Punya Usaha, Yuk Manfaatkan Fasilitas e-Smart IKM dari Pemerintah

 

Tantangan terbesar menjadi pebisnis bukan pada kemampuan memproduksi produk namun kemampuan untuk menjual produk yang dihasilkan dan membukuoan keuntungan.

Sudah menjadi idiom dalam bisnis, dari 100 usaha baru yang lahir sebanyak 90% akan tutup dalam 1 tahun pertama. 5 lagi akan tutup atau berganti bisnis dalam 5 tahun. Jadi kemungkinan besar hanya 5% bisnis akan bertahan dan tumbuh semakin besar dalam jangka panjang.

Untuk menjadi yang 5%, seorang pelaku bisnis harus berpegang pada 3 kunci utama yakni, memenuhi kebutuhan pelanggan, kepastian distribusi bahan baku hingga hasil produksi serta memberikan keuntungan yang cukup.

Untuk itu, seorang pemilik usaha harus selalu membuka diri. Menyerap perubahan zaman, mencari dan menperluas networking hingga memanfaatkan program pemerintah yang menyasar industri kecil dan menenangah.

Salah satu program dukungan bagi entrepreneur ini diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian melalui e-Smart IKM. Program yang dikenalkan semenjak 2017 itu telah menjangkau di 22 provinsi dengan melibatkan lima lembaga, yaitu Bank Indonesia, BNI, Google, iDeA serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pemerintah meyaki program e-Smart IKM mampu membuka akses pasar lebih luas khususnya terhadap pemasaran online, mempermudah pencarian bahan baku untuk produksi, dan meningkatkan kualitas produk.

Program ini juga menawarkan berbagai fasilitas pendampingan dan bimbingan seperti konsultasi desain produk dan kemasan, bantuan mesin dan peralatan produksi, serta pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

 

 

Lalu Bagaimana Cara Industri Kecil Menengah Mendapatkan Fasilitas dari Kemenerian Perindustrian ini?

Untuk menjadi IKM binaan Kementerian Perindustrian melalui e-smart IKM, pemerintah menyediakan beberapa pintu pendaftaran bagi para pengusaha pemula. Langkah ini meliputi :

1. Hubungi call center melalui nomor 1500-775

Melalui layanan call center ini, masyarakat dapat mengakses informasi e-Smart IKM. Juga memperoleh informasi jangkauan layanan.

2. Pendaftaran melalu situs www.kemenperin.go.id/pendaftaran_esmart

Para pengusaha dapat mendafarkan dirinya melalui portal Kementerian Perindustrian ini. Data yang dikunpulkan akan diseleksi agar program tidak menyasar pihak yang keliru,

 

Lebih Berkembang dengan Bisnis Online

Selain memanfaatkan fasilitas e-smart, salah stu cara yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas jejering dalam bisnis online adalah dengan membuat website. Website bisa digunakan untuk jualan atau sekaligu untuk onlineshop.

Sebetulnya membuat website itu sendiri dapat di lakukan dengan dua cara. Bisa membuat secara mandiri atau bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika ingin membuat website secara mandiri maka website yang dihasilkan sangatlah sederhana dengan fitur terbatas. Berbeda jika menggunakan layanan jasa pembuatan website. Selain lebih menarik fitur yang dibarikan oleh pihak layanan jasapun akan lebih lengkap.

Jika persiapan sudah matang, selanjutnya dapat langsung membuat website. Bagi temans yang akan membuat secara mandiri, berikut adalah panduan bagaimana cara membuat website sederhana :

  1. Pesiapkan alamat domain yang akan di gunakan. Pastikan domain yang digunakan memudahkan pengunjung mengakses server yang bersangkutan.
  2. Memilih hosting. Pastikan temans memilih hosting terbaik dan berkualitas, walaupun biasanya akan berbayar.
  3. Mengekspor konten, terutama jika konten dibuat pada blgspot dan wordpress, ekspor ini terletak pada bagian setting area.
  4. Mengatur website menggunakan SQL agar website dapat berfungsi dengan optimal

Langkah-langkah tersebut harus dilakukan secara berurutan. Pastikan juga temans memiliki kelengkapannya terlebih dahulu seperti hosting dan alamat domain.

Bila segala sesuatunya telah tercukupi, temans sudah bisa langsung membuat website pilihan. salah satu tempat yang rekomended untuk membeli jasa hosting dan domain adalah di Niagahoster. 

Selain murah, membeli jasa hosting dan domain di Niagahoster juga memberi kepuasaan. Jaringan yang stabil dengan berbagai fasilitas dan kemudahan. Bahkan, buat temans yang awam dalam hal pembuatan jasa website, tim niagahoster akan segera membantu.

Bagaimana, siap mencoba?

🙂

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *