Daftar Tanggal Merah 2021, Sudah Siapkan Agenda?

Pantai Maumere

 

Mendekati hari lebaran Idul Fitri 2021 saya kini jadi rajin melihat kalender. Bolak-balik mencocokkan jadwal untuk mengatur agenda mudik. Sesuai rencana tahun ini kami akan mudik ke kampung halaman setelah dua kali lebaran tidak merasakan idul fitri bersama.

Saat mengatur jadwal, beberapa kali mata saya terpentok. Di awal april ada tanggal merah tepatnya pada 2 April.  Bulan berikutnya ada lagi tanggal merah Mei 2021 pada tanggal 1. Saya pun jadi berpikir kapan ya sebaiknya pulang kampung?

Aniwei, urusan tanggal merah ini memang selalu menarik ya. Apalagi buat kita yang akan merencanakan ini dan itu. Merencakan liburan, merencanakan pernikahan, kumpul keluarga, atau agenda penting lainnya. Di saat tanggal merah kita akan lebih mudah mengatur waktu untuk bertemu.

Nah, agar temans bisa menjadwalkan liburan atau menyiapkan agenda penting dengan baik dan tidak kebingungan seperti saya, yuk simak daftar tanggal merah 2021 di bawah ini.

Tanggal Merah April 2021

Tanggal Merah 2 April 2021

Tanggal merah bulan April 2021 jatuh pada tanggal 2, yaitu  peringatan wafat isa almasih. Hari libur ini merupakan hari besar agama bagi umat Nasrani yang biasa dikenal sebagai Jumat Agung. Jumat Agung merupakan rangkaian dari peringatan Paskah yang berlangsung pada hari minggunya. Paskah merupakan peringatan atas peristiwa Penyaliban Yesus Kristus dan wafatnya Isa Almasih.

Perayaan paskah merupakan pekan penting untuk umat Nasrani sehingga dilakukan selama sepekan yang biasa disebut dengan Pekan Suci. Selama sepekan uamatt nasrani akan melakukan rangkaian ibadah di antaranya Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci (Malam Paskah), dan Minggu Paskah.

Bagi umat nasrani di tanah air, peringatan wafat isa almasih biasanya ditandai dengan khidmat dengan lebih banyak ibadah kepada Tuhan.

Tanggal Merah Mei 2021

Pada bulan Mei terdapat beberapa tanggal merah. Ada tanggal merah pada 1 Mei 2021 yang diperingati sebagai hari buruh. Setelah itu ada tanggal merah selama dua hari berturut-turut pada 13 dan 14 Mei yang merupakan Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya ada tanggal merah pada 26 Mei 2021 yang merupakan Hari Raya Waisak. Jadi selama Mei terdapat dua kali peringatan hari besar agama yaitu Hari Raya Idul Fitri yang diperingati umat Islam dan Hari Raya Waisak yang diperingati umat Budha.

Tanggal Merah 1 Mei 2021

Beberapa tahun terakhir setiap 1 Mei diperingati sebagai hari buruh yang biasa disebut sebagai May Day. Pada tahun ini, peringatan hari buruh 1 Mei 2021 jatuh pada hari Sabtu.

Sesuai namanya, pada mulanya Hari Buruh menjadi hari bagi buruh untuk turun ke jalan memperjuangkan hak untuk mendapat kenaikan upah dan tunjangan kesejahteraan hidup yang layak. Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, setiap tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai libur nasional yang berlanjut sampai hari ini.

Sampai saat ini, hari buruh masih diperingati sebagai hari untuk turun ke jalan dan memperjuangkan hak. Namun, intensitas demonstrasi di kota-kota besar tidak lagi terkonsentrasi. Bahkan, banyak organisasi buruh yang memanfaatkan libur 1 Mei sebagai ajang untuk bersilaturahmi dan meningkatkan kapasitas buruh.

 

Tanggal Merah 13 dan 14 Mei 2021

Tanggal 13 dan 14 Mei 2021 merupakan tanggal merah untuk merayakan Lebaran Idul Fitri bagi umat islam. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, semarak Idul Fitri biasanya dirasakan di seantero negeri. Bahkan kemeriahan idul fitri sudah terasa sejak beberapa waktu sebelumnya saat mulai banyak masyarakat kota yang pulang kampong, mudik ke rumah orang tua.

Lebaran idul fitri 2021 ini dinilai sebagian orang akan lebih gegap gempita disbanding tahun sebelumnya karena arus mudik akan meningkat. Alasannya, pada 2020 orang banyak membatalkan mudik karena tidak bisa pulang tersebab larangan mudik akibat wabah Covid-19 atau corona yang berkembang.

Tahun 2021 ini, meski Corona masih menyebar namun masyarakat sudah mulai terbiasa dan melakukan tindakan antisipatif. Bahkan sudah banyak masyarakat yang mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Tanggal Merah 13 Mei 2021

Pada 13 Mei 2021 merupakan hari penting bagi Umat Islam dan Umat Nasrani. Bila pada tanggal ini umat islam merayakan lebaran Idul Fitri, maka pada 13 Mei 2021 umat nasrani memperingati Kamis Kenaikan, Kamis Kudus, atau Hari Kenaikan Isa Almasih. Kenaikan Isa Almasih merupakan hari penting bagi umat nasrani untuk memperingati naiknya Isa Almasih ke Surga.

Tanggal Merah 26 Mei 2021

Pada 26 Mei 2021 akan ada tanggal merah untuk perayaan Hari Waisak bagi umat Budha. Waisak merupakan hari besar keagamaan umat Budha di seluruh dunia.

Ada  tiga peristiwa penting pada hari raya Waisak yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, hari saat Pangeran Siddharta memperoleh penerangan Agung. Pada hari Waisak juga merupakan peringatan atas wafatnya Buddha Gautama.

Biasanya, peringatan Waisak selalu dilakukan pada saat bulan purnama pertama di bulan Mei setiap tahunnya. Di Indonesia, puncak peringatan hari Raya Waisak biasa dilakukan di Candi Borobudur. Selama waisak dilakukan berbagai ritual keagamaan yang sekaligus menarik bagi wisatawan.

Pada peringatan Waisak, Candi Borobudur biasanya akan menjadi ramai dan penuh dengan atraksi budaya dan ritual umat Budha. Tanggal Merah peringatan Waisak di Borobudur akan terasa berbeda.

 

Tanggal Merah Juni 2021

Tanggal Merah 1 Juni 2021

Bulan Juni merupakan bulan yang cukup penting dalam sejarah kemerdekaan Indpnesia. 1 Juni diawali dengan peringatan hari lahir Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila baru mulai ditetapkan sejak 2016 pada masa pemerintahan periode pertama Presiden Joko Widodo.

1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila karena merupakan hari perumusan Pancasila oleh Panitia Sembilan. Kejadian ini terjadi pada 1 Juni 1945. Peringatan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila pertama kali dikenalkan Presiden Indonesia Pertama, Soekarno pada 1964. Meski selalu diperingati setiap tahunnya, tanggal 1 Juni baru ditetapkan sebagai tanggal merah sejak 2016.

 

Tanggal Merah Juli 2021

Tanggal Merah 19 Juli 2021

Pada bulan Juli, tepatnya tanggal 19 Juli 2021 umat islam di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau biasa juga disebut hari raya kurban.

Pada hari raya ini biasanya dilaksanakan ibadah suci haji di Makkah. Karena itu Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai lebaran haji. Namun pada 2020 lalu pelaksanaan haji dilaksanakan sangat terbatas karena adanya wabah corona.

Hari Raya Idul Adha merupakan hari penting bagi umat islam sebagai peringatan atas peristiwa kurban yang berlatar kisah pengorbanan nabi Ibrahim AS dan ketaatan Nabi Ismail AS.

Tanggal Merah Agustus 2021

Tanggal Merah 9 Agustus 2021

Pada Agustus terdapat dua kali tanggal merah. Pertama pada 9 Agustus 2021 yang merupakan perayaan Tahun Baru Hijriah yang menjadi tahun baru umat Islam. Di banyak daerah, peringatan tahun baru islam diisi dengan pengajian dan tausyiah agama. Setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda dalam memperingati tahun baru islam ini.

 

Tanggal Merah 17 Agustus 2021

!7 Agustus 2021 merupakan hari penting bagi bangsa  Indonesia. Pada 17 Agustus seluruh warga negara Indonesia bersuka cita atas hari kemerdekaan yang diperingati dengan berbagai kegiatan. Tanggal ini diperingati sebagai hari proklamasi, hari lahirnya Indonesia.

Hari Kemerdekaan Indonesia sangat mudah dikenali karena adanya upacara bendera di setiap daerah. Hal yang berbeda, pada upacara 17 Agustus dilakukan pembacaan teks proklamasi dan peringatan detik-detik kemerdekaan. Ada banyak kegiatan dan  perlombaan yang dilaksanakan untuk memupuk nasionalisme dan semangat cinta tanah air.

Tanggal Merah September 2021

Tidak ada tanggal merah pada September 2021.

Tanggal Merah Oktober 2021

Tanggal Merah 18 Oktober 2021

Taggal 18 Oktober 2021 bertepatan dengan hari ke12 bulan Rabiul Awal dalam penanggalan islam atau kalender Hijriah,  Tanggal ini diperingari sebagai hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi dan rasul bagi umat Islam.

Pada masyarakat Indonesia, hari lahir nabi Muhammad SAW dikenal juga sebagai hari Maulid Nabi. Ada banyak kegiatan baik pengajian maupun tradisi budaya yang kental dengan nuansa agama pada saat peringatan hari Maulid Nabi. Sebagai contoh di Yogyakarta ada acara gerebek maulud.

Selamat Mualid Nabi, banyak dilaksanakan pembacaan shalawat dan pengajian untuk menghormati Nabi Muhammad SAW. Di beberapa daerah tahun Mualid Nabi ditandai dengan berbagai kegiatan seperti Sekaten di kerator Yogyakarta dan Keraton Solo. Pada masyarakat Jawa-Osing di Banyuwangi lain lagi ceritanya. Maulid Nabi diperingati dengan tradisi endhog-endhogan.

 

Tanggal Merah November 2021

Tidak ada tanggal merah pada November 2021

Tanggal Merah Desember 2021

Tanggal Merah 25 Desember 2021

Tanggal 25 Desember 2021 merupakan tanggal merah untuk perayaan Natal. Natal setiap tahunnya diperingati pada tanggal yang sama. Natal merupakan perayaan atas kelahiran Yesus.

Perayaan natal di Indonesia cukup gegap gempita yang ditandai dengan berbagai momen perayaan natal di pusat keramaian. Apalagi natal diperingati berdekatan dengan libur tahun baru dan juga libur sekolah sehingga lebih terasa auranya.

Libur Tanggal Merah

Itu dia daftar tanggal merah 2021. Tanggal merah juga berarti hari libur. Banyak yang memanfaatkan untuk mengambil cuti agar bisa menikmati hari libur. Nah, saat libur merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga.

Memilih pergi berlibur ke luar kota atau ke tempat dengan suasana berbeda bisa mengganti suasana dan membunuh kebosanan. Tidak ada salahnya juga memilih menginap di hotel, staycation dan liburan bersama keluarga.

Selamat menyusun agenda ya. 

Add a Comment

Your email address will not be published.