6 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Mudik Lebaran

Lebaran sebentar lagi, saatnya bersiap lagi.

***

Setiap tahun ada satu aktivitas yang hampir menjadi buah bibir di mana-mana, terutama bagi perantau muslim yang tinggal di Jakarta dan kota besar lainnya. Saking rempongnya persiapan untuk urusan satu ini biasanya kehebohannya sudah terasa minimal tiga bulan sebelum hari H.

Yup. Benar itulah dia urusan mudik lebaran. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Ya mulai persiapan oleh-oleh buat keluarga seperti pakaian muslim, rencana pulang mau ke mana aja, dan yang pasti menyiapkan transportasi untuk mudik.

Soal transportasi ini memang perlu dipersiapkan jauh hari. Apalagi buat yang akan menggunakan angkutan umum baik kereta, pesawat maupun bus. Dan buat yang mudiknya ke luar pulau biasanya pilihan mudik dengan pesawat adalah hal yang tak terhindarkan. Salah satu hal yang biasanya menjadi buah bibir adalah soal mendapatkan tiket mudik terutama tiket pesawat murah.

Urusan tiket pesawat murah memang selalu menjadi perhatian. Alasannya, untuk mendapatkan tiket pesawat murah ini, gampang-gampang susah. Buat yang mudiknya bareng keluarga, mendapatkan tiket murah merupakan hal yang perlu dipertimbangkan karena akan memangkas banyak anggaran.

Nah bagaimana sih caranya biar kita bisa mendapatkan tiket murah untuk mudik nanti? Berikut beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman.

  1. Pertimbangkan waktu yang tepat

Soal waktu ini memang lumayan membantu banget. Kalau pada hari biasa bukan musim mudik maka kita bisa memilih terbang bukan pada saat libur nasional atau pada saat weekend. Namun untuk urusan mudik tentu lain cerita karena semua orang ingin mudik menjelang hari menjelang hari H.

Nah berdasarkan pengalaman saya mendapatkan tiket pesawat murah untuk mudik adalah memesan tiket tidak di weekend. Jika bisa mengambil cuti atau izin sehari, pesanlah tiket sehari sebelum tanggal cuti bersama. Biasanya harga sebelum cuti bersama akan jauh lebih murah dibanding harga saat cuti bersama.

Bila anggarannya sangat terbatas tetapi temans punya keinginan yang besar untuk mudik maka pilihlah tiket mudik di hari H lebaran. Biasanya harganya jauh lebih murah. Saya pernah sekali karena harus pulang sekeluarga dan saat itu anggaran terbatas, kami akhirnya memesan tiket pulang di hari H lebaran. Jadi sholat Iedul Fitrinya tetap di Jakarta.

Hasilnya, bisa mendapatkan harga tarif normal sekitar Rp 600 ke Padang. Padahal tiket mudik saat itu sudah mencapai Rp 2 juta perorang. Lumayan irit banget kan untuk pulang satu rombongan keluarga 4-5 orang. Dapat harga murah dan tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga tercinta.

  1. Pilih penerbangan pagi atau penerbangan malam

Cara kedua ini juga pernah kami praktikkan. Waktu itu untuk tiket balik. Dibanding harga pada saat jam sibuk, tiket paling pagi atau paling malam biasanya menjadi tiket yang paling murah dalam sehari. Biasanya penerbangan pagi ada di sekitar pukul 05.00 wib dan tiket paling malam di sekitar pukul 22.00 WIB.

Untuk harga, biasanya tiket paling pagi atau paling malam bisa lebih murah hampir seperempat dari harga normal. Ini tentu akan sangat membantu buat temans yang akan pulang mudik atau balik dengan rombongan keluarga.

Jadi, buat temans yang tidak mempersoalkan mengenai waktu bisa mencoba tips ini. Sebagai saran kalau memilih penerbangan paling malam sediakanlah jacket yang lumayan tebal karena kalau cuaca sedang dingin atau hujan biasanya suhu di kabin pesawat bisa menjadi lebih rendah.

 

  1. Jadi member maskapai

Menjadi member maskapai ternyata banyak juga lho manfaatnya. Tak hanya ‘menyampah’ di email dengan beragam informasi  kita juga bisa mendapat keuntungan seperti update info promo dari maskapai bersangkutan. Pada umumnya, hampir semua maskapai penerbangan memiliki program member ini.

Untuk memanjakan member biasanya maskapai tak segan memberi potongan harga untuk setiap pembelian. Ada juga program poin reward yang bisa ditukar dengan harga khusus.

 

  1. Manfaatkan Tiket Transit

Cara ini bisa dimanfaatkan buat temans yang penerbangannya lumayan jauh seperti ke Maluku, Sulawesi Utara dan Papua. Biasanya untuk rute ini selain penerbangan langsung juga ada penerbangan dengan transit terlebih dahulu di Makasar atau Bali.

Tidak hanya ke Indonesia timur ke Indonesia barat seperti medan, aceh dan sumatera barat juga bisa memanfaatkan tiket transit dengan memilih pesawat yang transit di Batam atau Pekanbaru terlebih dahulu. Bahkan buat temans yang sudah punya pasport dan ingin mudik ke Aceh bisa transit dulu di Singapura. 🙂

Membeli tiket transit biasanya jauh lebih murah dari biasa. Dan bahkan harganya bisa setengahnya. Sebagai konsekuensi kita akan menghabiskan waktu cukup lama di perjalanan. Buat menghilangkan kebosanan tentu saja di kota transit bisa jalan-jalan dulu atau ketemu dengan teman sambil membunuh waktu.

 

  1. Beli tiket terpisah

Maksudnya di sini adalah teman tak perlu memesan tiket pulang pergi sekaligus. Biasanya akan lebih sulit mencocokkan waktu bila ingin mendapatkan tiket murah untuk pulang dan pergi. Karena itu kita bisa menyiasati dengan membeli tiket mudik saja terlebih dahulu. Sedangkan untuk tiket balik bisa mencari setelah sampai di tujuan.

Membeli tiket terpisah akan memudahkan dalam berburu harga terbaik.

 

 

  1. Cari tiket di Situs Terpercaya

Mencari tiket pesawat murah sekarang ini akan lebih mudah jika kita mengakses lewat Online Travel Agency (OTA) terpercaya seperti pegipegi.com. Selain harga yang relatif lebih murah, di pegi-pegi kita akan merasakan banyak manfaat dengan aneka promo dan diskon yang tersedia.

Hal menarik lain saat ini adalah, pegipegi.com dengan tampilan barunya lebih memudahkan pengguna dalam memilih tiket ke manapun tujuan di seluruh Indonesia. Tidak hanya memesan lewat laptop atau komputer, mengakses pegipegi.com untuk mendapatkan tiket murah lewat handphone juga sekarang menjadi lebih mudah.

Beragam cara pembayaran yang tersedia membuat kita menjadi lebih mudah dan terbantu pada saat menyelesaikan transaksi.

Di pegipegi.com juga ada fitur mengenai harga termurah. Fitur ini bisa saja dimanfaatkan untuk merencanakan liburan random. Hmmm ya, Liburan random terdengar menarik bukan? Dan saya yakin beberapa orang suka dengan pengalaman ini. Dengan adanya informasi mengenai tiket murah kita bisa saja menemukan dan merencakan liburan yang jauh lebih berkesan. Tentu saja ini di luar momen mudik dan lebaran.

 

Selamat mencoba ya. Selamat mempersiapkan mudik.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.