SeOn, Rekomendasi Aplikasi Sekolah Berbasis Web untuk Semua Jenjang Pendidikan

Aplikasi sekolah berbasis web

Pandemi akibat penyebaran virus corona atau Covid-19 telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan, termasuk juga pendidikan. Bayangkan, selama pandemi, anak-anak menjalani fase baru dalam dunia pendidikan, belajar jarak jauh, school from home, atau istilah lainnya, Intinya, untuk sementara waktu, anak-anak harus menjalankan pendidikan secara online tanpa tatap muka langsung di sekolah.

Sesuai namanya, belajar jarak jauh memiliki metode yang berbeda. Bila biasanya guru bisa menjelaskan secara langsung kepada siswa mengenai materi belajar, sekarang materi harus disampaikan secara offline. Selama masa belajar dari rumah pun anak-anak menerima materi dengan metode yang berbeda antar sekolah.

Hal yang paling terpengaruh selama belajar dari rumah adalah manajemen sekolah dan sistem informasi sekolah. Beberapa sekolah mulai beralih memaksimalkan layanan online mulai dari penyebaran materi pelajaran, administrasi sekolah, absensi siswa, pelaksanaan ujian online dan bahkan rapor online..

Di sekolah si sulung Bintang, sejak pandemi semua pelajaran dilaksanakan secara online. Materi dibagian melalui tatap muka lewat zoom meeting dan juga melalui perangkat mengajar seperti video dan pdf. Penyebarannya ada yang melalui whats app grup dan ada pula melalui virtual meeting. Rapor pun juga sudah dibagikan dan terarsip secara online. Kebetulan sekolah ananda sudah menerapkan sistem informasi sekolah secara online.

 

Aplikasi sekolah berbasis web
Belajar di rumah

Sayangnya, belum semua sekolah menerapkan Sistem Informasi Sekolah berbasis website ini. Akibatnya pelaksanaan belajar dari rumah masih berjalan setengah-setengah. Materi pelajaran masih disebar melalui grup Wa. Bahkan ada juga yang berupa hard copy diambil ke sekolah masing-masing. Belum lagi urusan administrasi dan manajemen inventaris sekolah yang masih offline.

Ada banyak kendala yang membuat masih banyak sekolah baik negeri maupun swasta yang masih menerapkan manajemen sekolah baik  sistem informasi sekolah maupun proses belajar mengajar  secara konvensional. Bisa karena kendala sumber daya manusia, atau juga karena keterbatasan biaya operasional.

Yup. Sumber Daya Manusia yang mumpuni menjadi kunci perubahan dalam manajemen sekolah. Semua bidang seperti tata usaha, majelis guru, pengurus dan manajemen, bahkan juga orang tua dan murid harus terbiasa dengan teknologi digital. Memanfaatkan teknologi informasi untuk berbagai kebutuhan di bidang pendidikan.

Selain itu perlu adanya suatu sistem manajemen pendidikan berbasis website yang bisa menjawab berbagai kebutuhan pendidikan masa kini. Manajemen informasi pendidikan ini bisa didukung oleh aplikasi sekolah berbasis web yang tepat. Digitalisasi sekolah menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas sekolah. Sebagaimana telah dicanangkan oleh Bapak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Salah satu aplikasi sekolah berbasis web yang bisa menjadi pertimbangan untuk digunakan sekolah baik negeri maupun swasta adalah Aplikasi Pembelajaran Online dan Sistem Informasi Sekolah SeOn Indonesia yang dikembangkan PT SEON Indonesia 

SeOn merupakan aplikasi sekolah yang membantu warga sekolah menjalani pembelajaran online dengan mudah dan lengkap secara gratis. Selain itu, SeOn dirancang khusus agar “pas” sesuai dengan kekhasan pengelolaan sekolah di Indonesia

Lebih Dekat dengan SeOn Indonesia

SeON Indonesia Aplikasi sekolah berbasis web
Aplikasi SeOn membuat belajar menjadi lebih mudah

SeOn adalah platform yang memadukan manajemen pembelajaran, manajemen informasi dan pengelolaan sekolah dalam satu aplikasi. Aplikasi ini dirancang khusus menyesuaikan dengan sistem Pendidikan Indonesia yang khas. Nama fitur serta fungsi di SeOn pun dibuat khas seperti yang biasa ditemukan di sekolahan secara offline, sehingga susunan fitur SeOn sangat mudah digunakan.

Aplikasi SeOn memungkinkan adanya kolaborasi antara sekolah, guru, siswa dan orang tua akan terjalin secara efektif dan efisien. Semua pihak bisa merasakan manfaat dari seluruh fitur SeOn yang membantu dalam proses belajar mengajar dan sistem informasi sekolah.

Cara kerja aplikasi ini adalan dengan menggabungkan lebih banyak fitur sekolah online seperti online meeting, ujian, absensi, rekap penilaian  dalam satu platform. Dengan begitu pengguna baik guru, orang tua, murid, maupun manajemen sekolah tidak perlu keluar masuk untuk mengakses fitur-fitur dalam aplikasi.

SeOn juga mudah digunakan oleh semua pengguna dengan berbagai latar bekakang pendidikan. Pengalaman sekolah online akan menjadi lebih menyenangkan karena penggunaan SeOn yang mudah dan user friendly; semudah menggunakan media sosial. Dengan aplikasi SeOn guru tidak perlu bekerja dua kali hanya untuk mengolah data dan merekap nilai. Siswa dan orang tua pun bisa dengan mudah melakukan pengecekan.

Aplikasi sekolah berbasis web
Kelebihan aplikasi SeOn

Bagaimana dengan penggunaannya, apakah sudah sesuai dengan sistem pendidikan nasional yang berlaku saat ini. Yup. Sejak dirancang hingga digunakan SeOn memang sudah didesain khusus menyesuaikan sistem pendidikan Indonesia agar pengelolaan DAPODIK menjadi lebih mudah dan efisien.

Berikut 10 keunggulan aplikasi SeOn dalam memebantu meningkatkan kualitas pendidikan

  • GRATIS, Sekolah dapat menggunakan fitur-fitur di SeOn tanpa mengeluarkan biaya
  • Branding sekolah. Alamat website menggunakan nama sekolah, co: www.namasekolah.com 
  • Dapat di askes secara bersamaan baik oleh admin sekolah, pengajar, konselor BK, siswa, pengurus Eskul hingga orangtua.
  • Easy & Simple. Di desain agar mudah dipergunakan untuk semua yang terlibat di sekolah, semudah bermain social media.
  • Multi Akses. Dapat di askes menggunakan berbagai Desktop PC, Laptop dan Smartphone dimana saja kapan saja sepanjang ada koneksi internet.
  • One Stop Solution. Fitur lebih lengkap untuk mendukung kebutuhan KBM dan sistem informasi sekolah dalam satu aplikasi. (klik ‘Jelajahi fitur’ untuk lebih jelas)
  • Parental Supervision. Dengan akun khusus, orangtua dapat memantau proses pendidikan putra/i-nya dengan mudah, cepat dan realtime.
  • Up to Date. Fitur-fiturnya terus dikembangkan, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan regulasi Kemendikbud.
  • High Security. Sekolah tersimpan di tempat yang aman dengan server khusus yang dilengkapi sistem backup periodik.
  • Anti Down. Kapasitas server untuk setiap sekolah di sesuaikan dengan jumlah user/pengguna sehingga dapat meminimalisir terjadinya server down.
Seon Aplikasi sekolah berbasis web
Keunggulan aplikasi SeOn

Manfaat Aplikasi SeOn

Siapa saja yang akan merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi ini? Semua pihak baik orang tua, guru. Manajemen sekolah, tata usaha dan siswa akan merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi ini.

  • Bagi Sekolah

Bagi sekolah, penggunaan aplikasi SeOn bisa meningkatkan brand sebagai sekolah yang menerapkan teknologi terkini.Selain itu manajemen akan lebih mudah karena adanya efisiensi dan paperless sehingga akan hemat biaya operasional untuk kebutuhan ATK.

Dengan menggunakan aplikasi SeOn, data sekolah akan menjadi lebih rapi, mudah dan aman. Selain itu, komunikasi dengan orangtua jadi lebih mudah dan praktis. Begitu pula dengan pelaporan administrasi ke Dinas Pendidikan semakin Mudah karena sudah terintegrasi dalam Learning Management System

  • Bagi Guru

Guru akan menjadi pihak yang banyak terbantu dengan adanya aplikasi SeOn. Mengajar menjadi lebih mudah dengan live video tanpa keluar platform. Mudah memberikan tugas atau ujian dengan berbagai jenis soal.

Penilaian lebih cepat dengan sistem otomatis. Rekap presensi siswa lebih mudah dan lebih cepat. Pelaporan lebih mudah. Mudah penyampaian informasi kepada siswa dan orangtua. Berkesempatan mendapat berbagai hadiah sebagai pengguna aktif seon

  • Bagi Siswa

Informasi lebih cepat di akses Belajar lebih menyenangkan Akses mudah dan dilengkapi fitur personalisasi sesuai keinginan seperti sosmed Bisa berkomunikasi dengan guru tanpa keluar aplikasi Mengerjakan tugas langsung di aplikasi. Bisa melakukan virtual konseling bersama guru BK Bisa membuat grup virtual antar siswa atau komunikasi eskul

  • Bagi Orang Tua

Dapat memantau proses pendidikan anak secara real time Mudah berkomunikasi dengan guru/pihak sekolah Informasi dari sekolah bisa cepat dan mudah di akses
Dapat mengetahui teman sekelas anak lengkap nomor HP-nya Dapat melakukan transaksi pembayaran biaya sekolah semudah belanja online

 

Bagaimana cara berlanggan SeOn

SeOn Aplikasi sekolah berbasis web
Fitur yang terdapat dalam aplikasi SeOn

Di tengah perkembangan dunia digital saat ini, saat pandemi nantinya tertangani (semoga), tentu saja kebutuhan akan sistem informasi sekolah berbasis web ini akan tetap diperlukan. Ada atau tidak ada pandemi, perubahan manajemen sekolah perlu berubah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Karena itu bukan tidak mungkin akan banyak sekolah yang membutuhkan SeOn.

Bagi sekolah yang ingin memanfaatkan aplikasi SeoOn sangat mudah. Apalagi aplikasi ini tersedia secara gratis dengan layanan maksimal. Bahkan tim SeOn akan memberi pendampingan dalam penggunaan aplikasi ini.

Sekolah hanya perlu mengirim daftar nama siswa, NISN dan daftar nama guru. Selanjutnya Tim SeOn akan membantu proses setup SeOn sampai dapat digunakan. Proses setup memerlukan waktu 3-7 hari kerja. Selanjutnya, im seon dapat memberikan In House Training kepada guru-guru di sekolah Anda. Untuk wilayah Bandung Raya tidak ada pungutan biaya. Khusus untuk sekolah yang berada diluar Bandung Raya, maka transportasi dan akomodasi Tim SeOn ditanggung oleh pihak sekolah. Silahkan menghubungi Customer Relationship Officer kami untuk informasi lebih lanjut.

Seluruh siswa di satu sekolah dapat di input menjadi pengguna SeOn termasuk akun untuk guru dan orangtua. High Security Database. Sekolah tersimpan di tempat yang aman dengan server khusus yang dilengkapi sistem backup periodik.

 

SeOn Aplikasi sekolah berbasis web
layanan SeOn untuk perbaikan manajemen informasi sekolah

 

Terdapat dua produk SeOn yang bisa dimanfaatkan sekolah yait paket reguler dan premium. Layanan gratis SeOn disebut reguler, sedangkan layanan berbayar di sebut premium. Semua fitur yang ada di layanan Premium dapat digunakan pada layanan reguler, kecuali Bank Soal.

Untuk keperluan dasar KBM dan Sistem Manajemen Sekolah sudah bisa dipenuhi oleh layanan Reguler. Sedangkan layanan Premium memungkinkan user memanfaatkan secara maksimal fitur-fitur yang ada di reguler tanpa batasan.

Nah bila ada sekolah yang ingin merasakan manfaat maksimal aplikasi SeOn bisa mendapatkan info lanjutan melalui:

 

Website: www.SeOnIndonesia.com

Instagram : @seonindonesia 

SeOn, Aplikasi Pembelajaran Online dan Sistem Informasi Sekolah

Head Office:

Setiabudi Regency Bandung

Jl. Zamrud I No.193i Bandung, Jawa Barat

Telp. 022-42826546

Email. info@seonindonesia.com

Branch Office :

Jl. Pasir huni I No.3 Bandung

 

 

 

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.