Yang Baru dari Printer HP

Temans, kali ini DuniaBiza mau berbagi informasi mengenai benda yang sangat dekat dengan kehidupan para blogger dan juga penulis. Apalagi kalau sudah berhubungan dengan naskah. Ini dia cerita tentang serba serbi printer HP.

***

Printer HP adalah sebuah alat pencetak teks yang diproduksi oleh Hewlett Packard Company. Hewlett Packard sendiri merupakan perusahaan teknologi informasi multinasional berasal dari Amerika Serikat yang memiliki kantor pusat di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

HP menyediakan berbagai produk teknologi seperti perangkat lunak, solusi dan layanan kepada konsumen usaha kecil dan menangah serta perusahaan besar, termasuk untuk pelanggan di sektor-sektor pemerintah, kesehatan dan pendidikan.

Perusahaan yang kali pertama didirikan di sebuah garasi mobil ini menjadi produsen komputer yang terkemuka di dunia dan sejak tahun 2007 berkompetisi dengan merek Lenovo yang telah mengambil alih divisi PC IBM. Oleh sebab itu, untuk semakin mengukuhkan kedudukannya dalam persaingan di dunia komputasi, HP tidak hanya memproduksi komputer dan laptop saja tetapi HP juga memproduksi sebuah printer.

Printer HP sudah terkenal akan kualitas dan ketangguhannya. Selain itu juga harga printeryang dibanderol masih relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Lantas apa saja jenis dan fungsi dari printer? Berikut pembahasannya.

 

Jenis dan Fungsi Printer HP

Setelah mengetahui sekilas mengenai printer HP saatnya kini mengetahui jenis dan fungsi dari berbagai printer seperti berikut ini.

  • Printer Inkjet

Printer jenis ini adalah printer yang paling umum ditemui. Jenis ini akan menyemprotkan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar atau huruf. Proses tersebut terjadi karena adanya plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Kualitas dari printer HP jenis ini standart yaitu 300 dpi.

  • Printer Laserjet

Jenis laserjet menggunakan laser dalam proses pencetakannya. Penggunaannya dilakukan dengan laser yang disinarkan pada alat yang berbentuk seperti drum untuk membuat pola gambar, kemudian drum tersebut berputar melalui toner sehingga akan terkombinasi antara tekanan panas dan pencetakan pun terproses dengan baik.

  • Printer LED/LCD

Jenis LED/LCD hampir sama dengan jenis laser. Hanya saja bedanya adalah untuk proses printer LED/LCD menggunakan light emitting diode. Cetakan yang dihasilkan oleh printer HP LED memiliki kualitas yang sangat baik.

  • Printer Dot Matrix

Jenis Dot Matrix menggunakan pita dan set pin yang tersusun rapat untuk mencetak huruf dan karakter lainnya. Jenis ini memiliki kerja seperti mesin tik. Kecepatan cetaknya mulai dari 50 hingga 500 karakter tiap detiknya. Jumlah pin yang digunakan juga bervariasi antara 9 hingga 24 pin, sehingga kualitas yang dihasilkan pun berbeda.

  • Printer Solid Ink

Jenis solid ink menggunakan tinta yang telah dililinkan sehingga bentuknya padat. Cara kerjanya adalah tinta yang telah dililinkan tersebut akan dilelehkan dan kemudian ditampung di dalam sebuah tempat dan selanjutnya dipindahkan ke dalam penampung sebelum digunakan untuk mencetak pada media kertas.

  • Printer Dye Sublimation

Jenis ini adalah jenis yang paling banyak digunakan dalan seni grafis seperti untuk mencetak gambar dalam gelas mug atau souvenir lainnya.

  • Printer Portabel

Jenis portabel memiliki kualitas cetak yang cocok untuk mencetak teks biasa.

  • Printer Plotter

Jenis plotter biasanya digunakan untuk mencetak gambar yang memiliki ukuran besar dan tingkat akurasi tinggi seperti gambar para arsitek dan insinyur.

  • Printer Photo Digital

Printer HP ini biasa digunakan oleh para fotografer untuk mencetak foto dengan kualitas tinggi.

  • Printer ID Card

Printer HP ini khusus digunakan untuk mencetak ID card.

  • Printer POS

POS atau Point Of Scale adalah printer yang biasanya ditemui pada kasir sebuah toko ataupun minimarket yang langsung terhubung dengan laci uang dibawahnya.

Kelebihan dan Kekurangan Printer HP

Setelah mengetahui berbagai macam jenis printer, saatnya kini untuk mengetahui berbagai macam kelebihan dan kekurangan yang dimiliki printer HP.

Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut.

  • Kelebihan Printer HP

Salah satu kelebihan yang dimiliki printer HP, printer ini sangat cocok digunakan sebagai printer kantoran. Hal tersebut dikarenakan catridge yang dimiliki HP relatif lebih awet jika dibandingkan dengan catridge dari printer-printer merek lainnya. Selain itu juga harga printer HPrelatif lebih murah jika dibandingkan dengan printer sejenis merk lain.

Untuk masalah kualitas hasil cetakan, tentu printer HP memiliki hasil cetakan teks paling bagus dibandingkan dengan merek lain seperti Canon ataupun Epson. Kualitas print warnanya pun lebih bagus dibandingkan dengan merek-merek lainnya.

 

  • Kekurangan Printer HP

Ada kelebihan tentunya ada sebuah kekurangan. Begitupun untuk printer HP yang memiliki kualitas cetakan lebih bagus daripada printer-printer lainnya. Akan tetapi printer HP ini jika digunakan untuk mencetak foto dengan menggunakan kertas foto, hasilnya tidak terlalu optimal.

Hal ini disebabkan sistem penarikan kertas dari printer HP yaitu kertasnya menggulung dari bawah ke atas. Penggunaan infus pun cukup sulit dalam pemasangannya, karena posisi paper tray yang berada di depan.

Walaupun hasil cetak warnanya lebih bagus dibandingkan dengan printer lain, akan tetapi khusus untuk catridge warna sering kali bermasalah, terlebih lagi pada penggunaan refill atau infus. Masalah catridge banjir pun sering terjadi terlebih lagi ketika diinfus ataupun ketika selesai direfill. Karena sering banjir inilah mainboard printer HP rawan terjadi konsleting karena posisinya yang tepat beradai di bawah parking catridge.

Selain itu sistem menggulung kertas dari bawah ke atas mengakibatkan kertas sering kali terlipat atau bahkan tertarik double jika pemasangannya kurang pas. Untuk itu jika menggunakan printer HP pemasangan kertas benar-benar harus pas.

 Daftar Printer HP Terbaik

Setelah mengetahui berbagai macam jenis printer serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki printer HP, lantas apa saja printer HP terbaik? Berikut ulasannya.

  1. HP Laserjet P1102

Printer HP satu ini didesain khusus untuk digunakan di rumah ataupun di kantor. Kelebihannya adalah mampu menghemat listrik hingga 50% dengan menggunakan teknologi Instant On dan fitur Auto On/Off.

  1. HP Deskjet 1050

Seri Deskjet 1050 menggunakan mesin yang sama persis dengan printer HP Deskjet 1000. Kelebihannya adalah mampu mencetak dokumen dengan cepat yaitu 5.5 ppm untuk cetak hitam dan 4 ppm untuk warna. Hasil cetak foto pun cukup baik.

  1. HP 7000

Printer HP 7000 menjadi salah satu printer favorit bagi pengusaha percetakan. Pasalnya printer seri 7000 ini memiliki hasil cetakan yang baik, mendukung format bult in ethernet yang memungkinkan pencetakan seluruh anggota dalam satu jaringan.

Selain itu juga printer ini mendukung ukuran format kertas dengan lebar ukuran A3 sehingga berguna untuk mencetak dokumen seperti poster, spanduk dan lain sebagainya.

  1. HP K290

HP K290 memiliki harga yang murah dan juga hemat dalam biaya cetak hingga 50%. Printer ini termasuk printer yang multi fungsi karena selain dapat digunakan untuk print juga dapat digunakan untuk scan dan copy dengan dual volume drop. Hasil cetakannya pun berkualitas dan warnanya halus.

  1. HP Deskjet 2520HC All in One

Printer HP satu ini termasuk printer multifungsi dengan kapasitas cetak hingga 1500 halaman. Selain itu juga hemat energi karena daya listrikanya hanya 10 watt saja.

Demikian informasi seputar printer HP. Semoga Anda bisa memilih salah satu diantaranya sesuai kebutuhan.

Add a Comment

Your email address will not be published.