Apa Saja Manfaat Vitamin A untuk Kucing?

Manfaat Vitamin A untuk Kucing

 

Sebenarnya, makanan hewan seperti makanan kucing sudah dibuat khusus agar bisa memenuhi segala nutrisi yang memang dibutuhkan oleh kucing Anda untuk berkembang. Akan tetapi, tidak semua produsen membuat makanan kucing dengan formula yang sama.

Setiap merk makanan kucing memiliki variasi kandungan bahan yang berbeda beda, maka dari itu sangat penting untuk Anda memilih makanan kucing dengan baik dan teliti. Akan tetapi, selain makanan dengan memberikan vitamin juga sangat dibutuhkan kucing. Terlebih, kalau kucing Anda memiliki kondisi di mana tubuhnya membutuhkan tambahan suplemen vitamin karena tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan.

Pentingnya Vitamin untuk Kucing

Suplemen vitamin kucing terbaik diberikan untuk memperbaiki kondisi kucing yang kekurangan nutrisi misalnya kucing peliharaan Anda memiliki kondisi di mana tidak mampu menyerap nutrisi tertentu sehingga pemberian vitamin ini sangat dibutuhkan.

 

Manfaat Vitamin A untuk Kucing

Salah satu vitamin yang memiliki manfaat bagus untuk kucing adalah vitamin A, tentu dengan batas dosis yang dianjurkan. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin A untuk kucing Anda:

  • Menjaga Kesehatan Mata Kucing

Salah satu manfaat vitamin a yang utama adalah untuk menjaga kesehatan mata kucing. Vitamin a sangat dibutuhkan agar kucing dapat melihat dengan jelas keadaan disekitar mereka seharu hari. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin a juga berfungsi sebagai pelindung dari berbagai penyakit serta membantu menyembuhkan kalau kucing Anda menderita penyakit yang menyangkut mata.

  • Antioksidan

Vitamin A pada kucing juga berfungsi sebagai antioksidan karena vitamin ini mengandung beta karoten yang mampu mengusir radikal bebas sehingga kucing bisa terbebas dari kuman dan membuat tubuhnya selalu sehat dan bugar tidak mudah terserang penyakit ataupun terinfeksi.

  • Mencegah Penyakit Kulit

Pada dasarnya kucing pasti suka pergi keluar luar dan kontak dengan kucing lain yang memiliki penyakit kulit pada tubuhnya. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena dengan memberikan vitamin A ini, tertularnya penyakit kulit pada kucing kesayangan Anda dapat diminimalkan karena vitamin A akan menjaga kulit dan tubuh kucing dari kuman sehingga dapat menangkal kuman yang menyentuhnya.

  • Menebalkan Bulu Kucing

Salah satu alasan kucing bisa memiliki bulu yang tebal dan panjang adalah karena memiliki kulit yang sehat. Dengan memberi vitamin A, kulit kucing akan ternutrisi dengan baik, menebalkan bulu, dan mampu mencegah kerontokan.

  • Kontrol Infeksi

Vitamin A pada kucing bekerja sebagai stimulan untuk pertumbuhan sel darah putih, sehingga kalau penyakit karena terinfeksi kuman, itu dapat diminimalkan agar tidak sampai menjadi penyakit yang serius karena sel darah putih mampu untuk mencegah hal tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Tulang Kucing

Asam retinoat yang terkandung pada vitamin kucing memainkan peran yang cukup penting  sebagai perawatan sehari hari kucing di mana vitamin A dapat menutrisi tulang pada kucing sehingga dapat memperkuat aktivitas sehari hari dan membuat tulang tidak mudah rapuh. Selain itu, untuk kucing kecil yang masih kecil, pemberian vitamin A ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang.

  • Memperkuat Gigi Kucing

Memiliki kondisi gigi yang kuat tentu akan sangat berguna untuk kucing karena gigi tersebut berfungsi untuk mengoyak makanan dan sebagai proteksi diri ketika kucing sedang bertarung atau bermain sesuatu. Dengan pemberian vitamin A yang teratur akan membuat gigi kucing menjadi sehat dan kuat.

Itulah sederet manfaat vitamin A untuk kucing. Jika Anda cat people, tidak ada salahnya melengkapi asupan nutrisi anabul dengan menyiapkan vitamin A baginya. Bahkan, jenis vitamin lain juga bisa dipertimbangkan untuk diberikan kepadanya sesuai anjuran pakai yang tertera. 

Ada banyak pilihan vitamin kucing, misalnya seperti yang direkomendasikan pada salah satu artikel di situs Pickybest.id. Anda bisa memilih salah satunya, dari mulai merek WookuWooku, iCatLabs, atau Dorwest Keeper’s yang bisa dikonsumsi oleh kucing dan anjing.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.