Pupuk Organik Dinosaurus, Cara Pakai dan Kelebihan untuk Tanah

pupuk organik dinosaurus

“Pupuk Organik Dinosaurus, mengembalikan kesuburan tanah seperti saat bumi diciptakan.”

***

Nama pupuk organik dinosaurus sebenarnya sudah tidak terlalu asing di telinga saya. Di kampung, orang tua pernah membahas mengenai pupuk hayati dinosaurus ini dalam suatu kali kesempatan. Sebagai petani padi dan sayur-sayuran memang orang tua menggunakan beberapa jenis pupuk setiap kali musim tanam. Makanya tak heran saya pernah mendengar nama pupuk ini disebut.

Makanya ketika mendapat kesempatan menulis mengenai pupuk organik dinosaurus ini saya langsung bersemangat. Apalagi, saya sering membaca cerita atau informasi di berbagai media mengenai kisah sukses para petani yang telah menggunakan pupuk organik hayati dinosaurus ini untuk menyuburkan tanaman.

Sebagai negara agraris penggunaan pupuk di Indonesia memang cukup tinggi. Petani di berbagai wilayah mengandalkan pupuk untuk berbagai kebutuhan tanaman seperti memperbesar buah, menghilangkan hama, menyuburkan tanah dan mempercepat masa panen. Macam-macam pupuk yang dipakai baik pupuk alami maupun pupuk buatan.

Pupuk Organik Dinosaurus merupakan jenis pupuk yang terbilang baru di Indonesia tetapi sudah banyak menelurkan cerita sukses para petani. Pupuk ini dikembangkan oleh PT. Pramudita Darya Parma  sejak 11 tahun lau dan kini telah banyak dipakai di banyak daerah.

 

 

Pupuk Organik dinosaurus adalah pupuk organik hayati berbentuk cair, terbuat dari bahan-bahan pilihan yang kaya akan unsur hara mikro, makro, dan bakteri-bakteri baik pengurai unsur hara dalam tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman. 

Cara kerjanya sederhana. Bakteri baik yang terkandung dalam Pupuk organik hayati Dinosaurus ini membantu secara efektif dalam proses biologis fiksasi nitrogen, penyerapan phospat, dan kalium. Selain itu bakteri baik memiliki sifat anti-pathogen yang dapat membantu melindungi tanaman dari serangan hama. Sedangkan nutrisi dalam Pupuk Dinosaurus berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tanaman.

Pupuk ini pun aman digunakan karena sudah mendapat izin resmi dari Kementerian Pertanian. Jadi tidak perlu deg-degan.

“Pupuk DINOSAURUS sudah terdaftar resmi di Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan nomor pendaftaran “03.02.2018.171”

 

Cara Pakai Pupuk Organik Dinosaurus.

 

Sesuai bentuknya yang cair, cara pakai pupuk organik dinosaurus relatif berbeda dibanding pupuk kebanyakan yang biasa digunakan oleh petani. Cara pakai pupuk organik dinosauru ini bisa  dengan dikocor ataupun disemprot sesuai denngan kondisi media tanam dan tanaman yang akan dipakai.

Pada saat pemakaian, hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana dan kapan cara pakai yangn tepat. Penggunaan pupuk organik dinosaurus ini disarankan langsung diaplikasi ke tanah bukan ke batang atau daun. Namun, apabila pada saat pengaplikasian terkena batang atau daun kita tidak perlu khawatir karena pupuk ini aman untuk tanaman.

Untuk penggunaan, pupuk organik dinosaurus ini harus dicampur dengan air. Konsentratnya yang tinggi membuat sebelum pengaplikasian disarankan diencerkan terlebih dahulu.

 

“Pengenceran bisa dilakukan dengan perbandingan 1 : 50. Artinya, untuk pencampuran 1 liter pupuk Dinosaurus sebaiknya dengan 50 liter air biasa”

Untuk mempermudah, perbandingan pencampurannya adalah 1 gelas Aqua Pupuk Dinosaurus di campur dengan 1 Galon Air 15-19 Liter. Pupuk ini juga dapat dimanfaatkan sebagai dekomposer juga untuk mempercepat pengomposan.

Selain untuk media tanah langsung, pupuk dinosaurus juga bisa digunakan untuk tanaman hidroponik. Namun fungsinya tak lagi untuk menyuburkan tanah tetapi menjadi  booster atau perangsang mempercepat pertumbuhan tanaman. Meski begitu, penggunaan pupuk dinosaurus untuk tanaman hidropinik disaranakan tetap diikuti dengan pemberian ABmix untuk nutrisi utamanya.

Pupuk Organik Dinosaurus bisa digunakan untuk semua jenis tanaman, terutama untuk tanaman dengan medianya tanah. Jadi tidak hanya untuk tanaman buah tetapi juga bisa untuk sayur-sayuran. Bakteri yang terdapat dalam kandungan pupuk organik dinosaurus ini akan membantu mengurai unsur nutrisi dalam tanah sehingga tanah dan tanaman akan menjadi lebih subur.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, berikut panduan cara pakai pupuk organik hayati dinosaurus untuk tanaman

  1. Larutkan Pupuk Dinosaurus dalam air dengan perbandingan 1:50.
  2. Semprotkan pada bagian perakaran tanaman, 1 kali per dua minggu
  3. Aplikasikan sebelum jam 9 pagi atau setelah jam 4 sore.
  4. Tambahkan pupuk kandang / pupuk kompos / pupuk organik untuk hasil maksimal.
  5. Bila tanaman juga diberi pupuk kimia, beri jeda 3-7 hari. Sebelum mengaplikasikan Pupuk Dinosaurus, cuci bersih alat semprot.
Pupuk Dinosaurus
Pupuk Dinosaurus bisa diaplikasikan untuk berbagaai tanaman buah dan sayur

Kelebihan Pupuk Organik Dinosaurus

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan pupuk organik dinosaurus ini. Dari cerita para petani yang telah menggunakan, produksi mereka jauh melesat. Masa tanam untuk tanaman padi pun menjadi lebih pendek.

Sebagai contoh, Mang Apep dari desa Maleber mengatakan awalnya sempat ragu untuk mencoba produk pupuk organik dinosaurus yang baru ia kenal di lahannya. Namun, rasa penasaran akhirnya membuat ia berani mencoba. Ternyata hasil setelah menggunakan pupuk organik dinosaurus sangat terasa!

 

“Sawi putih saya umumnya hanya 2,5 kg kini bisa mencapai 5-6kg dengan waktu panen yang sama.”

Pak Apep, Petani Sawi 

 

Manfaat Pupuk Dinosaurus

 

Berikut beberapa kelebihan pupuk organik hayati dinosaurus yang perlu menjadi perhatian

  1. 100 Persen Organik & Hayati

Pupuk organik dinosaurus mengandung berbagai jenis mikroba penyubur tanah yang terbentuk dari bahan-bahan alami terpilih warisan kearifan lokal Indonesia. Pupuk ini pada mulanya dikembangkan berdasarkan pengalaman manajemen mendampingi petani di wilayah Indonesia Timur. Dari bahan alami yangn biassa dipakai inilah kemudian dilakukan percobaan dan penelitian sehingga dihasilkan inovasi pupuk organic dinosaurus ini.

2.    Pembenah Tanah

Biasanya, mikroba secara alami memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Dengan begitu penggunaan pupuk yang kaya akan mikroba akan membuat tanah menjadi lebih subur dan kaya akan unsur hara.

3.    Mengandung Growth Enzyme

Hasil metabolisme mikroba yang bersimbiosis dengan akar tanaman menciptakan enzim dan hormon yang merangsang pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat, besar, dan kuat.

4.    Mikroogranisme lengkap

Di dalam setetes pupuk organik hayati dinosaurus terdapat berbagai jenis mikroorganisme yang baik untuk tanah. DI antaranya adalah Azotobacter sp, Azospirillum sp, Aspergillur sp, Acetobacter sp, Bacillus sp, Bacillus thuringiensis sp, Cytophaga sp, Lactobacillus sp, Rhizobium sp, dan  Streptomyces sp.

5.    Kaya Unsur Micro & Macro

Pupuk organik hayati Dinosaurus memiliki kandungan unsur hara micro dan marco lengkap dari hasil fermentasi bahan organik.

6.    Melawan Patogen

Mikroba baik pada Pupuk Dinosaurus dapat membantu melawan patogen dan mencegah penyakit pada tanaman. Dengan pemakaian yang tepat maka kualitas tanaman akan jauh meningkat karena hama makin berkurang. Daun menjadi lebih segar dan besar dan buah menjadi lebih bagus kualitasnya.

 

Kelebihan pupuk dinosaurus
Kelebihan pupuk dinosaurus

 

Penggunaan pupuk organik dinosaurus secara tepat secara tidak langsung akan mengurangi pemakaian pupuk kimia. Berdasarkan catatan tim manajemen, terdapat pengurangan pemakain pupuk kimian di lahan yang juga menggunakan pupuk dinosaurus sebanyak 50% hingga 100 %. Petani yang semula menggunakan pupuk kimia beralih menggunakan pupuk kandang dan kompos.

Pupuk organik hayati dinosaurus juga dapat mengurangi stress tanaman. Biasanya tanaman yang diaplikasikan dengan pupuk dinosaurus akan memiliki tingkat resistensi atau ketahanan terhadap stress akibat cuaca dan hama. Jadi untuk Indonesia yang kadang pergantian musimnya cukup ekstrim penggunaan pupuk dinosaurus akan sangat membantu tanaman.

Di mana membeli pupuk organik dinosaurus?

Pupuk organik dinosaurus kini bisa dibeli secara langsung melalui distributor resmi melalui website :

https://dinosgrow.com/

Selain itu, temans juga bisa membeli melalui toko online seperti Tokopedia, Shopee, Blibli.com, dan Bukalapak. Temans tinggal ketik pupuk organik dinosaurus pada kolom pencarian masing-masing e-commerce untuk diarahkan ke official store pupuk dinosaurus. Selain itu bisa juga membeli di Grand Lucky SCBD

 

Pupuk organik hayati dinosaurus
Variasi kemassan pupuk organik hayati dinosaurus

 

Terdapat tiga jenis kemasan yang bisa dibeli yaitu kemasan 25ml berbentuk botol, kemasan isi ulang 1 liter, dan juga kemasan jerigen 20 liter. Harganya bervariasi sesuai ukuran kemasan. Untuk kemasan 1 liter dihargai Rp66 ribu. Sedangkan ukuran jerigen 20 liter bisa dibeli dengan membayar di kisaran Rp1.320.000,-

Kemasan paling kecil ukuran 250ml dengan kemasan botol. Produk ini cocok untuk kebutuhan rumah tangga seperti hanya untuk keperluan berkebun di sekitar rumah. Pupuk organik hayati dinosaurus bisa digunakan untuk segala jenis tanaman termasuk tanaman bunga.

Selamat mencoba,

semoga tanamannya makin bagus produktivitasnya,,

🙂 

Summary
Pupuk Organik Dinosaurus, Cara Pakai dan Kelebihan
Article Name
Pupuk Organik Dinosaurus, Cara Pakai dan Kelebihan
Description
Pupuk Organik dinosaurus adalah pupuk organik hayati berbentuk cair, terbuat dari bahan-bahan pilihan yang kaya akan unsur hara mikro, makro, dan bakteri-bakteri baik pengurai unsur hara dalam tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman. 
Author
Publisher Name
Dunia Biza Network
Publisher Logo
22 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.