Ketinggalan Barang di KRL, Lakukan Langkah Ini

CommuterLine JabodetabekSemenjak dua tahun terakhir, Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line Jabodetabek menjadi andalan transportasi keluarga kecil kami. Sekadar berjalan mengunjungi keramaian di kota tua, mengistirahatkan mata di Kebun Raya Bogor ataupun menghadiri event blogger di sekitaran kawasan Sudirman.

Selain waktu keberangkatan yang relatif lebih pasti, suasana di dalam KRL lebih nyaman dibandingkan transportasi massal lain. Walau lebih nyaman tapi penumpang tetap harus berdesakan di waktu sibuk ya. Bisa susun kaya ikan teri di dalamnya. Ditumpukkk.

Di tengah kepadatan penumpang itu kemalangan bisa saja terjadi. Barang yang dibawa tertinggal. Wah bakal pusing dong, apalagi kalau ada benda berharga yang diletakan di dalamnya.

Kejadiaan malang itu terjadi kepada suami menjelang lebaran lalu. Saat pulang kerja hari itu suami membawa kardus bawaan. Karena kereta dalam keadaan padat, ia meletakan kardus bawaan di rak atas ketika jam pulang kerja.

Sampai di stasiun Depok Baru, ia pun buru-buru turun dan teringat ketika kereta sudah menutup pintu. Wuaaaahhhhh… panik dong. Tapi alhamdulillah dengan keprofesionalan pegawai PT KAI Commuter Jabodetabek, kardus itu dapat kembali dengan utuh.

Lalu bagaimana proses yang dilakukan jika temans mengalami kejadian serupa?

  1. Segera ingat nomor gerbong dan nomor perjalanan kereta

Sambil bergerak menghubungi petugas, dapat dilakukan pengingatan nomor gerbong dan nomor perjalanan untuk memudahkan pelaporan. Juga akan diminta posisi barang yang tertinggal.

  1. Segera hubungi petugas informasi atau pihak keamanan

Saat itu, ketika Papa Bintang sadar ketinggalan barang, ia langsung menghubungi petugas keamanan yang sedang berjaga di pintu keluar. Oleh petugas, Papa Bintang diarahkan ke ruang informasi. Ruang yang juga digunakan untuk menyampaikan pengumuman posisi kereta ataupun informasi lainnya terkait perjalanan kereta.

 

  1. Petugas akan meminta mengisi data pelaporan untuk administrasi kehilangan
  2. Petugas informasi menghubungi stasiun terdekat dengan posisi kereta untuk kemudian diperiksa oleh petugas keamanan sesuai ciri-ciri yang diberikan. Nah saat petugas sibuk crosscek setiap stasiun tugas kita sabar menunggu dan b 🙂
  1. Pencegatan kereta akan dilakukan berulang hingga stasiun akhir dilakukan pemeriksaan terakhir.

Untuk kejadian yang dialami suami, kereta mulai diperiksa oleh petugas keamanan di stasiun Citayam. Petugas keamanan tidak berhasil menemukan kardus yang tertinggal. Petugas informasi kemudian menghubungi petugas stasiun Bojong Gede untuk dilakukan pemeriksaan, demikian seterusnya hingga sampai di stasiun akhir. Jika tidak dibawa oleh penumpang lain, maka barang yang tertinggal akan ditemukan di stasiun akhir setelah seluruh penumpang turun dan petugas melakukan pemeriksaan terakhir. Ternyata benar, alhamdulillah kardus suami yang tertinggal masih ada. Petugas keamanan di stasiun Bogor mẹngkonfirmasi dan meminta suami menjemput.

  1. Penjemputan dilakukan oleh penumpang di lokasi penemuan

Setelah barang tertinggal ditemukan, oleh petugas di Depok Baru, suami diarahkan untuk menjemput ke stasiun Bogor. Setelah melewati proses pencocokan ciri-ciri maka barang akan diserahkan tanpa biaya apapun.

Uoho, senang banget ya temans. Hari itu saya dan suami berterima kasih sekali pada petugas KRL yang sudah bersikap profesional. Sebagai pengguna setia KRL, kami jadi tambah bangga dan senang dengan pelayanan KRL.

berubah-56645d512c7a614d07d0d5bc

Bagaimana bila kita baru sadar ketinggalan barang setelah jauh dari stasiun? Jangan buru-buru panik ya. Temans bisa menghubungi  help desk KCJ di (021) 380 7777, Hotline/SMS : 0815 1330 0331, Twitter : @CommuterLine, atau FB : Informasi Commuter Line.

Yang paling penting kita tahu adalah nomor kereta yang ditumpangi sehingga memudahkan pelacakan So temans, untuk selanjutnya, jangan lupa ya untuk selalu mengingat atau mencatat nomor kereta yang ditumpangi.

Dan sekarang lebih seru lagi kita bisa mengunduh aplikasi Info KRL dari google play store. Aplikasi ini memuat berbagai informasi mengenai perjalalanan, posisi kereta, jadwal dan peta rute.

23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *