Menangkap Peluang Gurihnya Bisnis Jual Rumah Kos

young-691228_1280

Temans, kalau bicara soal bisnis dan investasi gak pernah ada habisnya ya. Sebab keinginan untuk punya penghasilan besar selalu menggoda. Apalagi sekarang semakin banyak wahana yang bisa dipakai untuk berbisnis dan menghasilkan uang halal. 🙂

Soal investasi ini, investasi di bidang  properti termasuk yang menjanjikan lantaran harga jual yang terus naik. Salah satunya bisnis jual rumah kos terutama di Jakarta.

Seiring bertambahnya waktu, Jakarta makin tumbuh menjadi kota yang tak lagi sebagai Ibu Kota. Jakarta menjelma menjadi kota urban dengan tingkat migrasi yang tinggi. Pertambahan penduduk Jakarta yang pesat membuat kebutuhan akan rumah hunian terus meningkat.

Migrasi yang tinggi ini membuat peluang usaha hunian di Jakarta semakin besar. Bukan hanya hunian rumah biasa. Kini, usaha bisnis rumah kost di Jakarta pun makin menarik karena kebanyakan orang yang datang ke ibu kota Jakarta belum semuanya berkecukupan untuk membeli rumah.

Alasan utama mengapa lebih banyak masyarakat yang memilih tinggal di rumah kosan adalah karena rumah dijual di jakarta memiliki harga yang sangat tinggi. Para pendatang yang baru tiba tentu akan terkejut dengan harga jual yang tinggi tersebut.

Rumah kosan merupakan pilihan utama bagi pendatang karena selain harganya murah juga lebih mudah dan efisien karena bisa meninggalkannya kapan saja jika memang akan kembali ke kampung halaman. Peluang besar yang ada pada transaksi jual beli rumah kost di jakarta inilah yang membuat bisnis jual rumah kost menjadi menarik.

Bukan hanya menyewakannya, rumah dengan type rumah kost juga memiliki harga jual yang cukup tinggi. Agar nilai jual rumah kos makin tinggi ada baiknya temans memperhatikan hal berikut.

1. Perbanyak Jumlah Kamar

Bila ingin menjual rumah kost usahakan kamar yang tersedia cukup banyak. Bila masih ada tanah kosong maksimal itu. Pembeli rumah kos biasanya lebih senang berinvestasi pada rumah kos dengan jumlah kamar yang banyak karena akan mendatangkan lebih banyak penyewa.

Semakin banyak kamar yang terdapat pada rumah kost tersebut maka harga jualnya pun semakin tinggi karena nanti akan semakin memperbesar passive incomenya.

2. Tawarkan dengan harga jual pantas

Sebelum menjual rumah kos lakukan dulu riset pasar. Survei ke beberapa rumah kos sejenis agar tahu berapa nilai jual yang diterima pasar. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga membuat calon pembeli enggan bertanya. Dan jangan pula sampai kerendahan karena akan rugi sendiri. 🙂

3. Pastikan kondisi dan fasilitas rumah kos dalam keadaan baik

Sebelum dijual ada baiknya periksa dulu kondisi rumah kos. Bila ada sudut yang perlu perbaikan jangan sungkan memperbaikinya. Kondisi rumah kos yang bersih nyaman dan terawat akan membuat calon pembeli lebih mudah jatuh hati. Kalau sudah suka biasanya pembeli tak akan susah dilobi untuk mendapatkan deal harga.

Bagaimana temans? Tertarik berinvestasi untuk bisnis properti dan jual beli rumah kos? Kalau punya cukup uang tak ada salahnya lho dicobain. 🙂

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.