Mau Sewa Apartemen? Jangan Lupa Pastikan 3 Hal Ini

 sewa apartemen

Tinggal di apartemen sepertinya makin trend di kalangan masyarakat perkotaan ya temans. Ada yang karena kebutuhan ada juga untuk memenuhi gaya hidup.

***

Sewa Apartemen ini menjadi semakin marak lantaran semakin pesannya pembangunan apartemen. Tak hanya di Ibu Kota, di kota penyangga Jakarta seperti Depok, Serpong, Bekasi dan kota besar lain seperti Bandung, Surabaya, dan Meda, sudah banyak apartemen bermunculan.

Selain untuk tempat tinggal, ada juga yang membeli apartemen untuk sekadar investasi. Memang sih kalau dipikir, berinvestasi di bidang properti ini selalu menjanjikan apalagi dengan harga properti yang terus naik. Sekitar dua tahun lalu saya masih menemukan harga apartemen di daerah Jakarta dengan harga di bawah Rp 200 juta. Sekarang sudah tidak ada. Harga apartemen senilai itu hanya ada di pinggiran Jakarta.

Selain membeli, banyak juga orang yang tinggal di apartemen sekarang dengan cara menyewa. Banyak kok jenis apartemen yang disewakan. Mulai dari yang sederhana, sampai yang punya fasilitas super komplit.

Sebelum memilih apartemen, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

  1. Harga Sewa

Eits tapi jangan salah teman. Semakin banyak fasilitas yang disediakan sebuah apartemen biasanya berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Meskipun harga sewanya relatif sama tetapi juga ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan penyewa pada pengelola apartemen. Misalnya biaya listrik.

Besarnya biaya sewa dan biaya lain-lain ini perlu jadi catatan untuk tidak memasakan diri ya. Jangan pernah memaksakan diri untuk memiliki apartemen mewah dengan harga sewa selangit. Cukup apartemen yang bisa mengakomodasi kebutuhan kita untuk beristirahat di dalamnya.

Memang masing-masing orang memiliki pandangan berbeda terkait jenis apartemen yang ingin disewa. Untuk sosialita bisa jadi butuh apartemen dengan segala kemewahan dan fasilitas yang lengkap.

  1. Aturan

Selain memperhatikan harga , aturan-aturan dalam menyewa juga perlu diperhatikan. Meski apartemen jangan kira ya kita bisa seenaknya. Di manapun berada tetap saja ada aturan dan penting menjaga hubungan baik dengan tetangga. Aturan biasanya dibuat oleh pemilik apartemen dan pengelola berkaitan dengan hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Misalnya ada pemilik apartemen yang melarang penghuninya memelihara hewan. Ada juga yang melarang merokok di dalam apartemen dan hanya diperbolehkan di areal yang telah disediakan. Bagaimanapun sebelum kita menyewa suatu apartemen perlu menanyakan perihal aturan ini agar sama-sama enak. Penyewa enak dan yang menyewa juga nyaman tinggal.

  1. Iuran Tambahan

Selain membayar biaya sewa, penghuni apartemen juga dibebankan biaya tambahan berupa iuran bulanan. Misalnya iuran sampah, kebersihan dan pemeliharaan gedung dan kamar apartemen. Juga ada iuran untuk keamanan.

Karena itu sebelum memutuskan menyewa apartemen, pastikan temans juga sudah mengetahui total seluruh iuran yang harus dibayar di luar biaya sewa. Dengan begitu kita akan lebih mudah menghitung apakah seluruh biaya yang harus dikeluarkan masih cocok dengan pemasukan yang diterima.

Jangan sampai kita terjebak membeli apartemen karena melihat fasilitas yang disediakan di dalamnya tetapi nantinya seluruh pendapatan hanya habis untuk membayar sewa apartemen perbulan.

Agar tidak terjebak temans perlu mencari lebih banyak referensi bisa dengan browsing di internet untuk mencari apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Selamat mencari apartemen ya. Semoga dapat yang cocok dan di hati dan pas di kantong. 🙂

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *