Mau Di Mana Saja Belajar? Cek Di Sini Caranya

 

Di mana Saja Belajar. Tak bisa dipungkiri saat ini pendidikan merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi. Bahkan pendidikan sudah menjadi hak dasar setiap warga negara.

Di era serba cepat dan terbuka rasanya agak janggal bila kita masih mendengar ada anak yang belum mendapat pendidikan dengan layak. Apalagi sekarang, pendidikan pun tak lagi mengenal ruang dan waktu. Kecepatan internet dan kecanggihan teknologi informasi membuat pendidikan kini bisa diakses dari mana saja.

 

Bisakah mendapatkan pendidikan hanya bermodal internet?

Tentu saja bisa. Internet sejatinya adalah teknologi yang  membantu masyarakat untuk mendapatkan tujuan dan kehidupan yang lebih baik. Internet menawarkan kecepatan dan efisiensi yang memberikan kesempatan pada manusia untuk mendapat manfaat yang lebih besar.

Dalam hal pendidikan pun demikian. Kini ada banyak kesempatan mengenyam pendidikan yang lebih baik dan lebih bagus dengan memanfaatkan internet. Sejumlah lembaga menyediakan pendidikan dan ragam pelatihan yang bisa diperoleh dari mana saja dan kapan saja.

Salah satu alternatif pendidikan tanpa ruang berbasis internet itu seperti yang dihadirkan oleh IKIN School. IKIN sendiri merupakan singkatan dari Insan Kaya Inisiatif Nusantara. IKIN merupakan terobosan gerakan pendidikan yang membahas banyak aspek meliputi politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan, dan keamanan.

Kehadiran IKIN School sendiri dilatarbelakangi semangat untuk membangun dan turut andil dalam pemerataan pendidikan di seluruh tanah air. Dengan adanya IKIN, masyarakat tak perlu lagi mengeluhkan ketimpangan pendidikan dan tidak meratanya fasilitas pendidikan yang layak di seluruh Indonesia.

IKIN School didirikan oleh sekelompok orang yang ingin menghadirkan pendidikan yang lebih baik dan merata bagi seluruh masyarakat. Pendidikan yang bisa diakses dari mana saja, belajar tanpa ruang. 

Siapa saja, asal memiliki akses internet yang lancar bisa menjadi siswa IKIN dan bisa bersekolah dari mana saja dan kapan saja. Inilah yang diusung sebagai konsep Sekolah Tanpa Ruang.

 

Ada tiga tingkatan pendidikan yang bisa diakses di IKIN School

Paket A

Program Paket A meliputi :

Tingkatan 1 dengan derajat kompetensi Awal setara dengan kelas III  SD/MI. Tingkat ini menekankan pada kemampuan literasi dan numerasi. Peserta didik diharapkan  mampu berkomunikasi melalui teks secara tertulis dan lisan, baik dalam bentuk  huruf maupun angka.

 

Tingkatan 2 dengan derajat kompetensi Dasar setara dengan kelas VI SD/MI. Tingkat ini menekankan penguasaan fakta, konsep, dan data secara bertahap. Peserta didik diharapkan  mampu berkomunikasi melalui teks secara tertulis dan lisan dengan menggunakan fenomena alam dan atau sosial sederhana secara etis. Peserta diharapkan memiliki keterampilan dasar dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

 

Paket B

Program Paket B meliputi:

Tingkatan 3 dengan derajat kompetensi Terampil 1 setara dengan kelas  VIII SMP/MTs. Tingkat ini menekankan pada penguasaan dan penerapan konsep abstrak secara lebih meluas.

Siswa juga diharapkan bisa berlatih meningkatkan keterampilan berpikir dan bertindak logis dan etis. Dengan begitu peserta didik mampu berkomunikasi melalui teks secara tertulis dan lisan, serta memecahkan masalah dengan menggunakan fenomena alam dan atau sosial yang lebih luas.

 

Tingkatan 4 dengan derajat kompetensi Terampil 2 setara dengan kelas  IX SMP/MTs. Tingkat ini menekankan peningkatan keterampilan berpikir dan mengolah informasi serta menerapkannya untuk menghasilkan karya sederhana yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Peserta didik mampu secara aktif mengekspresikan diri dan mengkomunikasikan karyanya melalui teks secara lisan dan tertulis berdasarkan data dan informasi yang akurat secara etis. Lulusan paket ini diharapkan bisa memenuhi tuntutan keterampilan dunia kerja sederhana dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

 

Paket C

Program Paket C meliputi :

Tingkatan 5 dengan derajat kompetensi Mahir 1 setara dengan kelas X SMA/MA. Pada tingkat ini siswa diarahkan pada pencapaian dasar-dasar kompetensi akademik dan menerapkannya untuk menghasilkan karya.

Peserta didik diharapkan mampu mengkomunikasikan konsep-konsep secara lebih ilmiah dan etis serta mempersiapkan diri untuk mampu bekerja mandiri dan mengembangkan kepribadian profesional.

 

Tingkatan 6 dengan derajat kompetensi Mahir 2 setara dengan kelas XII SMA/MA. Pada tingkat ini siswa diarahkan untuk pencapaian kemampuan akademik dan  keterampilan fungsional secara etis.

Dengan begitu peserta didik dapat bekerja mandiri atau berwirausaha, bersikap profesional, berpartisipasi aktif dan produktif dalam kehidupan masyarakat. Siswa yang telah melewati jenjang ini diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

 

Bagaimana mata pelajaran di IKIN School disajikan?

Terdapat pilihan mata pelajaran yang bisa diikuti oleh masing-masing siswa dengan beban studi yang telah disediakan. Selain mata pelajaran wajib, siswa juga diberi kemampuan tambahan untuk mengembangkan diri seperti bela diri, program khusus pengembangan diri seperti bahasa inggris dan kemampuan menulis.

Selain menyediakan pendidikan dasar setara Paket A, B, dan C, tim IKIN School juga memberi pelatihan pengembangan diri yang disajikan oleh instruktur berpengalaman.

 

Berikut beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan IKIN School

 

Pelatihan TOP-D  bertempat di Masjid Raya Telaga Kahuripan (MRTK)  Parung Bogor, acara yang diikuti oleh peserta dari SMP & SMA / sederajat

 

 

IKIN School menggelar Training Optimalisasi Potensi Diri di MA Al-Hasan Ciamis. Dengan peserta kurang lebih 91 peserta.

 

Untuk informasi  pendaftaran dan hal lain yang diperlukan temans silakan lihat langsung di situs dan media sosial IKIN School ya

 

http://www.ikin-school.com/
IG : https://www.instagram.com/ikinschool/
FB : https://www.facebook.com/ikinschool/
Selamat mencoba. Tak ada lagi halangan untuk mendapat pendidikan yang layak. IKIN School Di mana Saja Belajar 
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *