5 Langkah Alami Menghilangkan Jerawat Membandel

Cara usir jerawat
Cara usir jerawat

 

Perawatan jerawat dengan bahan niacinamide, asam salisilat dan benzoil peroksida menjadi solusi efektif untuk mengatasi jerawat.

Namun, karena jenis kulit yang berbeda-beda, membuat orang kadang berpikir bahwa produk tersebut mungkin tidak cocok dengan jenis kulit. Hal ini menjadi alasan kenapa banyak orang memilih menyembuhkan secara alami yang lebih aman.

Biasanya, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

1. Oleskan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel terbuat dari apel yang difermentasikan atau jus tanpa filter dari apel yang press dan diambilnya airnya. Seperti cuka lainnya, bahan alami yang satu ini dikenal secara ampuh dalam melawan banyak jenis bakteri dan jamur.

Hal ini dibuktikan dengan studi tahun 2013 yang dimuat di National Library of Medicine US bahwa cuka sari apel mengandung asam organik, seperti asam sitrat, yang ampuh untuk membunuh acnes. Bakteri tersebut akan menekan adanya inflasi yang terjadi dan mencegah jaringan parut

Sementara itu menurut studi yang dilakukan sciencedirect.com, asam laktat dalam cuka sari apel, juga dapat memperbaiki penampilan bekas jerawat. Dengan sederet penelitian tersebut, komponen cuka sari apel dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dengan pengaplikasian yang tepat dan tidak berlebihan.

2. Memanfaatkan Tea Tree Oil

Tea Tree oil menjadi salah satu minyak esensial yang diekstrak dari bahan alami karena kaya akan kandungan baik. Bahan alami yang satu ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi inflamasi pada kulit.

Tak berhenti sampai di situ saja, studi kecil lainnya menemukan bahwa dibandingkan dengan benzoil peroksida, penggunaan tea tree oil untuk jerawat menunjukkan lebih sedikit kulit kering dan iritasi (J Cosmet Dermatol, 2019).

Tea tree oil dapat menjadi pengganti yang efektif jika dibandingkan dengan obat kimia dan obat oral yang dapat mengalami resistensi jangka panjang.

3. Perawatan Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang ampuh untuk mengurangi peradangan jerawat pada kulit. Jika kamu memperhatikan penggunaan lidah buaya rutin secara rutin, maka bahan ini menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami yang ampuh.

Untuk penggunaannya, cukup gunakan masker gel lidah buaya, biarkan 30 menit dan bilang air hangat. Bila tidak ingin repot, kamu bisa membeli produk masker wajah melalui situs ecommerce kecantikan lokal BeautyHaul yang memberikan solusi terbaik dalam setiap produk perawatan kulit wajah.

4. Mengoleskan Bawang Putih

Seperti yang dilansir pada jurnal NCBI, bawang putih mengandung zat sulfur yang cukup kaya. Kandungan yang satu ini dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat secara tepat dan cepat.

Untuk mengaplikasikannya, cukup potong potong bawang putih menjadi kecil, lalu tempelkan pada jerawat dan diamkan selama 15 menit. Sebagai langkah akhir, bilas menggunakan air bersih.

5. Mengoleskan Madu

Madu kaya akan flavonoid dan antioksidan, sehingga mampu mengurangi iritasi dan meredakan jerawat (healthline.com). Bahan alami yang satu ini menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami yang paling banyak dipilih oleh banyak orang.

Caranya kamu bisa mengaplikasikan madu di wajah secara merata. Kemudian, tunggu beberapa menit sebelum akhirnya membilasnya. 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.