Lindungi Buah Hati Saat Pandemi dengan Asupan Bernutrisi

Morinaga Chil Go

Untuk mereka yang selalu di hati, kan kujaga dari badai pandemi. 

***

 

Masa pandemi kali ini benar-benar menjadi ujian terberat buat saya. Di tengah anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan butuh banyak interaksi sosial, justru pandemi datang. Apa boleh buat. Banyak hal harus dilakukan dari rumah, ya belajar, bermain, mengaji, dan berkreativitas

Di tengah banyak keterbatasan selama pandemi, saya masih bersyukur. Benar-benar bersyukur karena kami sekeluarga masih diberi kesehatan. Masih dijauhkan dari bahaya, dan masih diberi kesempatan sama pemilik langit untuk bisa melakukan banyak hal.

 

“Ma, pandemi kapan pergi? Kenapa kemarin ada anak X yang meninggal? Apa dia kena virus Corona juga?”

 

Deg. Hati saya benar-benar tersentuh saat pertanyaan itu diajukan si sulung. Benar saja, di komplek perumahan kami, walau terpisah jauh beberapa blok, ada anak sebaya Bintang yang meninggal. Kami tidak tahu pasti penyebab meninggalnya. Namun yang saya tahu, pastilah kedua orang tuanya terpukul dengan kepergian sang buah hati.

Bila ingat kejadian itu, sungguh saya benar-benar bersyukur kami semua masih sehat walafiat. Beberapa kabar tentang dampak pandemi selalu membuat saya menjadi terlecut untuk selalu menjaga daya tahan tubuh anak-anak. Berdoa hal buruk selalu terhindar.

 

***

 

Urusan menjaga daya tahan tubuh ini memang menjadi prioritas saya dan suami. Terutama setelah pandemi. Bagaimanapun kami menyadari bahwa daya tahan tubuh yang bagus akan membantu melindungi keluarga. Apalagi saat ini ketiga krucils DuniaBiza usianya masih dalam rentang 4-8 tahun, usia yang rentan dengan berbagai penyakit karena daya tahan tubuh mereka yang belum sempurna.

Demi menjaga daya tahan tubuh anak-anak saya pun jadi rajin untuk upgrade. Kalau ada webinar atau zoom yang berkaitan dengan menjaga kesehatan si kecil selama pandemi, bila berkesempatan biasanya saya akan bergabung. Seperti Kamis, 25 Maret lalu saat mengikuti webinar sekaligus pers conference tentang Peduli Gizi Anak selama Pandemi yang diselenggarakan Morinaga Chil*Go! Senang rasanya saya menjadi salah satu blogger yang diundang.

 

Narasumber Pers Conference Morinaga Chil*Go!
Narasumber Pers Conference Morinaga Chil*Go!

 

Saya merasa lebih senang lagi karena pada konferensi ini bisa mendengar mengenai upaya meningkatkan daya tahan anak selama pandemi langsung dari ahlinya. Pada awal  acara, ada dr. Daeng M Faqih, S.H., M.H., Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) yang panjang lebar memaparkan upaya menjaga daya tahan tubuh anak.

Menurut dr. Daeng, daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian. Selain itu pola pengasuhan keluarga juga sangat menentukan. Edukasi yang baik terhadap keluarga dalam menjaga kesehatan anak selama pandemi akan sangat membantu. Salah satu yang harus menjadi perhatian orang tua adalah menjaga imunitas dan sistem kekebalan tubuh yang tak bisa dipisahkan dengan menjaga sistem pencernaan anak agar selalu baik.

 

“Penelitian membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa dilakukan dengan baik, yang pada akhirnya membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik,” ujar dr Daeng.

Lebih jauh, dr Daeng mengatakan, agar pencernaan anak selalu terjaga maka orang tua harus selalu memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi anak. Makin baik pola makan dan asupan nutrisinya maka akan baik pula sistem pencernaannya.

Pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, serta nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral. Asupan bernutrisi itu selanjutnya dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat (PHBS) seperti rajin cuci tangan, menghindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, tetap beraktivitas fisik, serta stress rendah, paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit.

 

“Para orang tua dan anggota keluarga perlu memperhatikan dengan benar-benar pemenuhan nutrisi dan juga aktivitas anak sehari-hari,” jelas dr. Daeng.

 

Wohoo… Menyimak penjelasan dr. Daeng saya makin mengerti bahwa sangat penting untuk selalu menjaga asupan dan nutrisi seimbang untuk anak-anak. Juga memastikan para krucils mendapatkan istirahat yang cukup.

Nutrisi Tepat untuk Jaga ‘Otak Kedua’

Pemberian nutrisi yang tepat untuk anak ternyata tak hanya berkaitan dengan pertumbuhan dan kecerdasan. Di masa pandemi ini, salah satu hal terpenting adalah pemberian asupan bernutrisi yang tepat bisa mendukung daya tahan tubuh anak-anak tetap kuat sehingga selalu sehat seperti disampaikan oleh dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals.

Menurut dr Muliaman, orang tua perlu benar-benar memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi. Selain memberi makanan sehat dan seimbang, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang tepat karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Nutrisi tambahan yang diberikan bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

 

dr Muliaman
dr Muliaman

“Semua nutrisi ini diperlukan untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat, agar bakteri baik yang ada di dalamnya bisa membentuk daya tahan tubuh yang lebih optimal. “ ujar dr Mualiaman.

Lebih jauh ia menyebutkan, bahwa serat pangan inulin bisa menjadi salah satu senjata utama dalam tumbuh kembang dan menjaga kesehatan tubuh anak-anak. Serat pangan inulin adalah salah satu jenis prebiotik yang tinggi serat dan rendah kalori serta dapat menjadi pilihan nutrisi yang bermanfaat bagi saluran pencernaan anak. Apalagi saluran pencernaan sering disebut sebagai “otak kedua” manusia.

Yes. Otak kedua. Saking pentingnya saluran cerna bagi tumbuh kembang anak, tak salah ia disebut otak kedua. Karena itu, dalam memberikan nutrisi harian serta nutrisi tambahan untuk anak, perlu diprhatikan juga kandungan gula agar tidak berlebihan.

 

“Jika anak-anak kelebihan asupan gula, akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, permasalahan pada gigi, obesitas, dan berbagai penyakit di masa depan.”

 

Berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO) tahun 2015, asupan harian gula tambahan untuk anak usia di bawah 12 tahun maksimal 200 kkal. Angka ini setara dengan 50 gram gula atau 6 sendok makan/hari. Jadi sangat penting memastikan bahwa makanan yang diberikan pada anak tidak mengandung gula berlebih karena akan mengganggu pencernaannya.

Morinaga Chil*Go! Juga memiliki banyak keunggulan dan manfaat untuk anak 

 

Manfaat Morinaga Chil Go
Manfaat Morinaga Chil*Go! untuk anak

 

  • Serat Pangan Inulin: Meningkatkan jumlah bakteri baik di usus sehingga Pertahanan tubuh menjadi lebih kuat terhadap infeksi bakteri dan virus. Si Kecil tidak gampang Sakit
  • 9 Vitamin dan 5 Mineral: membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga termasuk Si Kecil.
  • Menggunakan kemasan yang dapat di daur ulang sehingga ramah lingkungan
  • Melalui uji kualitas PT Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang

 

Luncurkan Morinaga Chil*Go! Rasa Orisinal

 

Morinaga Cil Go
Peluncuran Morinaga Chil*Go! rasa orisinal secara simbolis

Pentingnya menjaga kesehatan saluran cerna anak ini rupanya benar-benar menjadi concern dari Morinaga. Saya senang karena selama ini tidak salah memilih Morinaga sebagai brand susu pertumbuhan untuk krucils  di rumah. Apalagi anak=anak dari dulu memang sudah suka dengan rasa berbagai varian morinaga.

Dulu sebelum pandemi dating, saat sekolah masih offline, tak lengkap rasanya bekal sekolah anak-anak tanpa sebotol Morinaga Chil*Go! Sekarang pun meski jarang ke luar rumah, kalau kita belanja ke minimarket, pastilaj Morinaga Chil*Go! Masuk dalam keranjang belanja.

Nah hal yang menarik bagi saya, rupanya saat pers conference pekan lalu itu, Morinaga juga meluncurkan produk baru Morinaga Chil*Go! rasa Original. Anak-anak jadi penasaran untuk mencoba sehingga saat ada paket Morinaga Chil*Go sampai ke rumah mereka langsung antusias.

 

“Rasa original ternyata enak Ma,” ujar Arsyad senang.

 

Yap! Morinaga Chil*Go! Rasa original ini ternyata memang  dibuat untuk semakin memperkuat daya tahan tubuh anak-anak selama pandemi. Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals mengatakan Morinaga Chil*Go! rasa Original yang lebih rendah gula untuk mendukung gaya hidup yang lebih sehat.

 

“Morinaga Chil*Go! terus mendampingi buah hati untuk menjaga daya tahan tubuhnya selama pandemi. Morinaga Chil*Go! hadir dalam bentuk kemasan susu cair  anak steril yang enak bernutrisi dengan perpaduan Serat Pangan Inulin, 9 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya,” papar Pak Daru. 

 

Nilai Gizi Morinaga Chil*Go
Nilai Gizi Morinaga Chil*Go!

 

Selain penyediaan produk dengan nutrisi berkualitas, sebagai bentuk peran aktif untuk anak-anak Indonesia, Morinaga Chil*Go! juga melakukan kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Bersama IDI, Morinaga Chil*Go! Melakukan kegiatan edukasi untuk menggalakkan pentingnya nutrisi susu bagi keluarga dan buah hati, dan gerakan pemberian nutrisi tambahan untuk anak.

Oiya, satu lagi yang menarik dari mengikuti webinar kemarin adalah penjelasan Pak Daru bahwa ternyata sekarang Morinaga sedang mengembangkan program kreasi resep dengan bahan dasar Morinaga Chil*Go! Aneka varian rasa. Menurut saya ini merupakan terobosan yang bagus karena selain sehat, nutrisi dari Morinaga Chil*Go! Bisa melengkapi aneka varian resep yang kita buat.

 

“Kami juga membantu para Bunda di seluruh Indonesia untuk bisa berkreasi membuat makanan atau minuman bersama buah hati dengan memberikan beberapa resep makanan yang bisa dipraktikkan di rumah menggunakan semua varian Morinaga Chil*Go! sehingga nutrisinya pas dan bisa membantu menjaga daya tahan tubuh buah hati,” ujar Pak Daru.

 

Resep Morinaga Chil Go
Chef Devina membuat dua resep berbahan dasar morinaga Chil*Go!

 

Nah sebagai bahan contekan dan pemantik semangat, saat webinar juga dihadirkan Chef Devina Hermawan, Finalis MasterChef Season 5. Chef Devina mempraktikkan resep  kreasi berbahan dasar Morinaga Chil*Go! yang dia sebut sebagai resep immunobooster. Ada dua makanan yang dibuat chef Devina yaitu Less Sugar Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese.

Wohooo! Saya jadi tertantang juga dong untuk membuat resep kreasi menggunakan bahan dasar susu cair anak Morinaga Chil*Go! Ini. Tapi sabar ya. Tunggu di postingan berikutnya. Yang pasti menu yang akan saya buat disukai anak dan menggugah selera. Penasaran kan…. Sabar menunggu ya… 🙂 

Dan yang pasti. Sejak mengikuti webinar Peduli Gizi Anak Selama Pandemi bersama pekan lalu, saya jadi makin yakin untuk selalu menyediakan Morinaga Chil8Go! di rumah. Moms tentu juga bisa mengikuti langkah ini. Apalagi Morinaga Chil*Go! memang merupakan susu pertumbuhan yang kaya akan nutrisi. 

Biar mom lebih yakin, intip saja video berikut, pasti deh makin senang memberikan Morinaga Chil*Go! untuk selalu lindungi buah hati. Apalagi selama pandemi. 

 

 

 

Selamat berkreativitas dan menemani tumbuh kembang anak ya. Semoga kita semua selalu terlindungi dan bisa menang melawan pandemi. 🙂 

 

 

 

 

23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.