruhan mencapai 70 dan 327 orang pada tahun ini.

Terpilih juga salah satu finalis favorit dari 23 finalis, yaitu I Gede Merta Yoga Pratama “Pelacak Ikan Berbasis Navigasi” (bidang Teknologi – Bali). Pemilihan dilakukan melalui voting yang telah diadakan tanggal 5 hingga 11 Oktober 2020 melalui www.satu- Indonesia.com/sia2020vote. Untuk penerima finalis favorit terpilih berhak mendapatkan dana pembinaan tambahan sebesar Rp10 juta.

 

Bincang Inspiratif AstraTalk

Rangkaian 11th SATU Indonesia Awards 2020 diakhiri dengan kegiatan AstraTalk, sebuah bincang inspiratif dengan empat segmen yang mengangkat tema cerita kontribusi kesebelas penerima apresiasi bersama para dewan juri, yaitu:

Segmen pertama dengan tema Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi dihadiri oleh para juri SATU Indonesia Awards, yakni Prof. Emil Salim, Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia, dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Segmen selanjutnya dengan tema Lingkungan dan Kewirausahaan dihadiri oleh para juri SATU Indonesia Awards, yakni Ir. Tri Mumpuni, pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), dan Pendiri Young On Top Billy Boen.

Segmen ketiga dengan tema Teknologi dan kelompok dihadiri oleh para juri SATU Indonesia Awards, yakni Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk Toriq Hadad dan pakar teknologi informasi Onno W. Purbo Ph.D.

Segmen penutup dengan tema Pendidikan dan Kesehatan dihadiri oleh Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Nila Moeloek dan Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Universitas Negeri Jakarta Prof. Fasli Jalal, dan pegiat seni Dian Sastrowardoyo.

Setelah rangkaian Satu Indonesia Award berakhir, kini saatnya Astra mengundang para blogger dan jurnalis untuk mengikuti Anugerah Pewarta Astra. Lewat event ini Astra mengajak jurnalis  dan blogger dari seluruh Indonesia untuk berbagi cerita dan menggali inspirasi dari penerima Satu Indonesia Award 2020. 

Event Anurgerah Pewarta Astra akan ditutup pada 31 Desember 2020. 

Add a Comment

Your email address will not be published.