Perkembangan Hijab di Indonesia dari Masa ke Masa

Perkembangan hijabPengenaan hijab sebagai salah satu kewajiban bagi seorang wanita muslimah yang sudah baligh tentunya menjadi hal yang sering kita lihat dalam keseharian dilingkungan sekitar kita. Terutama biasa kita lihat dalam berbagai kegiatan seperti pelajar yang sekolah, para mahasiswi ataupun mereka yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan.

Akan tetapi sebelum pengenaan hijab yang sering kita lihat sekarang ini pada awal perkembangannya justru pernah mengalami pelarangan di negara kita. Secara garis besarnya berikut ini perkembangan hijab dari masa ke masa di Indonesia.

Awal pertama adanya pengenaan hijab di Indonesia bisa dilihat pada masa kerajaan terutama di daerah Aceh. Hal ini bisa dilihat dari pakaian seorang ratu kerajaan Aceh yang sudah mengenakan pakaian hijab sebagai pakaian kebesarannya, sehingga menjadi bukti akan adanya hijab untuk wanita muslimah pada jaman tersebut.

Setelah hijab berkembang pada berbagai kerajaan Islam di nusantara, hijab selanjutnya berkembang pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Ini bisa dilihat dari adanya pergerakan perempuan yang mengikuti berbagai kegiatan dalam usaha kemerdekaan negara. Walaupun hijab yang dikenakan hanya berupa selendang yang di pakai dikepala tetapi hal ini sudah menjadi salah satu bukti akan adanya hjab dalam kesehariannya.

Perkembangan dalam pemakaian hijab pernah mengalami pelarangan di negara yang mayoritas muslim ini, yaitu sekitar tahun 70 sampai 80an. Hal ini dipicu dengan adanya pelarangan semua wanita muslim dalam mengenakan hijab ke sekolah.

Apalagi dengan adanya ancaman hukuman berupa dikeluarkan dari sekolah. Adanya pelarangan ini tentunya menimbulkan berbagai penolakan khususnya dari para pelajar yang melakukan berbagai aksi penolakan akan peraturan dalam pengenaan hijab dengan turun ke jalan.

Perjuangan yang tidak mengenal lelah menjadikan peraturan hukum yang dibuat akhirnya batal dilakukan dengan mencabut peraturan akan pengenaan jilbab yang dilakukan. Dengan ini pelarangan akan pemakaian hijab saat ke sekolahpun tidak jadi dilakukan dan membuat para muslimah kembali bebas mengenakan hijabnya.

Hingga saat ini pemakaian hijab di Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat, apalagi di tahun 2000an sekarang ini berbagai model dalam pakaian hijab menjadi semakin banyak tersedia di hijup.com. Hal ini didukung dengan banyaknya desainer muda dalam menambah keragaman busana hijab di Indonesia.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *