Manfaat Sarapan yang Perlu Diketahui

 

Sarapan pagi itu, sangat berguna bagi tubuh yang akan menjalankan aktifitas pada hari yang akan dilalui. Suka tidak suka, meskipun tidak terbiasa harus dibiasakan. Supaya pekerjaan tidak terganggu dan badan terasa nyaman, sebab memiliki tenaga lebih menjalankan kegiatan.

Di Indonesia sendiri orang terbiasa makan nasi, walau ada juga yang lumrah sarapan dengan segelas susu dan setangkup roti, mirip orang barat. Begitu banyak manfaat yang bisa kita ambil, bila berusaha membiasakan diri bersarapan. Di antaranya dapat dilihat berikut ini :

 

  1. Memberi Energi

Seperti telah diungkapkan tadi, dengan sarapan tubuh menjadi kekuatan atau energi untuk berkerja atau mengerjakan rutinitas lain. Selain itu tubuh menjadi lebih bersemangat, tidak malas-malasan dan lesu. Tetap fit serta tidak gampang lelah.

 

  1. Menyegarkan Otak

Bagi pelajar atau anak kuliah, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah akan membantu pikiran jernih dan segar. Belajar menjadi bergairah sebab ada asupan gizi di dalam otak. Dapat berpikir lebih baik lagi, dalam mengerjakan soal yang diberikan guru.

 

  1. Menjaga Konsentrasi

Konsentrasi tidak hanya diwajibkan harus dimiliki oleh mereka yang bersekolah saja, buat para pekerja juga merupakan keharusan. Apalagi bila bidang profesinya yang dihadapi, mewajibkannya harus selalu fokus. Seperti kala berhadapan dengan mesin-mesin berat dan canggih, yang cukup berpotensi membahayakan keselamatan jiiwa, atau yang selalu berkutat di depan komputer menghitung data dan angka. Di mana semuanya itu tidak boleh terjadi kesalahan sedikitpun.

 

  1. Melindungi Lambung

Ini terjadi bila Anda rutin mengerjakannya. Lambung menjadi lebih sehat dan terlindungi dari penyakit lambung dan maag, juga serangan gangguan lain. Hendak mengerjakan apapun jadi tenang serta nyaman. Karena perut yang terlalu lama kosong, menyebabkan rasa perih dan mual.

 

  1. Pola Makan Menjadi Teratur

Sarapan, menahan Anda untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman secara sembarangan. Sebab dengan sendirinya, tubuh akan menolak sesuatu masuk karena sudah merasa kenyang. Jajan di luar tidak terjamin kebersihannya. Makan dan minum di rumah, sebelum pergi beraktifitas lebih higienis dan terjamin.

 

  1. Membantu Program Diet

Jika Anda kebetulan sedang menjalani program diet, sarapan dapat membantu program diet Anda. Menjadi lebih konsisten dan terarah lagi. Dapat mengontrol diri sendiri, dalam menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

 

  1. Mengurangi Risiko Terjadinya Stress

Stres bermula dari beban dan tekanan hidup. Bila orang sedang mengalami hal tersebut, cenderung malas menyentuh makanan. Akibatnya fisik semakin lemah dan keadaan buruk seperti stres jadi berlangsung lama.

Tapi mengonsumsi makanan dan minuman secara teratur, misalnya rajin sarapan pagi, akan membantu meredakan. Karena tubuh memiliki energi berlimpah untuk melawannya.

Add a Comment

Your email address will not be published.