Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Leonid Utyosov

Google Doodle hari ini menampilkan musisi berbakat dari Uni Soviet Leonid Utyosov. Aktor dan musisi dari Wilayah Odessa, sekarang bagian dari Ukraina itu merayakan ulang tahun ke-125 pada hari ini, Sabtu (21/3) waktu setempat.

Leonid Utyosov lahir dengan nama  Lazar Iosifovich Weissbein pada 1895. Ia berasal dari kelas menengah dan kemudian mempopulerkan music Jazz Amerika di Uni Soviet.

Pada masa mudanya, Leonid Utyosov memulai karir sebagai aktor teater hingga pemain sirkus. Ia juga berbakat dalam kompetisi tarik suara. Setelah memenangkan kompetisi menyanyi, Leonid Utyosov membentuk band yang berkeliling Moskow secara teratur.

Dalam tur kelilingnya, Leonid Utyosov bertemu dengan genre musik Jazz dari Amerika pada 1928. Pertemuan jenis musik ini membawa kesan khusus baginya, dalam setahun Leonid Utyosov kemudian membentuk band jazz nya sendiri yang dikenal dengan Tea-Jazz Orchestra. Grup ini kemudian tampil dalam perpaduan genre termasuk Jazz Amerika, musik rakyat Yahudi, Tango hingga lagu tradisional penduduk Soviet yang digunakan sebagai pengantar tidur.

Band genre Jazz yang dibawakan Leonid Utyosov ini mendapatkan sambutan besar oleh pemirsa. Leonid Utyosov kemudian melahirkan film komedi musikal Vesyolye Rebyata (Jolly Fellows, 1934) yang mendapat sambutan meriah di seluruh negeri.

Atas dedikasinya dalam seni dan peran ini, pada 1965 pemerintah Soviet menetapkan Leonid Utyosov sebagai artis rakyat. Selanjutnya pada tahun 2000, sebuah patung didirikan di kampung halamannya Odessa sebagau penghormatan atas karyanya dalam seni dan peran.

Add a Comment

Your email address will not be published.