Cara Mudah Menabung Dollar, Cocok untuk Pemula

 

Banyak cara yang ditempuh untuk bisa mengumpulkan uang demi kepentingan jangka panjang.  Salah satunya adalah dengan menabung.

Tapi jangan salah. Menabung tidak hanya melulu dengan uang rupiah saja. Anda juga bisa menabung dollar. Menabung dollar bisa dilakukan di perbankan. Menabung lewat bank akan memudahkan karena lebih aman dan bisa dilakukan kapan saja. Apalagi sekarang banyak bank yang sudah bisa diakses secara digital. 

Banyak bank yang saat ini telah melayani tabungan dalam valuta asing (valas). Tidak hanya dollar lho, kamu juga bisa menabung dengan yuan, pound sterling, yen atau berbagai pilihan mata uang dunia lain.  

Untuk lebih aman dan praktis, kamu juga bisa memanfaatkan layanan deposito valas yang ada di perbankan. Salah satunya adalah dengan membuka deposito dollar. Deposito dollar merupakan simpanan dengan jangka waktu tertentu yang bisa dimanfaatkan sebagai pilihan investasi. 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan membuka deposito dollar. Deposito valas cocok buat kamu yang terbiasa melakukan transaksi dengan kurs asing terutama dollar atau untuk kamu yang menerima pendapatan dalam mata uang asing. 

Untuk keperluan jangka panjang, kamu bisa memanfaatkan deposito dollar karena memberi kesempatan untuk mendapatkan capital gain dari penguatan dollar terhadap rupiah. Selain itu dengan memiliki deposito dollar kamu bisa menyelamatkan asetmu karena faktanya nilai barang relatif stabil mengikuti nilai tukar. 

Dengan membuka deposito kamu tidak perlu sibuk menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabung. Kamu hanya perlu melakukan setoran awal dan menunggu masa pencairan dana sesuatu tenor yang dipilih. Di akhir masa jatuh tempo kamu akan memperoleh pendapatan bunga. Selanjutnya tambah nilai deposito mu 

Nah, agar bisa sukses menabung dalam dollar berbentuk deposito, kamu bisa melakukan 3 langkah berikut: 

  1. Temukan goals

Langkah pertama untuk menabung dalam valuta asing adalah dengan menetapkan tujuan besar yang ingin diwujudkan. Tujuan akan memberi diri motivasi dan dorongan untuk segera mewujudkannya.

Tujuan itu bisa berupa rencana perjalanan ibadah, sekolah bahkan perjalanan untuk mencari pengalaman baru. Semakin kuat tujuan yang ditetapkan, semakin disiplin proses menabung dapat dilakukan. 

  • Rutin 

Terdapat banyak rumusan perencana keuangan dalam menabung seperti 50/30/20. Pada rumusan ini artinya 50 persen dialokasikan untuk biaya kehidupan sehari-hari, 30 persen untuk kebutuhan lain termasuk untuk membayar utang, nongkrong atau hobi. Sedangkan 20 persen dapat dialokasikan untuk menabung hingga investasi. 

Rumusan ini hanya bersifat imbauan karena yang paling penting adalah jumlah yang dirasa tidak memberatkan sehingga dapat dilakukan secara rutin. Di atas semua itu, komitmen dari dalam diri merupakan kunci agar bisa sukses menabung.  

  • Mulailah

Seringkali kita membutuhkan mood untuk melakukan sesuatu. Nyatanya waktu berlalu terus jika tidak dimulai. Untuk itu langkah yang paling tepat dalam bisa menabung valas adalah memulainya. 

Kamu dapat memulainya dengan membuka deposito dollar melalui aplikasi bank digital yang ada. 

Oiya, dengan memiliki deposito dollar kamu bisa saja dengan mudah berangkat ke luar negeri  baik untuk kepentingan jalan-jalan ataupun untuk pekerjaan. Apalagi dunia kerja menjadi lebih terbuka untuk skala global. *** 

Add a Comment

Your email address will not be published.