Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory dari SystemEver, Kunci Sukses Kembangkan Usaha

Sistem Cloud ERP

Sistem Cloud ERP  untuk manajemen inventory yang dihadirkan SystemEver akan memberi pengalaman berbeda bagi pelaku usaha.  Efektivitas dan efisiensi sistem ERP akan  mendongkrak produktivitas dan kinerja usaha. 

***

Dalam perkembangan dunia usaha, penggunaan sistem cloud ERP (Enterprise Resources Planning) untuk manajemen inventory makin banyak diterapkan. Seiring meningkatnya volume usaha, seringkali para pelaku bisnis mulai kesulitan dalam menginventarisir berbagai aktivitas di perusahaan, baik dalam urusan akunting, administrasi, produksi dan distribusi.

Pada titik inilah biasanya pelaku usaha membutuhkan manajemen terpadu berupa manajemen inventory yang berperan krusial dalam bisnis. Semakin besar skala industri dan produksi  suatu usaha barang maka, kebutuhan akan sistem manajemen inventory yang terpadu dan efisien semakin besar pula. Dengan begitu kebutuhan untuk penggunaan sistem software cloud ERP dalam pengelolaan manajemen inventory menjadi tak terelakkan.

 Cloud ERP adalah sebuah sistem Enterprise Resource Planning yang dibuat dan dihosting melalui  sebuah server atau platform  yang dikelola dan dijalankan melalui web browser tersebut. Penggunaan ERP Cloud akan memberi kesempatan pada user untuk dapat mengakses data dari mana saja dengan menggunakan web browser.

Berbeda dengan sistem ERP konvensional, cloud ERP lebih praktis dan mudah untuk diterapkan karena tidak memaksa pengelola usaha untuk menyediakan server sendiri untuk mendukung operasional ERP. Pemilik usaha juga bisa memangkas biaya operasional karena tidak perlu lagi mempekerjakan staf IT yang banyak untuk mengelola perangkat server.

Penggunaan sistem cloud ERP dalam manajemen inventory sebuah perusahaan akan memudahkan manajemen dalam menjalankan dan mengendalikan usaha. Ia secara otomatis bisa melakukan otentifikasi pengelolaan logistik,  sistem penjualan, data karyawan, administrasi, dan distribusi sehingga bisnis bisa berjalan lebih praktis dan efisien.

 

Cloud ERP Manajemen Inventory
Manajemen inventory secara tradisional kurang efektif dan efisien dibanding sistem Cloud ERP

 

Mengapa Sistem Cloud ERP Penting dalam Manajemen Inventory Perusahaan?

Salah satu kebutuhan pengembangan dunia usaha saat ini adalah terciptanya sebuah manajemen yang terintegrasi, terpadu, dan efisien. Dengan pengelolaan yang lebih rapi manajemen akan lebih mudah melakukan planning, organizing, controlling dan evaluating,

Keberadaan Cloud ERP dalam sistem manajemen inventory akan memudahkan pengintegrasian aliran data dan informasi lintas departemen sehingga memungkinkan terjadinya aksi bisnis dalam satu waktu. Manajemen serta pemilik usaha juga bisa melakukan transaksi keuangan secara realtime.

Hal yang lebih penting bahwa penggunaan Cloud ERP dalam manajemen inventory akan memudahkan para pelaku bisnis dalam mengambil keputusan strategis secara akurat dan cepat berdasarkan data real kondisi usaha di lapangan.  Cloud ERP akan menyajikan data valid dan terkini yang bisa menjadi pertimbangan dan bahan masukan dalam rapat pimpinan perusahaan.

Penggunaan Cloud ERP juga akan menutup peluang terjadinya manipulasi data oleh pihak tertentu yang dapat mempengaruhi keputusan perusahaan. Selain itu tidak perlu menunggu lama melewati rantai birokrasi yang panjang untuk membuat rencana strategis perusahaan berdasarkan data terkini.

Perusahaan yang ingin berkembang dengan cepat juga dapat memanfaatkan sistem cloud ERP untuk mengggenjot produktivitas karena pemilik perusahaan dapat mengawasi secara langsung proses produksi. Pihak manajemen juga bisa melakukan perencanaan yang lebih fleksibel dalam menentukan kapasitas produksi sesuai dengan permintaan pasar.

Software ERP Manajemen inventory
Software ERP Manajemen inventory memudahkan pendataan

 

Bagaimana Cara Menentukan Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory yang Cocok untuk Usaha? 

Saat ini terdapat sejumlah perusahaan yang menyediakan software ERP untuk kebutuhan inventaris perusahaan. Namun, pemilik usaha harus jeli dalam menentukan software cloud ERP mana yang cocok untuk dipakai.

Saat memilih perusahaan penyedia software ERP yang akan digandeng untuk mengembangkan usaha perhatikan hal-hal berikut:

 

  1. Sesuaikan Cloud ERP dengan kebutuhan perusahaan

Setiap level usaha memiliki kerumitan dan permasalahan berbeda dalam manajemen inventory atau inventaris perusahaan. Semakin besar suatu usaha biasanya kebutuhan akan pendataan menjadi lebih kompleks dan rumit. Namun, bukan berarti usaha kecil dan menengah tak membutuhkan manajemen inventory.

Jenis bidang usaha yang ditekuni pun juga memiliki kebutuhan inventarisasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh UKM di bidang jasa seperti franchise laundry akan membutuhkan manajemen inventory yang berbeda dibanding UKM di bidang fast moving consumer goods.

Pada UKM Jasa data transaksi menjadi poin utama, sedangkan pada UKM FMCG juga membutuhkan data produksi dan distribusi logistik. Lain lagi untuk UKM bidang reseller produk yang bisa saja akan lebih membutuhkan sistem controlling. Jadi sistem ERP untuk jasa akan berbeda dengan ERP untuk usaha FMCG.  

Sebelum memutuskan menggunakan cloud ERP tertentu, maka perlu dipastikan apakah software ERP yang disediakan bisa menjawab berbagai kebutuhan dan permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. Pahami juga bahwa software ERP untuk perusahaan distribusi juga memiliki karakteristik tersendiri.  

 

2. Cari Tahu Harga dan Cakupan Layanan Cloud ERP

Pada saat akan membeli atau menyewa layanan cloud ERP, pastikan kita sudah mengetahui cakupan layanan dan fitur dalam software ERP yang akan digunakan. Jangan sampai harga yang dibayarkan tidak sebanding dengan fasilitas dan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk kemudahan usaha.

Beberapa fitur utama sebaiknya ada dalam sebuah software ERP manajemen inventory adalah manajemen stok, manajemen procurement, barcode scanning, shipment tracker. Untuk penamaan fitur bisa saja berbeda antar software namun yang pasti fungsinya harus mencakup hal-hal tersebut.

Fitur manajemen stok akan membantu pengguna mengetahui dan memantau pergerakan barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Ketika suatu barang berpindah dari suatu titik seperti gudang atau toko, maka fitur secara otomatis akan mengurangi jumlah stok yang dimiliki (inventory on hand).

Fitur manajemen procurement akan memudahkan pengguna mengatur jumlah persediaan stok minimum yang diperlukan. Dengan adanya sistem alarm atau notifikasi maka pengguna bisa melakukan restock dan mengatur sistem pembelian.

Pada software manajemen inventaris yang akan tersedia analitik laporan yang akan memudahkan pengguna memantau pergerakan terkini. Dengan data akurat pengambil bisa membuat keputusan strategis terkait keberlangsungan usaha. Ditunjang dengan sistem cloud computing maka data akan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja sehingga koordinasi dan komunikasi terkait usaha bisa berlangsung setiap saat.

Mengenai harga yang harus dibayarkan untuk membeli atau menyewa sistem cloud ERP manajemen inventory bisa sangat bervariatif. Sesuaikan harga dengan budget dan kebutuhan perusahaan. Selain itu pastikan bahwa harga yang dibayarkan sudah termasuk maintenance jaringan.

 

3. Pilih Penyedia Cloud ERP Manajemen Inventory Terpercaya

SystemEver Sistem Cloud ERP Terbaik
Sistem Cloud ERP Terbaik dari SystemEver

 

Mengetahui rekam jejak dan pengalaman vendor penyedia cloud ERP yang dipilih menjadi amat penting untuk mengetahui kapasitas layanan yang akan dibeli atau disewa. Vendor berpengalaman biasanya lebih responsive dan dapat membantu dalam pengoperasionalan sistem cloud ERP yang akan digunakan.

Memilih vendor terpercaya sangat penting untuk memastikan kestabilan jaringan. Selain itu keamanan data juga akan lebih terjaga. Kita tentu tidak mau data internal perusahaan dengan mudah dapat diakses oleh pihak ketiga yang bisa mematikan usaha yang sedang dikembangkan.

Salah satu software ERP yang banyak digunakan para pelaku usaha adalah SystemEver. Sistem Cloud ERP yang dikeluarkan SystemEver terkenal memiliki cakupan dan daya kerja yang mumpuni dan sudah digunakan sejumlah perusahaan lokal dan juga mancanegara.

 

SystemEver, Solusi Cloud ERP Terbaik untuk Manajemen Inventory Usaha

SystemEver adalah Sistem Software Cloud ERP yang dimiliki oleh perusahaan asal Korea Selatan, Younglimwon Soft Lab Co., Ltd. Di Korea Selatan, YoungLing Won  sudah berdiri sejak 27 tahun lalu dan sejak Agustus 2020 sudah mencatatkan saham di bursa Korea. Saat ini SystemEver sudah mencakup Jepang, Vietnam, dan Indonesia.

SystemEver masuk ke Indonesia pada 2017 dengan memperkenalkan produk yang khusus dirancang untuk pasar Indonesia melalui SystemEver i-Series. Sebagai bentuk keseriusan dalam mendampingi dunia usaha dalam negeri, sejak 2019 SystemEver mendirikan Indonesia Consulting Lab yang membantu para pelaku usia dalam penerapan ERP terpadu.

Software SystemEver i-series yang dirancang khusus untuk pelaku UKM di Indonesia menghadirkan tiga produk unggulan cloud ERP Indonesia

  1. SystemEver i1 untuk Accounting,
  2. SystemEver i5 sebagai ERP terintegrasi untuk perusahaan perdagangan dan distribusi,
  3. SystemEver  produk i7 yang merupakan Integrated ERP for Manufacture

 

Cloud ERP SystemEver i-Series
Cakupan layanan Cloud ERP SystemEver i-Series

 

Saat ini sistem aplikasi ERP sudah didistribusikan kepada ribuan pelanggan yang mencakup bidang Perdagangan dan Distribusi, Manufaktur & Industri Layanan. Dalam sistem ERP SystemEver  tercakup fitur meliputi aplikasi persediaan barang (inventory), aplikasi sistem penjualan dan distribusi, program akuntansi, sistem pembelian hingga sistem manajemen.

Yang paling menarik bahwa software sistem ERP mudah digunakan dan disesuaikan serta dikemas dengan inovatif. Selain itu aplikasi SystemEver mudah digunakan, tidak terbatas waktu dan lokasi sehingga bagian terkait bisa bekerja lebih fleksibel.

Fleksibilitas dan keandalan jaringan cloud computing yang ditawarkan sistem cloud ERP SystemEver ini akan sangat sesuai dengan perkembangan dunia digital di mana setiap orang bisa bekerja dari mana saja tanpa mengurangi produktivitas kerja.

Pilihan lain bagi para pengguna bahwa SystemEver adalah sistem software cloud ERP yang dapat dikustom sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan meningkatkan kualitas yang terstandarisasi. Itulah sebabnya SystemEver menjadi solusi cloud ERP  yang cocok untuk berbagai perusahaan seperti distribusi, trading, services sampai manufaktur.

 

Apa Keunggulan Cloud ERP SystemEver dibanding Sistem ERP lain?

 

SystemEver listing di bursa korea
SystemEver listing di bursa Korea Selatan

Di Indonesia penggunaan sistem cloud ERP dari SystemEver  terus diminati kalangan pelaku usaha karena selain mengeluarkan produk, SystemEver juga memberi pendampingan dan tumbuh bersama pelaku usaha. 

Keunggulan sistem Cloud ERP SystemEver membuat ia cocok digunakan untuk pelaku usaha yang tengah berkembang, peralihan UKM menuju enterprise. SystemEver menghadirkan sistem manajemen inventory terintegrasi yang membuat usaha menjadi lebih efektif dan efisien.

Setidaknya ada tiga keunggulan yang membuat ERP Cloud SystemEver lebih unggul

  1. Bisa digunakan dimana saja : SystemEver dapat dengan mudah diakses dari mana saja, mulai dari PC/Desktop, Tablet/iPad hingga Smartphone. 
  1. Menggunakan sistem cloud terbaik : Saat ini Systemever merupakan system cloud ERP terbaik di Asia. SystemEver dinobatkan menjadi  ASIA TOP ERP  untuk tahun 2018 dan 2020.
  1. Tumbuh bersama perusahaan : Sistem Software ERP terkemuka dari Korea Selatan ini hadir di Indonesia dan berbasis di Jakarta. Mereka berkomitmen untuk berkembang bersama pelaku usaha Indonesia dalam berbagai bidang usaha. Saat para pelaku usaha sudah berkembang makin besar maka mereka bisa pindah ke sistem Cloud ERP level global dengan kapasitas yang lebih besar yaitu K-System. SystemEver memberi jaminan jaminan jaringan yang stabil dan help desk 24 jam non stop untuk memberikan dukungan penuh kepada para pengguna.

 

Kelebihan Sistem Cloud ERP SystemEver
Kelebihan Sistem Cloud ERP SystemEver

 

Lebih Mudah dengan SystemEver Visual-K

Jaringan stabil dan sistem cloud ERP yang handal tak aka nada artinya bisa ternyata sistemnya sulit untuk dioperasikan. Sebagai bentuk komitmen memberikan kemudahan dan efisiensi kepada pelaku usaha, SystemEver menyediakan fitur One Page Visual K.

Fitur visual K berfungsi membuat pengguna lebih mudah dalam menggunakan software ERP.  Dengan tampilan antarmuka yang mudah dipahami, pengguna tidak perlu lagi menggunakan pull down menu sehingga menjadi lebih sederhana.

Tampilan sistem dalam satu layar ini juga akan memudahkan pengguna dan mempersingkat waktu input data. Dengan begitu pekerjaan menjadi lebih efisien. Penjelasan dan bahasa program yang ringkas membuat SystemEver lebih mudah digunakan. Hanya perlu dua kali latihan bagi pengguna sistem cloud ERP pemula untuk bisa mengoperasikan sistem dengan baik.

 

Visual K One Page SystemEver
Tampilan Visual K One Page SystemEver

 

Keberadaan fitur visual K menguntungkan pengguna karena semua proses pekerjaan manajemen inventory mulai dari sales, purchase sales dan production bisa dilakukan cukup dalam satu layer. Caranya mudah hanya dengan double click

 

“Saat ini SystemEver merupakan satu-satunya system cloud ERP yang menerapkan visual menu. “

 

Pada akhirnya kehadiran SystemEver sebagai software unggulan untuk sistem cloud ERP Indonesia  dalam manajemen inventory akan memberi kemudahan untuk pengguna. Mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas dan usaha sehingga bisa berkembang ke level yang lebih tinggi.

***

 

Summary
Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver untuk Usaha
Article Name
Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver untuk Usaha
Description
Sistem Cloud ERP  untuk manajemen inventory yang dihadirkan SystemEver akan memberi pengalaman berbeda bagi pelaku usaha.  Efektivitas dan efisiensi sistem ERP akan  mendongkrak produktivitas dan kinerja usaha. 
Author
Publisher Name
Dunia Biza Network
Publisher Logo

Add a Comment

Your email address will not be published.