Menikmati Mudahnya Wisata dengan Kereta

Menghabiskan waktu untuk liburan apalagi bersama orang terkasih tentu menyenangkan bukan? Namun, ada kalanya kita ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Pergi bersama rombongan dengan menggunakan bus tentu sudah biasa, tapi jika menggunakan kereta, hal ini bisa memberi pengalaman baru untuk liburan.

Banyak orang mengira dengan kereta, kita lebih terbatas mengakses tempat wisata karena harus datang ke stasiun lebih dahulu. Hal ini ada benarnya tapi ada beberapa pengecualian yang tentunya bisa dimanfaatkan.

Bagaimana Cara dapat Akses Wisata Mudah dengan Kereta?

Tergantung dari destinasi wisata yang dipilih, beberapa tempat wisata sangat dekat dengan stasiun. Bahkan pada beberapa kasus, stasiun tersebut juga sudah bisa jadi daya tarik tersendiri. Beberapa kota memiliki stasiun tua yang sengaja dipertahankan untuk memperlihatkan nilai sejarahnya.

Bagi temans yang ingin cari tiket kereta untuk wisata dekat seperti ini sangat direkomendasikan menggunakan jasa pesan online. Sebagai contoh, kita bisa beli tiket untuk wisata dengan lebih mudah bersama Traveloka. Pesan tiket KAI online hanya di aplikasi Traveloka akan banyak memberi keuntungan. Mulai dari harga promosi, kemudahan pemesanan dan bahkan mengurus hotel serta keperluan liburan lain bisa dengan aplikasi ini.

Nah, menggunakan aplikasi ini kita bisa cek beberapa kota yang terkenal akan daerah wisatanya. Mulai dari Bandung, Lembang dan Cirebon ataupun jalur kereta selatan yang memberi akses ke Yogyakarta, Solo sampai Malang. Kota – kota ini memiliki banyak tempat wisata yang dekat dengan range stasiun. Biasanya tidak perlu perjalanan 30 menit, pasti temans bisa mengunjungi banyak tempat wisata.

Sebagai contoh saja, jika mengunjungi Yogyakarta dan datang ke Stasiun Tugu, kita sudah bisa datangi langsung Malioboro, Tugu Jogja dan Keraton Yogyakarta. Di stasiun ini, kita bisa gunakan kendaraan umum ataupun taxi online untuk keperluan mencapai tempat tujuan. Jika ingin lebih spesial, kendaraan tradisional seperti becak dan dokar juga bisa dicoba.

Museum Kereta Semarang

Mencoba Wisata Banyak Kota dengan Kereta

Berbeda dengan menggunakan bus untuk tour beberapa kota, kita akan lebih mudah melakukan tour menggunakan kereta. Hal ini berhubungan dengan jalur kereta yang bebas hambatan sehingga lebih konsisten untuk keperluan jadwal tour. Kita cukup menyusun jadwal liburan untuk dapat memenuhi jadwal keberangkatan dari kereta.

Jalur kereta yang digunakan terkadang bisa memberi feel jalan – jalan yang berbeda daripada menggunakan bus. Sebagai contoh saja jika pergi jalan – jalan dari Jakarta ke Surabaya. Jalur kereta ini bisa dibawa melewati beberapa tempat seperti Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang dan Lamongan. Setiap kota tentu bisa menawarkan tempat pariwisata yang unik dan berbeda, tapi hal yang jelas adalah rute dari kereta ini lebih sering berada di pinggir laut.

Bayangkan saja liburan dengan kereta sambil menikmati pemandangan laut setiap berangkat. Hal ini akan tambah menakjubkan saat pagi hari di mana sunrise membuat pengalaman berlibur dan tour dengan kereta makin indah. Jika menggunakan bus, kita mungkin bisa ambil jalur laut, tapi apakah teman yakin tidak akan kena macet? Jika kereta, masalah itu tidak perlu dipikirkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Wisata dengan Kereta

Jika temans tertarik melakukan tour dan wisata menggunakan kereta,  kita harus melakukan persiapan tersendiri. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat tour wisata dengan menggunakan kereta!

  • Pastikan sudah melakukan persiapan untuk lokasi kota yang dikunjungi, jalur kereta yang dipilih, pemesanan tiket dan juga budget. Semua persiapan penting demi kelancaran wisata.
  • Pastikan menjadwalkan istirahat cukup. Jika memutuskan harus menginap, coba ambil kereta malam agar tour perjalanan lebih efisien.
  • Pastikan membawa keperluan pribadi yang lengkap. Selama tour, hal seperti sakit ataupun keperluan membeli keperluan pribadi akan membuat jadwal berantankan.
  • Tour dengan kereta tidak bisa untuk banyak orang. Rombongan yang efektif untuk kereta biasanya hanya 4 sampai 6 orang. Jika terlalu banyak, pengaturan dan pengecekan rombongan biasanya lebih sulit. Selain itu pemesanan kursi akan lebih ribet untuk memastikan anggota rombongan berdekatan duduknya.

Sekian bahasan seputar wisata tour menggunakan kereta. Masih banyak orang merasa liburan kereta itu lebih ribet. Tapi jika sudah di coba, temans akan merasa lebih nyaman karena perjalanan lebih pasti dan jadwal bisa dipenuhi untuk tour beberapa kota sekaligus. 🙂

 

 

 

 

 

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.