Kegunaan Rack Server Bagi Kantor dan Perusahaan

Rak server

 

Apakah Anda sedang mendirikan kantor baru? Apakah Anda memiliki server khusus sebagai pangkalan data perusahaan Anda?

Dalam beroperasinya sebuah perusahaan, server pangkalan data merupakan aset penting yang menyimpan berbagai informasi rahasia terkait perusahaan. Maka dari itu, sangat penting untuk menempatkan server di tempat khusus yang dirancang untuk melindungi dan mengoptimalkan kerja server, yaitu sebuah wadah bernama rack server.

Meskipun kantor Anda masih tergolong baru, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk membeli rack server demi keamanan server dan kenyamanan saat bekerja. Baik di toko offline maupun toko online, kisaran harga rack server bergantung pada ukuran dan desainnya.

Semakin besar ukurannya, maka semakin mahal pula harga rack server. Namun, harga rack server yang mahal akan setara dengan kualitas dan manfaat yang diberikan untuk server Anda. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa kegunaan rack server untuk kantor Anda berikut ini!

Mengamankan Server dari Pencuri

Beberapa harga rack server, seperti harga rack server 42u, terhitung dalam kisaran Rp8-12 jutaan. Rack server dengan harga ini dapat memiliki sistem pengaman tertentu, seperti pengunci panel untuk mencegah orang asing untuk menyentuh server perusahaan Anda. Server yang tidak diletakkan di dalam rack server dengan pengunci berisiko dicuri orang lain, sebab harga komputer server juga tergolong mahal.

Menjaga Server dari Overheat

Selain menjaga server dari pencuri dan orang asing, kita juga harus menjaga server dari suhu panas yang berlebihan. Komputer server yang terus beroperasi dapat memicu terjadinya overheat. Jika dibiarkan terus-terusan, komputer server dapat mengalami kerusakan dan malfungsi sehingga memperlambat kinerja server.

Harga rack server yang cukup mahal sebanding dengan manfaatnya, yaitu untuk mendinginkan komputer server serta mengatur aliran udara di dalam rack server. Dengan kontrol suhu yang baik di dalam rack server, komputer server dapat berjalan dengan lebih optimal.

Memudahkan Pengelolaan Server

Komputer server yang ditata rapi di dalam rack server dapat memudahkan teknisi atau pekerja untuk mengakses komputer server. Beberapa kerusakan kecil atau upgrade mesin dapat dilakukan dengan mudah jika server-server tersebut ditempatkan pada rack server khusus masing-masing.

Kemudian, berbagai perangkat yang berkaitan dengan komputer server dan jaringannya tidak akan mudah rusak, terinjak, atau tidak sengaja tercabut saat pegawai keluar masuk ruang server. Berbagai kerusakan perangkat server yang tidak disengaja ini dapat dengan mudah dihindari jika semua perangkat tersusun rapi di dalam rack server.

Demikian kegunaan rack server untuk server pangkalan data Anda di kantor! Jika Anda mencari tahu harga rack server di berbagai toko elektronik, Anda mungkin akan terkejut dengan harga rack server yang dapat mencapai puluhan juta rupiah. Nyatanya, harga ini setara dengan kualitas dan kegunaannya untuk menjaga server Anda berjalan dengan baik.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.