Syarat Umum Pengajuan Kredit Mobil

 

Membeli mobil secara kredit menjadi pilihan banyak orang ketika membutuhkan kendaraan pribadi dengan cepat namun uang tabungan belum memenuhi untuk membeli mobil secara cash. Namun sebelum mengajukan kredit, pastikan Anda mengetahui syarat kredit mobil yang harus dipenuhi, agar pengajuan mudah diproses. Persyaratannya juga tidaklah sulit, tergantung dari perusahaan Multi Finance yang Anda pilih.

Syarat kredit mobil ini menjadi suatu bukti bahwa Anda layak kredit mobil dan perusahaan mempercayai Anda untuk membayar cicilan. Karena tentu saja perusahaan juga tidak ingin rugi dengan salah memilih konsumen yang pada dasarnya belum mampu membayar cicilan mobil. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memenuhi persyaratan agar Anda bisa mengkredit mobil dengan baik dan cepat.

Syarat Umum Pengajuan Kredit Mobil

Berikut ini merupakan beberapa persyaratan umum pengajuan kredit mobil yang harus Anda penuhi, di antaranya yaitu:

1. Siapkan Dokumen

Syarat kredit mobil yang pertama dan utama yang tidak boleh ketinggalan yaitu beberapa dokumen pribadi untuk kelengkapan administrasi. Dokumen ini menjadi gambaran bahwa Anda sudah sesuai kriteria dalam pengkreditan mobil, di mana kriteria yang harus dipenuhi yaitu sebagai warga negara Indonesia yang tinggal di Indonesia, memiliki pekerjaan serta penghasilan yang tetap dan jelas, serta berada di rentang usia 21 hingga 60 tahun saat kredit lunas.

Ketiga persyaratan tersebut menjadi syarat umum yang harus dipenuhi oleh konsumen dan dimintai oleh lembaga pembiayaan. Untuk membuktikan Anda sudah sesuai dengan kriteria tersebut, maka harus disertakan berbagai macam dokumen seperti kartu identitas mulai dari SIM, KTP atau Passport, KK atau kartu keluarga, slip gaji, NPWP, tagihan Kartu Kredit selama 3 bulan terakhir. Jika Anda memiliki, bukti pembayaran pajak bangunan, listrik dan air, keterangan izin praktik bagi seorang profesional, serta bagi pengusaha dilampirkan SIUP dan akta pendirian perusahaan.

Cukup banyak bukan dokumen yang harus dilampirkan? Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan syarat kredit mobil ini mulai dari sekarang agar tidak lagi kesulitan dicari saat dibutuhkan.

2. Mempunyai Rekening yang Sehat

Masih berhubungan dengan yang sebelumnya, di mana dalam kredit mobil maka Anda harus memenuhi syarat kredit mobil seperti melampirkan rekening tabungan, slip gaji atau kartu kredit. Hal tersebut dilampirkan untuk melihat apakah Anda mampu membayar cicilan mobil nantinya. Dalam hal ini Anda harus memiliki rekening yang sehat.

Rekening yang sehat bukan berarti nominal di dalamnya harus banyak atau besar, tetapi keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran serta tidak menunjukkan transaksi yang mencurigakan. Jika riwayat transaksi Anda bagus, tak menutup kemungkinan perusahaan pembiayaan akan menerima pengajuan kredit Anda.

3. Memenuhi Pembayaran DP

Syarat kredit mobil selanjutnya yaitu harus memberikan uang muka atau down payment (DP). Minimal pembayaran DP sesuai dengan kebijakan pihak pemberi kredit. Kisaran DP yang diberlakukan pun cukup beragam, mulai dari 0% sampai 50%, tetapi umumnya sebesar 20 sampai 30%.

Anda bisa mulai menghitung DP yang harus dipenuhi mulai dari sekarang, untuk mempersiapkan uangnya. Artinya, Jika Anda menginginkan mobil seharga 400 juta dengan DP 20%, maka Anda harus menyiapkan uang sebesar 80 juta. Besaran DP juga akan mempengaruhi masa cicilan dan besaran cicilan kedepannya jadi lebih ringan.

Lantas, apakah dengan memberikan DP yang besar membuat pengajuan kredit mobil jadi lebih mudah disetujui? Ini tidak selalu menjamin begitu, namun besaran DP menunjukkan tanggung jawab finansial yang besar juga, sehingga kemungkinan untuk cepat disetujui pun lebih besar.

4. Pilih Perusahaan Multifinance Terbaik

Setelah menyiapkan berbagai syarat kredit mobil yang harus dipenuhi, maka yang tak kalah penting lainnya yaitu dengan memilih perusahaan Multi Finance terbaik. Pasalnya banyaknya jasa pengkreditan mobil membuat Anda harus pintar memilih perusahaan yang terbaik dan terpercaya, agar tidak menyesal di kemudian hari dan tidak terjadi permasalahan.

Pasalnya perusahaan pembiayaan mobil atau Multi Finance juga menentukan kemudahan dalam mengajukan pengkreditan. Pilihlah perusahaan yang kredibel, profesional, serta memberikan layanan terbaik. Salah satu perusahaan penyedia kredit mobil yang bisa Anda pilih yaitu Maybank Finance.

PT Maybank Indonesia Finance adalah perusahaan pembiayaan berbasis digital yang memberikan kemudahan dalam proses pembayaran, melayani dengan maksimal dan memuaskan serta memiliki staf yang ramah. Tak perlu khawatir, karena perusahaan ini sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam melayani masyarakat untuk kredit mobil.

Ada berbagai manfaat dan keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan memilih Maybank Finance, beberapa di antaranya yaitu:

⦁ Tak perlu khawatir dengan besaran bunga yang diberikan oleh Maybank Multi Finance karena suku bunga dapat bersaing serta tidak memberatkan customer.

⦁ Persyaratan yang ditetapkan juga tidak ribet serta pengajuan kredit mobil yang mudah dengan masa approval 1 hari kerja.

⦁ Bunga mulai dari nol persen

⦁ Mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat dan memuaskan serta bantuan customer service yang siap dibutuhkan ketika terjadi kendala atau kesulitan

Itulah 4 persyaratan umum dalam mengajukan kredit mobil yang bisa Anda ketahui. Syarat kredit mobil tersebut tentu harus dipersiapkan dengan baik dan dipenuhi semuanya, agar proses pengajuan kredit bisa diterima. Tentu persyaratan tersebut tidak memberatkan bukan?

Yang terpenting, jika Anda ingin membeli mobil maka menabunglah untuk membayar DP. Dengan DP yang cukup besar maka memudahkan Anda membayar cicilan kedepannya. Yuk langsung saja pilih mobil impian Anda sekarang dan wujudkan bersama Maybank Finance!

 

Add a Comment

Your email address will not be published.