Menimbang Plus Minus Menitipkan Anak di Daycare

ilustrasi : keceriaan anak

 

Mama saat ini sedang sibuk dan tidak sempat mengurus anak? Mama kepikiran untuk menitipkan anak ke daycare? Tunggu dulu, Mama perlu untuk mengetahui efek positif dan negatif yang akan terjadi jika menitipkan anak ke daycare. Selain itu Mama juga bisa mengikuti tips memilih daycare agar tidak menyesal setelah mengambil keputusan tersebut.

Banyak dari Mama yang lebih memilih menitipkan anak ke daycare saat tidak memiliki babysitter. Hal ini memang menjadi solusi yang menarik terutama bagi Mama yang sibuk bekerja. Meskipun demikian, Mama harus tetap memahami apa yang dibutuhkan anak serta mengetahui efek negatif dan positif yang mungkin saja terjadi.

Sebenarnya menitipkan anak ke daycare bukanlah keputusan yang salah. Pada kenyataannya, menitipkan anak tidak selalu memberikan dampak buruk. Berdasar tips memilih daycare, Mama harus mencari tempat penitipan yang tepat dan juga mempertimbangkan secara serius mengenai dampak masa depan baik bagi si kecil maupun bagi Mama Papa sendiri.

Dampak Menitipkan Anak di Daycare

Menitipkan anak di daycare ternyata memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Sebenarnya Mama tidak perlu khawatir, karena dampak negatif menitipkan anak tidak selalu mengkhawatirkan. Hanya saja, bagi sebagian orang memang memiliki rasa khawatir jika nantinya anak mengalami hal-hal yang kurang baik selama di daycare.

Efek Negatif Menitipkan Anak di Daycare

Rasa khawatir dan ragu yang Mama rasakan ketika akan menitipkan anak di daycare adalah hal yang wajar. Setiap orangtua ingin memberikan waktu terbaik untuk anaknya. Namun apabila Mama memiliki tanggung jawab seperti harus bekerja, menitipkan anak adalah jalan yang bisa diambil.

Menitipkan anak di daycare memang memiliki efek negatif. Beberapa efek negatif yang bisa terjadi antara lain:

1. Anak Menjadi Nakal

Salah satu hal yang sangat Mama khawatirkan adalah jika anak menjadi nakal. Mama bisa menghindarkan anak menjadi nakal dengan memilihkan daycare yang berkualitas dan memiliki kejelasan dalam pendidikan anak selama dititipkan di sana.

Anak bisa saja menjadi nakal jika bertemu dengan teman-teman yang kurang baik. Pastikan jika daycare yang Mama pilih adalah tempat penitipan yang mengajarkan akan sopan santun serta perilaku yang baik.

2. Tertular Penyakit

Siapa sih yang tidak khawatir jika ternyata anaknya tertular penyakit setelah dititipkan di daycare?  Ketika anak sakit, Mama tentu merasa sangat sedih dan bahkan bisa saja menyalahkan diri sendiri. Jika anak dititipkan di daycare yang memiliki aturan jelas terutama bagi anak yang sedang sakit, Mama tidak perlu merasa khawatir lagi.

3. Anak Menjadi Manja

Kurangnya waktu terhadap orang tua juga bisa menyebabkan anak menjadi manja. Mama harus siap-siap dengan hal ini, jangan sampai Mama justru memperparah sifat manja si kecil ya!

Perasaan bersalah Mama Papa dapat membuat si kecil terlalu dimanjakan. Memberikan rasa sayang kepada anak memang hal yang sangat penting, namun tetap ajari anak untuk berlatih mandiri ya Ma. Anak yang terlalu manja sangat tidak baik untuk masa depan mereka. Jangan sampai Mama menyesal karena terlalu memanjakan si kecil.

makan bersama menjadi momen untuk tranfer nilai

Efek Positif Menitipkan Anak di Daycare

Mama perlu tahu jika ternyata menitipkan di daycare juga bisa memberikan efek positif bagi si kecil lo Ma! Ini adalah beberapa efek positif yang akan didapatkan jika si kecil dititipkan di daycare:

  1. Menumbuhkan Empati

Anak yang dititipkan di daycare bisa berlatih empati karena bertemu dengan banyak teman. Mama bisa mengikuti tips memilih daycare. Hal ini agar nantinya anak dapat dititipkan di tempat yang memiliki responsibility tinggi kepada setiap orang tua yang menitipkan anak.

  1. Belajar Bersosialisasi

Di daycare, si kecil bisa bersosialisasi dengan banyak teman lo, Ma. Mereka tidak akan kesepian karena bertemu dengan teman yang seumuran. Dengan bertemu banyak orang, anak-anak akan terlatih bersosialisasi sehingga memiliki rasa percaya diri yang baik.

  1. Memiliki Daya Saing

Mama dan Papa tentu ingin anaknya mampu bersaing dengan baik di masa depan. Menitipkan anak di daycare juga memiliki efek yang positif seperti membuat anak memiliki daya saing. Persaingan di antara teman-temannya akan membuat mereka semakin tangguh dan memiliki sifat senang berjuang.

  1. Belajar Disiplin

Daycare yang profesional akan mengajari anak untuk belajar disiplin. Mama bisa melihat anak semakin disiplin jika menitipkan di daycare yang berkualitas dan profesional. Mama juga jangan ragu mengikuti tips memilih daycare .

  1. Belajar Mandiri

Mama yang khawatir jika anaknya menjadi manja, sebaiknya dipikir ulang ya Ma. Ternyata, ada juga anak yang setelah dititipkan di daycare justru menjadi anak yang semakin mandiri. Hal ini terjadi karena di daycare, anak-anak dilatih untuk melakukan berbagai macam hal secara mandiri.

  1. Belajar Berbagi

Pelajaran penting lain yang akan didapatkan si kecil jika berada di daycare adalah belajar berbagi dengan teman sebaya. Mama bisa memberi nasehat bagi si kecil agar berbagi makanan atau mainan kepada teman-temannya.

anak sekolah alam bermain sambil menunggu peresmian di bangunan lama. Foto by @duniabiza

Tips Memilih Daycare Terbaik

Ma, sebelum memutuskan untuk menitipkan anak di daycare sebaiknya mampu mengetahui tentang tips memilih daycare terbaik. Mama bisa mengikuti tips berikut ini:

  1. Memilih Daycare Terdekat
  2. Pastikan Daycare memiliki pengasuh yang cukup
  3. Pilih daycare dengan izin usaha
  4. Manajemen daycare yang terbuka
  5. Cari tahu tentang para pengasuhnya

Jangan ragu mengikuti tips memilih daycare terbaik di atas ya Ma. Mama Papa yang masih galau dengan keputusan apakah ingin menitipkan anak atau tidak bisa mengikuti tips memilih daycare yang telah disebutkan di atas.

Mama bisa memberikan yang terbaik bagi si kecil dengan memanfaatkan platform kiddo.id. Platform yang satu ini menyediakan ribuan konten edukasi menarik hingga parenting yang akan membantu Mama Papa memaksimalkan potensi yang dimiliki si kecil dengan lebih mudah. Dari website dan aplikasi Kiddo.id, Mama Papa juga bisa melihat dan mencari tahu tentang beberapa vendor daycare yang mungkin Mama Papa butuhkan selagi Mama Papa disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari. Ada banyak pilihan vendor daycare dengan beragam harga dan fasilitas di Kiddo.id

Kiddo.id juga menawarkan kursus pilihan bagi si kecil. Mama Papa yang ingin memberikan hal terbaik bagi si kecil dapat memilih kursus yang dimiliki Kiddo. Selain itu, dengan memanfaatkan platform kiddo.id, Mama bukan hanya mendapatkan informasi tentang tips memilih daycare saja, namun juga semua informasi menarik tentang parenting dan edukasi untuk si kecil. Download aplikasi kiddo disini sekarang juga ya Ma, jangan sampai ketinggalan.

 

Referensi:

https://kiddo.id/tips-memilih-daycare

https://m.mommyasia.id/3914/article/apa-saja-positif-dan-negatifnya-menitipkan-anak-di-daycare

https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/rachma-novianty/cara-memilih-daycare-yang-bagus-untuk-anak

https://www.haibunda.com/parenting/20180115111031-62-11565/tips-memilih-daycare-untuk-batita

https://www.sehatq.com/artikel/orang-tua-wajib-tahu-tips-memilih-daycare-yang-tepat

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630038/6-tips-memilih-daycare-untuk-anak

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.