Cara Membuat Website dan Hal yang Perlu Diperhatikan

 

Saat ini bisnis online makin diminati. Salah satu faktor pendorong adalah makin banyaknya jumlah pengguna internet yang tersebar di dunia termasuk di Indonesia.

Nah, salah satu hal yang tak terpisahkan dari perkembangan bisnis online adalah keberadaan website atau situs penunjang bisnis online tersebut. Biasanya, seseorang yang merambah bisnis ke ranah online membutuhkan outlet seperti facebook, instagram, dan juga website atau situs.

Pembuatan situs online menjadi makin berkembang karena sekarang urusan membuat situs ini bukan lagi perkara yang sulit. Tinggal membeli layanan domain dan hosting sesuai dengan brand yang ingin dikembangkan, lalu dalam hitungan menit jadilah situs online yang diinginkan.

Dalam membuat situs online, salah satu yang perlu diperhatikan adalah menentukan dan memiliki layanan hosting terpercaya. Setelah itu dilanjutkan dengan membuat website yang diinginkan.

Bagi temans yang baru pertama kali menjalankan bisnis online, biasanya  akan bingung bagaimana cara membuat website. Ya kan? Ha tersebut wajar saja. Apalagi bagi yang belum terlalu familiar dengan blog.

 

Sebetulnya membuat website itu sendiri dapat di lakukan dengan dua cara. Bisa membuat secara mandiri atau bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika ingin membuat website secara mandiri maka website yang dihasilkan sangatlah sederhana dengan fitur terbatas. Berbeda jika menggunakan layanan jasa pembuatan website. Selain lebih menarik fitur yang dibarikan oleh pihak layanan jasapun akan lebih lengkap.

Biasanya ada beberapa perusahaan penyedia layanan jasa pembuatan website yang bisa sekaligus mencarikan hosting untuk kita. Jika demikian maka kita tidak perlu lagi repot-repot mencari layanan hosting. Hosting yang diberikan pun biasanya berupa layanan hosting lokal terbaik dan berkualitas.

 

Persiapan Sebelum Membuat Sebuah Website

Sebelum fix membuat sebuah website, sangat perlu bagi kita memperhatikan beberapa hal berikut  :

  1. Tujuan pembuatan website

Pastikan bahwa kita memiliki tujuan yang jelas ketika merencanakan pembuatan website. Apakah untuk keperluan marketing produk pribadi, perusahaan, bisnis tulisan (artikel) atau untuk bisnis online lainnya.

Apapun alasannya, pastikan temans sudah memfokuskan pada satu tujuan dari pembuatan website. Sebab, tujuan yang sudah dibuat akan sangat berpengaruh dalam langkah-langkah selanjutnya.

  1. Mempersiapkan kelengkapan website

Saat menyatakan akan membuat website, kita harus mengetahui bagaimana cara membuat website secara sederhana. Dengan begitu kita akan semakin mudah mendeteksi fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang kelengkapan di dalam website nantinya.

Pemahaman awal ini juga akan membantu dalam menentukan apakah temans akan menggunakan layanan jasa pembuatan website dan menggunakan hosting dari penyedia atau akan mencari web hosting terbaik indonesia  secara mandiri dan terpisah (tidak include dengan layanan pembuatan website).

  1. Tentukan target dari pengunjung website

Ketika akan membuat sebuah website pastikan temans sudah memiliki sasaran pengunjung. Pahami bagaimana karakteristik calon pengguna. Dengan begitu temans akan lebih mudah menyesuaikan website yang dibuat dengan kebutuhan dan keinginan member.

 

 

Biasanya, pemula sering mengabaikan pesiapan dan cara membuat website ini. Ada kecenderungan dari pemula menganggap bahwa bila menggunakan layanan jasa pembuatan website maka, secara otomtis website yang dimiliki akan langsung menghasilkan. Kenyataannya tidaklah demikian. Sukses tidaknya sebuah website kembali lagi pada kemampuan seseorang sebagai pengelola untuk membaca keinginan dan kebutuhan market online.

Pemilihan hosting juga sangat berengaruh pada keberlangsungan website yang dimiliki. Jika temans ingin membuat wodpress, pastikan terlebih dahulu bahwa layanan hosting yang dipilih termasuk dalam kategori hosting terbaik untuk wordpress.

Jika persiapan sudah matang, selanjutnya dapat langsung membuat website. Bagi temans yang akan membuat secara mandiri, berikut adalah panduan bagaimana cara membuat website sederhana :

  1. Pesiapkan alamat domain yang akan di gunakan. Pastikan domain yang digunakan memudahkan pengunjung mengakses server yang bersangkutan.
  2. Memilih hosting. Pastikan temans memilih hosting terbaik dan berkualitas, walaupun biasanya akan berbayar.
  3. Mengekspor konten, terutama jika konten dibuat pada blgspot dan wordpress, ekspor ini terletak pada bagian setting area.
  4. Mengatur website menggunakan SQL agar website dapat berfungsi dengan optimal

Langkah-langkah tersebut harus dilakukan secara berurutan. Pastikan juga temans memiliki kelengkapannya terlebih dahulu seperti hosting dan alamat domain.

 

Ciri-ciri website yang baik

setelah website jadi, ada satu hal ain yang penting untuk diperhatikan. Temans harus tahu seperti apa dan bagaimana kriteria sebuah website yang baik. Website yang baik tentu tidak akan pernah terlepas dari cara membuat website yang sesuai dengan ketentuan dan standar pada umumnya.

Berikut ciri-ciri website yang baik :

  1. Good looking

Sebuah website, terutama website marketing online haruslah good looking. Tata penulisan sesuai dan enak dibaca serta mengalir. Komponen penulisan juga harus rapi dan tertata. Bukan berarti karena sebuah website temans dapat membuat tulisan seenaknya.

Pemilik website tetap harus memperhatikan tata penulisan seperti, penggunaan tanda kalimat, paragraf dan pemilihan kosa kata.

  1. Tidak banyak iklan

Iklan memang sebagai sumber pendapatan. Tetapi, terlalu banyak iklan hingga menutupi konten website jelas sangat mengganggu para pengunjung. Jika tidak segera diatasi maka, lama kelamaan pengunjung website akan enggan berkunjung kembali. Karena mereka harus menutup iklan secara satu persatu dan hal tersebut memakan banyak waktu.

  1. Memiliki loading yang cepat

Sebuah website yang baik, akan memiliki tingkat loading yang cepat sehingga para pengunjung tidak perlu lagi lama-lama menunggu onten tersebut muncul.

 

Selain tiga hal ini, masih ada kriteria lain dalam menentukan apakah sebuah website termasuk baik atau bukan. Namun, tiga poin ini adalah kunci utama yang harus dipahami dan dipelajari terlebih dahulu.

Dari sini kita bisa menarik keterkaitan bahwa cara membuat website yang sesuai prosedur akan berpengaruh besar pada kualitas website yang akan dihasilkan. Sebagai pemilik, kita juga haru menjalankan website dengan cermat dan terus menjadikan ketiga poin tersebut sebagai pegangan utama. Poin-poin ini  berlaku untuk semua jenis website.

kelebihan niagahoster

4 Hal Yang Harus Dihindari Saat Membuat Website

Selain dari faktor cara membuat website yang baik dan benar untuk mendapatkan dan memiliki website terbaik, temans harus menghindari 4 hal berikut ini :

  1. Jangan copy paste

Jangan pernah sekalipun membuat tulisan dari hasil copy paste/menjiplak dari website lain.

  1. Jangan memasang fitur widget secara berlebihan

Pada dasarnya widget dibuat untuk memberikan keindahan pada website. Namun, penggunaan widget yang berlebihan justru dapat mengganggu member dan pengunjung.

  1. Malas mempromosikan blog

Jika temans malas mempromosikan blog pribadi, lalu darimana pengunjung dan penikmat dunia maya akan tahu website yang sudah teman buat? Karena itu, pastikan jika sudah memiliki sebuah website, temans harus rajin promosi.

  1. Jangan berambisi mendapatkan penghasilan tinggi dari website yang dikelola.

Fokuskan tujuan pada bagaimana mengelola blog yang dimiliki agar menjadi blog yang berkualitas. Dengan begitu, pundi-pundi rupia akan datang dengan sendirinya.

So, itulah prosedur mulai dari persiapan, cara membuat website sampai dengan apa saja hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengelola sebuah website. Kunci utama keberhasilan website yang kita miliki adalah keseriusan, keuletan dan ketekunan.

Selamat mencoba ya.

🙂

 

 

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *