Minyak Kemiri, Racikan Tradisional Kaya Manfaat

Minyak kemiri. Saat kita kecil, minyak ini masih bisa dijumpai di pasaran. Menjadi racikan ampuh untuk memperbaiki rambut rusak. Tapi sekarang? Hmmm, saya tak yakin #kidszamannow masih mengenalnya.
***

 

Masalah rambut menjadi salah satu hal yang membuat tidak nyaman. Apalagi, masalah rambut ini banyak variannya. Tidak hanya satu. Mulai dari rontok, bercabang, ketombe, rambut kering dan lainnya. Padahal hampir setiap orang memimpikan bisa punya rambut indah sebagai penunjang penampilan.

Menghadapi masalah rambut bisa jadi membuat seseorang gregetan. Tapi tak perlu berkecil hati. Saat ini tersedia jenis perawatan alami dari minyak kemiri yang dipercaya mempunyai manfaat baik untuk kesehatan rambut. Bahan minyak kemiri ini pun mudah dijumpai karena termasuk dalam rempah-rempah sebagai campuran bumbu masakan.

Mempunyai khasiat yang baik tentunya didukung dengan kandungan berbagai nutrisi yang ada di dalam biji kemiri seperti lemak, protein, dan vitamin. Minyak kemiri mudah dibuat. Temans bisa mencoba sendiri bila punya kesempatan.

Berikut cara pembuatan minyak kemiri :

  1. Langkah pertama siapkan biji dari buah kemiri terlebih dahulu dengan jumlah sesuai kebutuhan. Setelah itu cuci sampai bersih.
  2. Setelah bersih, haluskan biji tersebut dengan cara menumbuk atau menggunakan blender. Jika memang terlalu kering bisa menambahkan air sedikit.
  3. Setelah halus, masukkan buah kemiri tersebut pada kain dan peras sampai keluar airnya.
  4. Selanjutnya air perasan biji kemiri yang telah dihaluskan direbus beberapa menit, atau paling tidak sampai air atau minyak berubah warna menjadi lebih pekat atau kecoklatan.
  5. Terakhir simpan pada tempat yang telah disediakan. Dinginkan lalu tutup untuk disimpan. Jika akan dipakai langsung bisa saja dengan mengoleskan pada rambut saat itu juga.Nah setelah tahu bagaimana cara membuat kemiri, yuk sekarang cari tahu apa saja manfaat minyak kemiri untuk rambut.

 

Ini dia manfaat Minyak Kemiri.

1. Membuat rambut lebih hitam

Siapa yang tidak menginginkan punya rambut hitam dan berkilau sepanjang hari? Selain memberi rasa nyaman, punya rambut hitam berkilau juga bisa jadi kebanggan. Karena itu tak heran banyak yang mencari bahan alami untuk bisa punya rambut hitam berkilau ini.

Untuk mereka yang telaten mendapatkan rambut hitam tidaklah sulit. Cukup melakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan minyak dari kemiri. Oleskan pada seluruh rambut dan tunggu ½ jam lalu dibilas.

2. Mengurangi rambut rontok

Kandungan vitamin dan nutrisi pada minyak dari biji kemiri ternyata bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok. Buat yang punya masalah rambut tontok, oleskan minyak kemiri pada seluruh bagian rambut. Lakukan pemijatan pada kulit kepala dan tunggu 15 sebelum membilas.

3. Menyehatkan rambut

Yang paling bermanfaat dari pemakaian minyak biji buah kemiri yaitu dapat memberikan kesehatan pada rambut. Jika hal tersebut terjadi pastinya rambut tidak akan mengalami masalah rontok, kering dan masalah lain.

Ketiga manfaat minyak kemiri ini hanyalah segelintir dari manfaat lain yang bisa teman temukan. Meski dari bahan sederhana dan membutuhkan effort untuk membuatnya, tapi manfaat yang bisa dirasakan akan sangat luar biasa.

Buat temans yang sibuk tak punya waktu untuk membuat sendiri minyak kemiri, sekarang tak perlu khawatir. Sekarang Minyak kemiri bisa ditemukan di toko online terpercaya sebagai tempat belanja yang mudah dan aman.

Selamat mencoba

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *